Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam pada Musim Panen Pala di SMP Negeri 1 Werabuan Kabupaten Fakfak
Abstract
Tujuan Peneltian adalah Pertama: mengetahui strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang digunakan oleh guru selama musim panen pala di SMP Negeri1 Werabuan Kabupaten Fakfak. Kedua, Menganalisis kendala yang dihadapi dalam pelaksanaan pembelajaran PAI pada musim panen pala, dan Ketiga, mengidentifikasi upaya yang dilakukan guru dalam mengatasi kendala tersebut untuk menjaga efektifitas pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian kualiatif dengan metode studi kasus. Pengumpulan data dilakukan melalui (1) wawancara mendalam dengan guru PAI, kepala sekolah, siswa dan orang tua (2) observsi pembelajaran di dalam kelas dan diluar kelas, serta (3) dokumentasi berupa RPP, jurnal mengajar dan presensi siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) strategi pembelajaran yang digunakan guru meliputi pendekatan kontekstual, pemberian tugas mandiri dan pembelajaran berbasis proyek keagamaan. (2) kendala utama adalah rendahnya kehadiran siswa karena terlibat langsung dengan kegiatan panen pala bersama kelaurga, dan (3) upaya guru meliputi penyesuaian jadwal belajar, penggunaan media pembelajaran yang dapat diakses dari rumah serta pendekatan personal dengan orang tua siswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu, Joko Tri Prasetya, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2021
Aisyah, et all, Analisis Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Ekonomi di SMA Negeri 15 Palembang. Jurnal Profit,2019
Al-Rasyidin, dan Samsul Nizar, Filsafat Pendidikan Islam, Ciputat: Ciputat Press, 2019.
Arifin, M., Ilmu Pendidikan Islam Ed. Rev Cet. 9 Jakarta: Bumi Aksara, 2023.
Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2021.
Aunurrahman. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta, 2019.
Azzohardi, Analisis Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MTs Muhammadiyah Rejang Lebong tesis. Curup. Program Pasca Sarjana IAIN Curup 2019.
Baharudin dan Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Yogyakarta: Ar-Ruz Media, 2018
Bambang et.all, Manajemen Pendidikan Karakter Bandung: Pustaka Setia, 2019.
Dahlan, Al-Barry, Yaqub, Sofyan, Kamus Induk Istilah Ilmiah Seri Intelektual cet 8, Surabaya: Target Press, 2020.
Daradjat, Zakiah Ilmu Pendidikan Islam Yogyakarta: Bumi Aksara,2021.
Daryanto, Administrasi Pendidikan cet 5, jakarta: Rineka Cipta, 2020.
Gunawan, Heri, Pendidikan Karakter konsep dan implementasicet 4, Bandung: Alfabeta, 2023.
Hamid, Hamdani, Pengembangan Kurikulum Pendidikan cet 4 Bandung: Pustaka Setia, 2022.
Hardini, dkk, Metode Penelitian Kuantitatif & Kualitatif, Yogyakarta: CV. Pustaka Ilmu, 2021.
Hasyim, Farid, Kurikulum Pendidikan Agama Islam Filosofi Pengembangan Kurikulum Transformatif Antara KTSP dan Kurikulum 2013 Malamg: Madani, 2019.
Hendryadi, Metode Penelitian: Pedoman Penelitian, Jakarta: Lembaga lengembangan Manejemen dan Publikasi Imperium (LPMP Imperium, 2019.
Iskandar. Psikologi Pendidikan (sebuah orientasi baru), Cipayung-Ciputat: Gaung Persada (GP) Press. 2022.
Jumanto, “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Sekolah Dasar Unggulan Daar El Dzikir Bulu Sukoharjo Tahun 2016 “tesis Surakarta. Sekolah Pascasarjana Universitas Muhammadiyah Surakarta 2016.
Junaedi, Mahfud. Ilmu Pendidikan Islam Filsafat dan Pengembangan, Edisi 1, Cet 1 Semarang: Rasail, 2022.
Komalasari, Kokom. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Reflika Aditama, 2021.
Majid, Abdul, Perencanaan Pembelajaran, Cet 12 Bandung: Remaja Rosdakarya 2021.
Martinis, Yamin, Strategi & Metode Dalam Model Pembelajaran cet 2, Jakarta: Referensi GP Press Group, 2023.
Moleong, Lexy, Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2021.
Mufarokah Anisatul, Strategi Belajar dan model-model pembelajaran. Cet 2 Yogyakarta: Teras, 2019.
Muhaimin, et all, Paradigma Pendidikan Islam Upaya Mengefektifkan Pendidikan Agama Islam di Sekolah Jakarta: pustaka abadi,2020.
Mulyasa, pengembangan Implementasi Kurikulum 2013 cet.3, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2019.
Nawawi, Hadari, Metode Penelitian Sosial, Yogyakarta: Gaja Mada University Press, 2020.
Permana, Aris, Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Pencapaian Nilai-Nilai Karakter Di SD Cahaya Bangsa Metro, Tesis Metro: Program Pasca Sarjana IAIN Metro, 2017.
Purwanto Ngalim, Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis Cet 18 Bandung: Remaja Rosdakarya, 2018.
Rosyid, Fathor, Metodologi Penelitian Sosial Teori & Praktik, Kediri: STAIN Kediri Press, 2021.
Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesioanl Guru dan Tenaga Kependidikan, cet 8 Bandung: Alfabeta, 2021.
Saryono, Metodologi Penelitian: Kualitatif dalam Bidang Kesehatan, Yogyakarta: Nuha Medika, 2020.
Setiawan. Andi. Belajar dan Pembelajaran cet 2. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.2019.
Slameto. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Cet 7 Jakarta: Rineka Cipta.2022.
Spradley, J. P. Metode Etnografi. Terj. M.Z. Elisabeth Yogyakarta: Tiara Wacana, 2020
Suardi. Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta: CV Budi Utama. 2019
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya. 2021.
Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: ALFABETA, 2022.
Suprapta H et.al, Methodologi Pengajaran Agama Islam, Cet.5 Jakarta: Amisco, 2022
Susanto. Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana. 2022.
Tafsir, Ahmad, Ilmu Pendidikan Dalam Perspektif Islam, Cet. 10 Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2020
Trianto, Mendesain Model Pembelajaran Inovatif- Progresif cet 5. Jakarta: Kencana, 2020.
Uno, Hamzah B, Profesi Kependidikan: Problema, Solusi, dan Reformasi Pendidikan di Indonesia, Jakarta: Bumi Aksara, 2022.
Usman, Muh. Uzer, Menjadi Guru Profesional, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2011.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49391
Article Metrics
Abstract view : 34 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities