Kepemimpinan Demokratis Spiritualis Kepala Sekolah dalam Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Terpadu Insan Mulia Manokwari

Abdul Halim Shidiq, Indria Nur, Hasbullah Hasbullah

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah Pertama; Untuk menganalisis strategi kepala sekolah dalam menerapkan gaya kepemimpinan demokratis-spiritualis dalam peningkatan lembaga Pendidikan Islam di SMP Islam Terpadu Insan Mulia Manokwari. Kedua; Untuk menganalisis peran keteladanan kepala sekolah dalam membangun budaya kerja yang demokratis-spiritualis di lingkungan SMP Islam Terpadu Insan Mulia Manokwari Ketiga; Untuk menganalisis Dampak kepemimpinan demokratis-spiritualis Kepala Sekolah dalam peningkatan lembaga Pendidikan islam di SMP Islam Terpadu Insan Mulia Manokwari. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, jenisnya field research. Teknik pengumpulan data dengan cara: Pertama; Observasi semi partisipan, Kedua; Wawancara semi terstruktur, dan Ketiga; Dokumentasi. Sedangkan analisis data menggunakan model intraktif Miles Huberman dan Saldana dengan langkah-langkah: Pertama; Pengumpulan data, Kedua; Kondensasi data, Ketiga; Penyajian data dan, Keempat; Penarikan kesimpulan.  Untuk keabsahan data menggunakan triangulasi dan member chek. Triangulasi yang digunakan ada dua yaitu triangulasi sumber, triangulasi metode. Hasil Penelitian: Pertama; Kepala sekolah SMP Islam Terpadu Insan Mulia menerapkan kepemimpinan demokratis dengan melibatkan guru dan staf dalam setiap keputusan melalui musyawarah dan rapat terbuka. Kebijakan disampaikan secara transparan kepada seluruh pihak, menciptakan komunikasi yang terbuka dan partisipatif. Kedua; Peran keteladanan pada nilai-nilai spiritual seperti kejujuran, amanah, dan ketakwaan, yang diwujudkan melalui keteladanan ibadah, disiplin, dan akhlak. Kepala sekolah juga aktif dalam mentoring ruhani dan pembinaan keagamaan untuk guru dan siswa. Ketiga; Dampak Kepemimpinan kepala sekolah memberikan dampak positif dengan mendorong musyawarah, aktif, dan kepercayaan yang memotivasi guru dan bertanggung jawab. Nilai-nilai spiritual seperti kejujuran dan kasih sayang memperkuat budaya kerja yang disiplin. Keteladanan serta pembinaan melalui kegiatan keagamaan rutin menanamkan akhlakul karimah pada siswa.

Keywords


Kepemimpinan Demokrasi Spiritual, Kepala Sekolah, Peningkatan Lembaga Pendidikan Islam

Full Text:

PDF

References


Abdul Hakim, (2014), Dinamika Manajemen Sumber Daya Manusia Dalam Organisasi Semarang: EF Press Digimedia.

Astuti. 2020. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Dan Motivasi Kinerja Guru Terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik Di SMPN 4 Bolo Kabupaten Bima Tahun Pelajaran 2019/2020. Thesis: (Mataram: UIN Mataram.

Barnawi Dan Muhammad Arifin. 2012. Instrumen Pembinaan, Peningkatan Dan Penilaian Kinerja Guru Profesional. Cet I: Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Bass, B. M., & Avolio, B. J. (1994). Improving Organizational Effectiveness Through Transformational Leadership. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Bungin. 2011. Penelitian kualitatif: Komunikasi, ekonomi, kebijakan publik, dan ilmu sosial lainnya. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Departemen Agama Republik Indonesia, (2005, Al-Qur’an dan Terjemahannya, CV. Diponegoro: Bandung.

Depdiknas. 2002. Kamus Bahasa Indonesia Edisi Ketiga. Jakarta: Balai Pustaka.

E. Mulyasa, (2018), Menjadi kepala sekolah profesional, PT Remaja Rosdakarya Bandung.

E. Mulyasa. 2009. Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Kemandirian Guru Dan Sekolah. Jakarta: Bumi Aksara, 2009.

Fatah, Nanan, (2006), Landasan Manajemen Pendidikan (Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Gary Dessler, (2010), Manajemen sumber daya manusia. Jakarta: PT Indeks.

Ismail. 2018. Pengaruh Gaya Kepemimpinan Demokratis Terhadap Peningkatan lembaga Pendidikan Islam Di SD Negeri 30 Nitu Kota Bima. Skripsi. Makassar: Uin Alauddin Makassar.

John W. Creswell, (2015), Penelitian Kualitatif dan Desain Riset Memilih Diantara Lima Pendekatan Yokyakarta: Pustaka Pelajar.

Kartini kartono, (2009) Pemimpin dan Kepemimpinan Pt. Raja Grafndo Persada, Jakarta.

L.J. Moleong.2002. Metodologi Peneitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Louis W Fry, (2003) “Toward a Theory of Spiritual Leadership”. The Leadership Quarterly.

Makmur dan suparman, (2015) Manajemen Pendidikan berbasis Madrasah, PT. Aksara Timur Bandung.

Malayu S.P. Hasibuan, (2016), Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. (2019). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nurul Ulfiatin dan Teguh Triwiyanto, (2011), Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta Erlangga.

Rusman. 2010. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sadil Samsudin, 2006, Manajemen Sumber Daya Manusia, Bandung: Pustaka Setia.

Sedarmayanti, 2009, Sumber Daya Manusia dan Produktifitas Kerja, Bandung: Mandar Maju.

Sugeng Listyo Prabowo. 2008. Manajemen Mutu Sekolah/Madrasah. Malang: UIN Malang Press.

Sugiono, 2017, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D, Bandung: Alfabeta.

Tobroni, Perilaku Kepemimpinan Spiritual dalam Mengembangkan Organisasi Pendidikan dan Pembelajaran, kasus lima pemimpin di kota Ngalam, laporan ilmiah, disertasi tidak diterbitkan.

Veithzal Rivai dan Deddy Mulyadi, (2012) Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, (Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Wahab, Abdu Azisl, (2008) Anatomi Organisasi Dan Kepemimpinan Pendidikan (Telaah Terhadap Organisai Dan Pengelolaan Organisasi Pendidikan), Bandung: Alfabeta.

Wahjosumidjo, (2008) Tinjauan Teoretik dan Permasalahannya, PT. Rajawali Pres Jakarta.

Winardi, (2000) Kepemimpinan Dalam Manajemen, Jakarta: PT. Rineka Cipta.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49197

Article Metrics

Abstract view : 51 times
PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.