Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua dan Guru terhadap Kecerdasan Moral dan Intelektual Anak Usia Dini di RA Luqman El Hakim

Hartatik Hartatik, Muhammad Rusdi Rasyid, Fardan Abdillah, Bambang Sunatar, Muhammad Huzain, Abdullah Abdullah

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah: Pertama, menganalisis pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap kecerdasan moral anak usia dini di RA Luqman El Hakim Kabupaten Raja Ampat. Kedua, menganalisis pengaruh pola komunikasi guru terhadap kecerdasan moral anak usia dini. Ketiga, menganalisis pengaruh pola komunikasi orang tua terhadap kecerdasan intelektual anak usia dini, dan Keempat, menganalisis pengaruh pola komunikasi guru terhadap kecerdasan intelektual anak usia dini.

Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode explanatory research. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling dengan jumlah responden 81 anak. Data dikumpulkan melalui kuesioner tertutup dan dianalisis dengan regresi linier berganda menggunakan SPSS versi 23. Uji validitas menunjukkan seluruh butir instrumen memenuhi kriteria (r-hitung > r-tabel 0,2185) dan reliabilitas berada pada kategori tinggi (Cronbach’s Alpha = 0,757).

Hasil penelitian menunjukkan: pertama, pola komunikasi orang tua secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan moral anak usia dini (Sig. = 0,814 > 0,05). Kedua, pola komunikasi guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan moral anak (Sig. = 0,038 < 0,05). Ketiga, pola komunikasi orang tua secara parsial tidak berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan intelektual anak (Sig. = 0,399 > 0,05). Keempat, pola komunikasi guru secara parsial berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan intelektual anak (Sig. = 0,021 < 0,05). Secara simultan, pola komunikasi orang tua dan guru tidak berpengaruh signifikan terhadap kecerdasan moral (Sig. = 0,107 > 0,05) tetapi menunjukkan pengaruh mendekati signifikan terhadap kecerdasan intelektual (Sig. = 0,054) dengan kontribusi R² sebesar 7,2%.


Keywords


Pola Komunikasi Orang Tua; Pola Komunikasi Guru; Kecerdasan Moral; Kecerdasan Intelektual; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Abdillah, W., & Hartono. (2015). Partial Least Square (PLS). Yogyakarta: Andi.

Abdurrahman Fatoni. (2006). Metodologi Penelitian dan Teknik Penyusunan Skripsi. Jakarta: Rineka Cipta.

Ahmad Amin. (1975). Etika (Ilmu Akhlak). Jakarta: Bulan Bintang.

Ahmad Susanto. (2017). Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Alex Sobur. (2014). Komunikasi Naratif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Amaliana, A., Afrianti, N., & Tanjung, P.R. (2022). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Kemandirian Anak di Rumah dan di Sekolah. Jurnal Riset Pendidikan Guru PAUD, 12(2), 143-156.

Amin, A. (1975). Etika Ilmu Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang.

Aminuddin. (2006). Akhlak Mulia: Pengantar Studi Akhlak Islam. Bandung: Pustaka Setia.

Andrik Purwasito. (2012). Komunikasi Multikultural. Surakarta: Muhammadiyah University Press.

Arikunto, S. (2016). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Badudu, J.S. (1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Badrul Munier Buchori. (2016). Otak Superior: Tip Meningkatkan Kecerdasan Otak. Yogyakarta: PSIKOPEDIA.

Badrul Munier Buchori. (2016). Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Andi.

Burhan Bungin. (2014). Komunikasi Sosial: Teori, Konsep, dan Aplikasi Dalam Kehidupan. Jakarta: Kencana.

Burhan Bungin. (2014). Sosiologi Komunikasi. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

Creswell, J. W., & Creswell, J.D. (2018). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). Thousand Oaks, CA: SAGE.

Desmita. (2019). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Diah Ayu Ningsih. (2000). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Djamarah, S.B. (2004). Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Djamarah, S.B. (2004). Pola Komunikasi Orang Tua & Anak Dalam Keluarga. Jakarta: Rineka Cipta.

Deni Darmawan. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Dzakiah Daradjat. (1993). Ilmu Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang.

Dzakiah Daradzat. (1993). Pendidikan Islam dalam Keluarga dan Sekolah. Jakarta: CV Ruhama.

Everett M. Rogers. (Dalam Badudu, J.S., 1994). Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Pustaka Sinar Harapan.

Field, A. (2017). Discovering Statistics Using IBM SPSS Statistics (5th ed.). London: SAGE.

Firwan. (2017). Moral dan Etika dalam Kehidupan Sosial. Jakarta: Rajawali Pers.

