Pengembangan Bahan Ajar Ilmu Falak Ruhani Berbasis Android Materi Perhitungan Waktu Terbaik Doa Pada Hari Jumat Di Madrasah Al Hikam Jakarta Selatan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk: pertama, mendeskripsikan proses pengembangan bahan ajar Ilmu Falak Ruhani berbasis Android pada materi perhitungan waktu terbaik doa hari Jumat di Madrasah Al-Hikam Jakarta Selatan; kedua, menilai tingkat kevalidan dan kepraktisan bahan ajar berbasis Android yang dikembangkan; dan ketiga, menguji efektivitas penggunaannya dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap konsep serta praktik perhitungan waktu mustajab doa dalam Ilmu Falak Ruhani. Penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ADDIE yang mencakup lima tahap, yaitu Analysis, Design, Development, Implementation, dan Evaluation. Hasil validasi menunjukkan bahwa bahan ajar memperoleh persentase kelayakan tinggi dari ahli materi (92%), ahli bahasa (96%), dan ahli desain (96%), sehingga dikategorikan sangat valid. Uji kepraktisan juga menunjukkan rata-rata respon 92,46% dari guru, individu, kelompok kecil, maupun uji lapangan, sehingga dikategorikan sangat praktis. Selain itu, bahan ajar ini terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa terhadap perhitungan hisab abjadiyyah dan penentuan waktu terbaik doa, yang sebelumnya sulit dipahami melalui cara manual. Integrasi ilmu keislaman dengan teknologi digital dalam penelitian ini memberikan kontribusi signifikan terhadap pembelajaran yang lebih efektif, efisien, dan menarik. Penelitian ini dapat dijadikan dasar dalam pengembangan kurikulum Ilmu Falak Ruhani berbasis teknologi.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abu Dawud, S. b. al-Ash‘ath. (2000). Sunan Abi Dawud (tahqiq: Muhammad Muhyiddin ‘Abd al-Hamid). Riyadh: Dar al-Ma’arif.
Ahmad bin Hanbal. (2001). Musnad Ahmad bin Hanbal (tahqiq: Ahmad Muhammad Syakir). Beirut: Muassasah al-Risalah.
Al-Bukhari, M. I. I. (2001). Shahih al-Bukhari (9 jilid, tahqiq: Muhammad Zuhri al-Nasyir). Beirut: Dar Ibn Katsir.
Al-Hakim, A. N. (2002). Al-Mustadrak ‘ala al-Shahihain (tahqiq: Mustafa ‘Abd al-Qadir). Beirut: Dar al-Kutub al-‘Ilmiyyah.
Al-Nasa’i, A. b. Syu‘ayb. (2001). Sunan al-Nasa’i al-Sughra (tahqiq: ‘Abd al-Fattah Abu Ghuddah). Beirut: Dar al-Ma’rifah.
Al-Tirmidzi, M. ‘I. (1998). Sunan al-Tirmidzi (tahqiq: Ahmad Muhammad Syakir). Beirut: Dar al-Fikr.
Amaliah, N., & Rofik, M. (2020). Aplikasi Android Asmaul Husna sebagai media pembelajaran interaktif. Jurnal Pendidikan Islam, 7(2), 112–125.
Anisah Budiwati. (2021). Pengembangan pembelajaran Ilmu Falak daring melalui website. Refleksi Pembelajaran Inovatif, 3(1), 337–350.
Dick, W., Carey, L., & Carey, J. O. (2015). The systematic design of instruction. Boston: Pearson.
Emzir. (2021). Metodologi penelitian pendidikan kuantitatif & kualitatif. Jakarta: Rajawali Pers.
Fajri, M., & Rusdi, R. (2021). Pengembangan multimedia interaktif PAI berbasis Android untuk materi iman kepada kitab Allah. Jurnal Teknologi Pendidikan Islam, 9(2), 134–148.
Fauziah, N., & Supriyadi, T. (2021). Pengembangan media pembelajaran PAI berbasis Android untuk meningkatkan hasil belajar siswa. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 14(1), 89–100.
Hidayat, M., & Rahman, T. (2020). Integrasi teknologi dalam pembelajaran pendidikan agama Islam. Jurnal Pendidikan Islam, 4(1), 78–93.
Ibn Majah, M. Y. (1996). Sunan Ibn Majah (tahqiq: Muhammad Fu’ad ‘Abd al-Baqi). Beirut: Dar al-Fikr.
Kemp, J. E., Morrison, G. R., & Ross, S. M. (1994). Designing effective instruction. New York: Macmillan College Publishing Company.
Lestari, I. (2013). Pengembangan bahan ajar berbasis kompetensi. Padang: Akademia Permata.
Mulyatiningsih, E. (2021). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Muslim bin al-Hajjaj. (2002). Shahih Muslim (tahqiq: Muhammad Fu’ad ‘Abd al-Baqi). Beirut: Dar Ihya’ al-Turats al-‘Arabi.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Yogyakarta: Diva Press.
Pribadi, B. A. (2021). Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi: Implementasi model ADDIE. Jakarta: Prenada Media.
Setyosari, P. (2021). Metode penelitian pendidikan & pengembangan. Jakarta: Kencana.
Smith, P. L., & Ragan, T. J. (2004). Instructional design. New York: Wiley.
Sugiyono. (2019). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tegeh, I. M., Jampel, I. N., & Pudjawan, K. (2020). Model penelitian pengembangan. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook. Bloomington: Indiana University.
Widodo, C. S., & Jasmadi. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Widoyoko, E. P. (2012). Teknik penyusunan instrumen penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Willis, J. W. (2009). Foundations of instructional design: Instructional design theories, models, and strategies. New York: Routledge.
Zidny, I. (2021). Diktat Falak Ruhani. Jakarta: Madrasah Al Hikam.
Zidny, I. (2024). Yayasan Falak Ruhani Jakarta. Diakses 27 September 2024, dari https://falakruhani.com/
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49140
Article Metrics
Abstract view : 92 timesPDF - 34 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities