Pemanfaatan Media Pembelajaran Wordwall dalam Membangun Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Al-Quran Hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Fakfak
Abstract
Tujuan Penelitian ini adalah Pertama; Menganalisis proses pemanfaatan media pembelajaran wordwall dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Fakfak. Kedua; Menganalisis faktor penghambat dan solusi pemanfaatan media pembelajaran wordwall dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V pada mata pelajaran al-Qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Fakfak. Ketiga; Menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran wordwall dalam membangun motivasi belajar siswa kelas V mata pelajaran al-Qur’an hadis di Madrasah Ibtidaiyah Negeri Fakfak.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Sumber data penelitian adalah sumber data primer dan sumber data sekunder. Metode pengumpulan data penelitian menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pengolahan dan analisis data dengan menggunakan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Hasil Penelitian ini menunjukkan Pertama, pemanfaatan media pembelajaran Wordwall secara signifikan membangun motivasi belajar siswa kelas V Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) Fakfak. Siswa menunjukkan tingkat partisipasi yang lebih tinggi, sikap antusias, dan keterlibatan aktif dalam kegiatan pembelajaran. Kedua, Faktor penghambat yaitu keterbatasan fitur gratis dan akses internet. Upaya untuk mengatasi keterbatasan itu adalah sekolah atau lembaga pendidikan dapat menyediakan perangkat (komputer/tablet) yang bisa digunakan secara bergantian oleh siswa, atau jika diijinkan siswa dapat membawa handphone ke sekolah untuk lebih mengoptimalkan penggunaan media pembelajaran wordwall. Ketiga, Penggunaan media wordwall berdampak positif. Dampak penggunaan wordwall terlihat pada peningkatan motivasi belajar, aspek emosional dan kognitif siswa, serta terciptanya suasana belajar yang aktif dan kolaboratifKeywords
Full Text:
PDFReferences
AE Suryani, MD Basir, AR Rusmin "Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer Model Permainan Pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Muhammadiyah 1 Palembang" Jurnal PROFIT: Kajian Pendidikan Ekonomi dan Ilmu Ekonomi (2018).
Aji, R. H. S., & Supriyanto, A. Pemanfaatan Aplikasi Word Wall sebagai Media Pembelajaran Interaktif di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8, no 2 (2020).
Al-Qur’an dan Terjemah, Kementerian Agama Republik Indonesia (Jakarta: Dharma art,2015).
Arsyad, A. Media Pembelajaran. (Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada 2011).
Candra Evita, dkk. Analisis Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. JLEB: Journal of Law Education and Business E-ISSN: 2988-1242 P-ISSN: 2988-604X Vol. 1 No. 2 (2023).
Datu, I. P., Wilhelmus, W., & Ratna, P. ’Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Keguruan dan Ilmu Pendidikan’ 6 No.2 (2019)
Edi Kusnadi., Azzahra, S.A.’’Penggunaan media Pembelajaran Interaktif Berbasis Wordwall dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran PKn di MA Al Ikhlash Padakembang Tasikmalaya. Jurnal Dimensi Pendidikan dan Pembelajaran Universitas Muhammadiyah Ponorogo 12 No. 2, (2024): 324
Firmadani, F. ‘’Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Sebagai Inovasi Pembelajaran Era Revolusi 4.0.” Prosiding Konferensi Pendidikan Nasional, (2020)93–97. https://ejournal.stitpn.ac.id/index.php/nusantara.
HB. Uno., Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. (Jakarta: Bumi Aksara, 2021).
H. Nanang dan Suhana Cucu “Konsep Strategi Pembelajaran “(Bandung: Refika Aditama, 2003).
HB, Uno & Koni, S. Assessment Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara, 2012.
Heinich, R., Molenda, M., Russell, J. D., & Smaldino, S. E. (2002). Instructional media and technologies for learning (7th ed.). Upper Saddle River, NJ: Merrill Prentice Hall.
Ikhwan Dari Lely A., dkk., Peningkatan Motivasi dan Hasil Belajar Matematika Peserta Dengan Model Numbered Heads Together (NHT) Jurnal Basicedu 3.no 4 (2019).
Jafar Ahmad, “Penerapan Gamifikasi Labelled Wordwall dalam Kelas Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL) di MA Baytul Mukarramah Bone.” Tesis (Parepare: Prodi Tadris Bahasa Inggris di Program Pascasarjana IAIN Parepare, 2024).
Kiki M. Sari dan Heru Setiawan. Kompetensi Pedagogik Guru dalam Melaksanakan Penilaian Pembelajaran Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak. Diterbitkan pada 2020.
Kingkin W, “Pengaruh Project Based Learning Berbantuan Game Wordwall Terhadap Kecakapan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar” Tesis (Malang: Sekolah Pascasarjana Jurusan Pendidikan Dasar Universitas Negeri Malang, 2023).
Kunandar. “Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013).’’Jakarta: Rajawali Pers.2013.
