Model Pembelajaran Kewirausahaan dalam Upaya Penyiapan Kerja pada Program Kesetaraan Kejar Paket C Di PKBM Bima Sakti Kabupaten Banyuwangi
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Achsa, H. P. (2018). Penggunaan internet sebagai public sphere dalam demokrasi deliberatif (Analisis Penggunaan Hashtag terkait Isu Politik Menjelang Pilpres 2019). UMM Institutional Repository. https://core.ac.uk/download/pdf/185271724.pdf
Alfinur, A. (2016). Pengaruh Mekanisme Good Corporate Governance (GCG) terhadap Nilai Perusahaan yang Listing di BEI. Jurnal Ekonomi MODERNISASI, 12(1), 44. https://doi.org/10.21067/jem.v12i1.1178
Anggraini, N., & Susilo, Y. (2022). Tradisi Mocoan Lontar Yusup dalam Acara Pernikahan Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi (Tintingan Folklor Setengah Lisan). JOB (Jurnal Online Baradha), 18(2), 589–608.
Angraini, L., Fitri, R., & Darussyamsu, R. (2022). Model pembelajaran problem based learning untuk meningkatkan hasil belajar biologi peserta didik: Literature review. Bio-Pedagogi: Jurnal Pembelajaran Biologi, 11(1), 42–49.
Apriyani, N. D., & Alberida, H. (2023). Pengaruh model problem based learning (PBL) terhadap keterampilan argumentasi peserta didik pada pembelajaran biologi: Literature review. BIOCHEPHY: Journal Of Science Education, 3(1), 40–48.
Arni, Y., Siswandari, S., Akhyar, M., & Asrowi, A. (2022). Pendidikan kewirausahaan. https://repository.penerbiteureka.com/ms/publications/559507/pendidikan-kewirausahaan
Ayodya, R. W. (2020). UMKM 4.0. Elex Media Komputindo.
Dewi, F. K. M., Mutaqin, A., & Rahayu, I. (2023). Pengembangan E-Modul Dengan Pendekatan Problem Solving Pada Pokok Bahasan Bangun Ruang Sisi Datar. Media Pendidikan Matematika, 11(1), 31. https://doi.org/10.33394/mpm.v11i1.8219
Ermita, E. (2021). Penerapan Metode Pembelajaran Picture And Picture untuk Meningkatkan Hasil Belajar Geografi Kelas XI IIS 1 SMA Negeri I Koto Besar Dharmasraya. JURNAL PENDIDIKAN DAN KEWIRAUSAHAAN, 9(1), 85–100. https://doi.org/10.47668/pkwu.v9i1.149
Fatma, A. M. (2018). Peran Tutor dalam Mengembangkan Motivasi Berprestasi Warga Belajar Paket C di PKBM Dharma Bekti Kecamatan Cibinong Bogor. Jurnal Eksistensi Pendidikan Luar Sekolah (E-Plus), 3(2). https://jurnal.untirta.ac.id/index.php/E-Plus/article/view/4898
Hasan, M. O. M. (2023). The Relationship between Reading Attitude and Student Grade Point Average. https://doi.org/10.31235/osf.io/3egwq
Hastuti, P., Nurofik, A., Purnomo, A., Hasibuan, A., Aribowo, H., Faried, A. I., Tasnim, T., Sudarso, A., Soetijono, I. K., & Saputra, D. H. (2020). Kewirausahaan dan UMKM. Medan: Yayasan Kita Menulis.
Ilhami, A., Wahyuni, S., & Putra, N. D. P. (2023). Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Siswa Melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning: Sistematik Literatur Review: Improving Students’ Science Process Skills Through Problem-Based Learning Models: Systematic Literature Review. Edu-Sains: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 12(2), 8–15.
Ishlahul’Adiilah, I., & Haryanti, Y. D. (2023). Pengaruh model problem based learning terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada pembelajaran IPA. Papanda Journal of Mathematics and Science Research, 2(1), 49–56.
Iwan, H. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan ( Kualitatif, Kuantitatif dan Mixed Method ). Hidayatul Quran.
Kusumawati, I. T., Soebagyo, J., & Nuriadin, I. (2022). Studi kepustakaan kemampuan berpikir kritis dengan penerapan model PBL pada pendekatan teori konstruktivisme. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 5(1), 13–18.
Maslow, A. H. (1943). A theory of human motivation. (Vol. 50, Issue 4). American Psychological Association. https://psycnet.apa.org/journals/rev/50/4/370/
Nazir, A. (2019). Pengaruh Lingkungan Sekolah terhadap Motivasi Warga Belajar pada (Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat) PKBM Cipta Tunas Karya. Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, 3(2), 268–279.
Nursa’ban, M. (2013). Peningkatan Sikap Tanggung Jawab dan Kemandirian Belajar Mahasiswa Melalui Metode Tutorial di Jurusan Pendidikan Geografi. Jurnal Cakrawala Pendidikan, 3(3). https://doi.org/10.21831/cp.v3i3.1630
Qodariyah, A. L., & Rizaldi, M. (2021). Analisis Pembelajaran Sejarah pada Kurikulum 2013 dengan Pendekatan Saintifik dan Kontekstual. CHRONOLOGIA, 2(3), 30–38. https://doi.org/10.22236/jhe.v2i3.6439
Sari, M., & Nurmala, E. (2024). Applying the Problem-Based Learning Model to Enhance Critical Thinking Skills in Leadership Education (Literature Review): Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis pada Pembelajaran Kepemimpinan (Tinjauan Literatur). SABIQ: Jurnal Sosial Dan Bidang Pendidikan, 1(1), 19–26.
Schaffner, E., & Schiefele, U. (2016). The Contributions of Intrinsic and Extrinsic Reading Motivation to the Development of Reading Competence over Summer Vacation. Reading Psychology, 37(6), 917–941. https://doi.org/10.1080/02702711.2015.1133465
Sulistyono, M. T., Sari, W. S., Nugraini, S. H., Muhammad, M. Z., & Emmerig, R. (2023). Pemanfaatan Sumberdaya IKM dalam Meningkatkan Produktivitas dan Pemasaran Produk Melalui Transformasi Digital Masyarakat Desa. E-Dimas: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 14(2), 283–288. https://doi.org/10.26877/e-dimas.v14i2.11874
Syahrudin, A., Majid, A., Yuliani, L., & Qomariah, D. N. (2019). Penerapan Konsep Andragogi Oleh Tutor Kesetaraan Paket C Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pada Warga Belajar. Jendela Pls, 4(1), 26–30.
Utomo, A. P. Y., Sugiharto, D. Y. P., Kesuma, R. G., & Prasandha, D. (2024). Student Literacy and Literacy Skills in Higher Education: A Bibliometric Review. International Journal of Pedagogy and Teacher Education, 8(2), 159. https://doi.org/10.20961/ijpte.v8i2.84533
Yin, R. K. (2003). Designing case studies. Qualitative Research Methods, 5(14), 359–386.
DOI: https://doi.org/10.24815/jr.v8i4.49469
Article Metrics
Abstract view : 45 timesPDF - 25 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
__________________________________________________________
Riwayat: Educatioanl Journal of History and Humanities
Published: Departemen of History Education, Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Provinsi Aceh. Indonesia
Situs web: https://jurnal.usk.ac.id/riwayat
Email: riwayat@usk.ac.id

Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0.
Riwayat: Educational Journal of History and Humanities