Fitriani, N. (2023). Kolaborasi Orang Tua dan Guru dalam Mengembangkan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Karakter Anak, 5(2), 36-44.

Ghozali, I. (2023). Structural Equation Modeling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square (PLS). Semarang: Universitas Diponegoro.

Ghozali, I., & Latan, H. (2021). Partial Least Squares: Konsep, Teknik, dan Aplikasi SmartPLS 3.0. Semarang: Universitas Diponegoro.

Hair, J.F., Black, W.C., Babin, B.J., & Anderson, R.E. (2022). Multivariate Data Analysis (8th ed.). Cengage Learning.

Hair, J.F., Hult, G.T.M., Ringle, C.M., & Sarstedt, M. (2022). A Primer on Partial Least Squares Structural Equation Modeling (PLS-SEM). Jakarta: Andi Publisher.

Hariati. (2024). Wawancara, Waisai, 12 September 2024.

Hidayatullah, F. (2020). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Hidayatul. (2020). Pengaruh Komunikasi Orang Tua Terhadap Kecerdasan Moral Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 10(2), 162-175.

Husein Umar. (2002). Metode Riset Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Ihsana El-Khuluqo. (2015). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Imam Malik. (2016). Kecerdasan Intelektual dan Faktor yang Mempengaruhinya. Yogyakarta: Deepublish.

Imam Malik. (2016). Pengantar Psikologi Umum. Yogyakarta: Kalimedia.

Jogiyanto, H., & Abdillah, W. (2020). Konsep dan Aplikasi PLS (Partial Least Square) untuk Penelitian Empiris. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Johnson, D.O. (2016). Effective Interpersonal Communication. Jakarta: Salemba Humanika.

Kamus Besar Bahasa Indonesia [KBBI VI Daring]. (2016). Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbud.

https://kbbi.kemdikbud.go.id

Kasiram. (Dalam Diah Ayu Ningsih, 2000). Perkembangan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2009). Al-Qur’an dan Tafsirnya. Jakarta: Kementerian Agama RI.

Kementerian Agama Republik Indonesia. (2024). Al-Qur’an Surah Luqman. Jakarta: Kementerian Agama Republik Indonesia.

Kusuma, R.S., & Purwanti, E. (2023). Analisis Pola Komunikasi Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. Jurnal Golden Age, 7(1), 55-68.

Kusuma, R.S., & Purwanti, E. (2023). Pengaruh Pola Komunikasi Orang Tua-Guru Terhadap Perkembangan Karakter Anak. Jurnal Pendidikan Karakter, 13(1).

Lisda Rahmasari. (2012). Pengaruh Kecerdasan Intelektual, Kecerdasan Emosi dan Kecerdasan Spiritual Terhadap Kinerja Karyawan. Jurnal Ilmiah, 3(1), 77-85.

M. Burhan Bungin. (2005). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Kencana.

Maya, S. (2020). Psikologi Perkembangan Anak. Yogyakarta: C-klik Media.

Moleong, L.J. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Munif Cahatib. (2018). Orangtuanya Manusia. Bandung: Kaifa Learning.

Mulyasa, E. (2021). Manajemen PAUD. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyasa. (2021). Menjadi Guru Profesional Membentuk Kompetensi dan Karakter Guru Profesional. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muchlas Samani. (2011). Pendidikan Karakter. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nazir, M. (2020). Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

National Association for the Education of Young Children (NAEYC). (t.t.). Developmentally Appropriate Practice.

https://www.naeyc.org

Neuman, W.L. (2024). Social Research Methods: Qualitative and Quantitative Approaches (8th ed.). Boston: Pearson.

Nufian, & Wayan Weda. (2018). Teori dan Praktis: Riset Komunikasi Pemasaran Terpadu. Malang: UB Press.

Oemar Hamalik. (2001). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Puis, A. Partanto, & Dahlan Al Barry, M. (1994). Kamus Ilmiah Populer. Jakarta: Arcici Press.

Rohita, R., & Azizah, N. (2021). Efektivitas Komunikasi Guru dan Orang Tua Pada Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 8(2), 78-86.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2022). Research Methods for Business: A Skill-Building Approach (8th ed.). Chichester: Wiley.

Soetjiningsih. (2022). Kecerdasan Intelektual Anak Usia Dini. Bandung: Refika Aditama.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2023). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Supraktiy, S. (2016). Hubungan Komunikasi Interpersonal dengan Pembentukan Karakter Anak. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Suhendy. (2001). Psikologi Keluarga. Bandung: Cipta Adi Pustaka.

Wiryanto. (2004). Pengantar Ilmu Komunikasi. Jakarta: Grasindo.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49137

Article Metrics

Abstract view : 55 times
PDF - 26 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.