Kundarni T, “Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Word Wall Pada Mata Pelajaran IPS Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Siswa Kelas IX SMP Negeri 2 Sokaraja Tahun Pelajaran 2023/2024”, Tesis (Purwokerto: Program Pascasarjana Program Studi Magister Pendidikan IPS Universitas Muhammadiyah Purwokerto, 2024).
Kementerian Agama Republik Indonesia, Al-Qur’an Kemenag dan Terjemah (2002).
Kasiono, Bahaking Rama, and Muhammad Rusdi Rasyid. “Nuansa Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2003 Tentang Sisdiknas: Peran Dan Tujuan Pendidikan Nasional” PIJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran 1.1 (2023): 9-101.
Lestari, R. D. Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Daring Melalui Media Game Edukasi Word Wall Di Kelas IV SDN 01 Tanahbaya Tahun Pelajaran 2020/2021. Jurnal Ilmiah Profesi Guru, (2021).
Kopri. (2019). Motivasi Pembelajaran Perspektif Guru dan Siswa. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Lexy J. Moleong Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. (2017).
M. Mas'Ud. “Efektivitas penggunaan Model Scramble Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Siswa Kelas 11 SMA IT Imam Syafi’i 2 Pekanbaru Riau” Tesis (Pekanbaru: Program Studi Pendidikan Bahasa Arab Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau, 2024).
Maskurotun Nadhirah, “Keefektifan Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall pada Materi Teks Prosedur Kelas VII MTs Al-Hidayah” Tesis (Jambi: Program Studi Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Jambi, 2024).
Miles Matthew B; Huberman A. Michael dan Saldana Johnny.Qualitative Data Analysis: A Methods Sourcebook. Edition 3. Beverly Hills: Sage Publications (2014).
Muljono, P. dan Djaali Pengukuran dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo, 2008.
Merriam, S.B. (2009) Qualitative Research: A Guide to Design and Implementation.
Maghfiroh, K. 2018. Penggunaan Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Peserta didik Kelas IV MI Roudlotul Huda. Jurnal Profesi Keguruan, 4(1), 65.
Noermanzah and H. Friantary, “Development of Competency-Based Poetry Learning Materials for Class X High Schools,” International Journal of Recent Technology and Engineering 8, no. 4 (2019): 6631, https://10.35940/ijrteD8855.118419
Nur Raina Novianti, “Kontribusi Pengelolaan Laboratorium dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Efektivitas Proses Pembelajaran,” Jurnal ISSN 1412-565X Edisi Khusus, No. 1 (Agustus, 2011).
Poth dan Creswell. Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. USA: SAGE Publication. (2018).
Purnamasari, S., Rahmanita, F., Sofiatun, S., Kurniawan, W., & Afriliani, F. Bermain Bersama Pengetahuan Peserta Didik Melalui Media Pembelajaran Berbasis Game Online Word Wall. Jurnal Pengabdian Masyarakat, (2022).
Pamungkas, Z. S., Randriwibowo, A., Wulansari, L. N., Melina, N. G., & Purwasih, A. (2021).
Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Wordwall Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Kelas VII SMP Negeri 4 Gunung Sugih. Journal of Social Science Education, 2 (2) 140.
R. Andari “Pemanfaatan Media Pembelajaran Berbasis Game Edukasi Kahoot! Pada Pembelajaran Fisika. Jurnal Kajian, Inovasi, dan Aplikasi Pendidikan, 6(1), 2020.
Rusman, Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, 2012.
Ryan, R.M dan Deci, E.L,” Self-Determination Theory and the Facilitation of Intrinsic Motivation, Social Development and Well-Being” (American Psychologist, 55(2000).
Sanjaya, W. Perencanaan dan Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group, 2013.
Sanjaya, W. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana, 2010.
Sari, Riska Novia, and Endang Tri Wahyuni Maharani, “Implementasi Media Pembelajaran Kimia Berbasis Digital dalam Storyboard pada Materi Larutan Penyangga” Buferpedia’’ Sebagai Sumber Belajar Peserta Didik Kelas XII.” Prosiding Seminar Nasional Unimus (Vol.3.2020).
Sugiyono. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta, 2015.
Suparman Atwi M, Desain Instruksional (Jakarta: Pusat Penerbitan Universitas,2004).
Sadiman, A. S., Rahardjo, R., Haryono, A., & Rahardjito. (2009). Media pendidikan: Pengertian, pengembangan, dan pemanfaatannya. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Pasal 1 ayat (1).
Uno, B. H. (2013). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Wordwall.What is Wordwall? Diakses dari https://wordwall.net/about, 2022.
Yuniar, A. I. S., Putra, G. A. P., Purwati, N. E., Hayatunnufus, U.,& Nufi’ah, U.HITARI ( Historical-archaeology Heritage Riddle ) : Pemanfaatan wordwall sebagai media ajar Indonesia zaman prasejarah di Sekolah Menengah Atas. Jurnal Integrasi Dan Harmoni Inovatif Ilmu-Ilmu Sosial, (2021).https://doi.org/10.17977/um063v1i112021p1182-1190
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49141
Article Metrics
Abstract view : 31 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities