Strategi Pengasuhan Anak dalam Keluarga Militer : Studi Tentang Ketahanan Keluarga dan Perkembangan Spiritual Anak di KORAMIL 02 Tebing Tinggi

Hariani Hariani, Muhammad Yunan Harahap

Abstract


Keluarga memiliki peran sentral dan fundamental dalam membentuk kepribadian, moralitas, dan spiritualitas anak. Dalam konteks pendidikan Islam, keluarga dipandang sebagai al-madrasah al-ūlā atau sekolah pertama bagi anak. Peran ini menjadi semakin kompleks dalam keluarga militer, di mana praktik pengasuhan menghadapi tantangan akibat tuntutan dinas militer, absennya salah satu orang tua dalam jangka waktu panjang, serta tekanan emosional yang tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi pengasuhan yang diterapkan dalam keluarga militer serta keterkaitannya dengan ketahanan keluarga dan perkembangan spiritual anak. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan desain studi kasus, yang difokuskan pada keluarga militer di Koramil 02 Tebingtinggi. Teknik pengumpulan data mencakup wawancara mendalam, observasi partisipatif, dan studi dokumentasi, dengan melibatkan lima keluarga prajurit aktif, satu tokoh agama lokal, dan satu konselor pendidikan anak. Analisis data dilakukan secara tematik menggunakan model Miles dan Huberman, dengan dukungan triangulasi dan member checking untuk memastikan validitas data. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman komprehensif tentang penerapan strategi pengasuhan kontekstual dalam keluarga militer yang mendukung ketahanan emosional dan pertumbuhan spiritual anak di tengah tantangan institusional dan psikologis.

Keywords


Strategi Pengasuhan, Keluarga Militer, Ketahanan Keluarga, dan Perkembangan Spiritual Anak.

Full Text:

PDF

References


Daftar Pustaka

Referensi Baumrind, D. (1967). Child care practices anteceding three patterns of preschool behavior. Genetic Psychology Monographs, 75(1), 43–88.

Daradjat, Z. (2021). Pendidikan agama dalam keluarga dan sekolah. Jakarta: Bulan Bintang.

Fauziah, A., & Ramli, M. (2021). Parenting style of military families: A phenomenological study. Journal of Educational and Human Resource Development, 9(1), 11–22.

Fidat, F., & Rolianah, W. S. (2023). Strategi penanganan pembiayaan bermasalah pada KSPPS Mitra Usaha Ideal Cabang Dukun. JPSDa: Jurnal Perbankan Syariah Darussalam, 6(1), 45–58.

Fitriani, A., & Suharnan. (2021). Pola asuh otoritatif dalam meningkatkan perkembangan moral dan spiritual anak di keluarga dengan tantangan sosial khusus. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling, 7(1), 12–23.

Fitria, D., Rahayu, S., & Husni, M. (2023). Peran ibu dalam penguatan nilai keagamaan anak: Studi pada keluarga Muslim perkotaan. Jurnal Parenting Islami, 4(2), 115–130.

Harahap, D. A., & Sutiyono, A. (2022). Penguatan nilai-nilai spiritualitas dalam pendidikan karakter anak. Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(1), 87–95.

Hasibuan, S. F., & Siregar, B. (2023). Penerapan nilai agama dan moral melalui pengasuhan etnis Batak Mandailing di TK Haholongan Padang Sidempuan. Annual Conference on Islamic Early Childhood Education (ACIECE), 34–45.

Kamus Besar Bahasa Indonesia. (2023). KBBI daring. Jakarta: Badan Pengembangan dan Pembinaan Bahasa, Kemendikbudristek.

Krisna, L. A. (2018). Panduan memahami anak yang berkonflik dengan hukum. Yogyakarta: Deepublisher.

Lestari, I. P., & Nugroho, S. (2021). Institutional support and parenting: A study on military families. Jurnal Psikologi dan Pendidikan Islam, 6(1), 33–45.

Maulani, S., Rahman, M., & Astuti, F. D. (2022). Family resilience and its influence on child development in high-risk environments. Jurnal Psikologi Islami, 14(1), 35–47. https://doi.org/10.36722/jpi.v14i1.847

Maulani, Y., Ramadhani, D., & Nisa, R. (2022). Family resilience in the context of military families: Strategies of spiritual parenting. Jurnal Ketahanan Keluarga, 6(1), 41–53.

Marsaid. (2015). Perlindungan hukum anak pidana dalam perspektif hukum Islam (Maqasid Asy-Syari’ah). Palembang: Noer Fikri.

Muhammad, Z. (2014). Perlindungan anak dalam perspektif Islam. Jurnal Asas, 6(1), 55–66.

Muslimin, R. R., Usman, S., & Rama, B. (2024). Strategi pembelajaran langsung (konvensional). Madani: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 6(1), 13–26.

Nurul, A., & Fahmi, R. (2021). Ayah sebagai figur religius dalam keluarga militer: Studi keterlibatan emosional dalam pengasuhan anak. Jurnal Pendidikan Keluarga, 9(2), 120–134. https://doi.org/10.21009/jpk.v9i2.2021

Nasution, K. Y., & Tumiran. (2024). Strategi guru pendidikan agama Islam dalam mengatasi kesulitan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII SMP IT Al-Khair Tanjung Gusta. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 9(1), 44–57.

Rahman, M. H. (2019). Metode mendidik akhlak anak dalam perspektif Imam Al-Ghazali. Equalita, 1(2), 101–112.

Sari, F., & Fatimah, S. (2021). Tumbuh kembang anak usia dini: Telaah teori dan implementasi. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 986–996.

Sari, N., & Lubis, H. S. (2023). Strategi madrasah dalam membentuk akhlakul karimah siswa di MTS Al-Washliyah Medan. Al-Muaddib: Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial dan Keislaman, 8(2), 118–130.

Syamsudin, R., & Lestari, D. (2020). Parenting style in military families: The impact on children’s socioemotional development. Journal of Family Studies, 15(1), 22–35.

Utami, E. P., & Muawanah, U. (2022). Pola asuh orang tua dan pengaruhnya terhadap karakter anak di era digital. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(4), 3380–3389.

Wahyuni, S., & Pramestya, Y. (2021). Ketahanan keluarga dalam lingkungan militer: Studi kasus pada keluarga prajurit TNI AD. Jurnal Psikologi dan Keluarga, 7(1), 55–67.

Wadsworth, S. M. (2020). Parenting in military families. Journal of Family, 11(1), 15–28.




DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49203

Article Metrics

Abstract view : 49 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

__________________________________________________________

Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities


Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia

Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Lisensi Creative Commons
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.