TINGKAT PEMUJAAN SELEBRITI PADA KOMUNITAS PENGGEMAR K-POP DI ACEH
Abstract
Pemujaaan selebriti adalah bentuk dari hubungan satu arah yang terjadi terhadap seseorang dan tokoh idolanya, yang membuat seseorang menjadi terobsesi terhadap selebriti idolanya tersebut. Hadirnya budaya korea di Aceh terlihat dari kemunculan komunitas penggemar idola dari Korea, berbentuk akun fanbase sampai komunitas yang melakukan aktivitas bersama secara langsung. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui tingkatan pemujaan selebriti pada komunitas penggemar K-Pop di Aceh, serta faktor sosiodemografi apa saja yang memengaruhi pemujaan selebriti. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan sampling jenuh, yaitu 300 anggota yang bergabung di komunitas BTS Army (193) dan EXOL (107) Aceh. Pemujaan selebriti diukur menggunakan The Celebrity Attitude Scale (CAS). Hasil penelitian menunjukkan pemujaan selebriti pada kedua komunitas berada pada berbagai tingkatan, yaitu 34,2% berada di tingkat pemujaan selebriti tinggi (Borderline-Pathological), 33.9% berada di tingkat pemujaan selebriti sedang (Intense-Personal), dan 31.9% berada di tingkat pemujaan selebriti rendah (Entertainment-Social). Berdasarkan sosiodemografi pengisian skala, anggota komunitas lebih banyak berjenis kelamin perempuan, berada pada rentang usia remaja, mahasiswa, berstatus lajang, dan memiliki satu orang idola.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Abd-Rahim, A. (2019). Online Fandom: Social Identity and Social Hierarchy of Hallyu Fans. Journal for Undergraduate Ethnography, 9(1), 65-81.
Ang, C. S., & Chan, N. N. (2018). Adolescents’ views on celebrity worship: A qualitative study. Current Psychology, 37(1), 139-148.
Asfarina, N. (2017). 5 Alasan Umum Menjadi K-Popers, Kamu yang mana?, diakses tanggal 14 juni 2020, https://www.shopback.co.id/katashopback/5-alasanumum-menjadi-k-popers-kamu-yang-mana-chingu
Brooks, S. K. (2018). FANatics: Systematic literature review of factors associated with celebrity worship, and suggested directions for future research. Current Psychology, 1-23.
Cahyani, D., & Purnamasari, Y. (2019, March). Celebrity Worship on Early Adult KPop
Fangirling. In 4th ASEAN Conference on Psychology, Counselling, and
Humanities (ACPCH 2018). Atlantis Press.
Hanna. (2019). Biodata, profil, dan fakta lengkap member EXO. Diakses tanggal 8 Juni 2020, https://kepoper.com/biodata-profil-dan-fakta-lengkap-memberexo/
Hermawan (2017). 7 Alasan Cewek (dan Cowok) Menyukai K-Pop. Diakses tanggal 8 Juni 2020, https://www.idntimes.com/hype/entertainment/muhammad-faridhermawan/7-alasan-pria-dan-wanita-menyukai-k-pop-c1c2
Jeong, J. S., Lee, S. H., & Lee, S. G. (2017). When Indonesians Routinely Consume Korean Pop Culture: Revisiting Jakartan Fans of the Korean Drama Dae Jang Geum. International Journal of Communication (19328036), 11. 2288–2307.
Jin, D. Y. (2012). Hallyu 2.0: The New Korean Wave in the Creative Industry. International Institute Journal, 2, 3-7.
King, L. A. (2014). Psikologi Umum Sebuah Pandangan Apresiatif Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.
Kusuma, N. N. (2014). Hubungan Celebrity Worship Terhadap Selebriti K-Pop (Korean Pop) Dengan Perilaku Imitasi Pada Remaja.Unpublished thesis. Universitas Brawijaya, Malang.
Larasati, A. D. (2020). BTS, EXO, Blackpink, Grup K-Pop Paling Banyak Dibicarakan Sepanjang 2020. Diakses tanggal 6 Agustus 2020,
https://hot.detik.com/kpop/d-4988109/bts-exo-blackpink-grup-k-pop-palingbanyak-dibicarakan-sepanjang-2020
Lestari, P. R. (2018). 5 Deretan Kasus Sasaeng Fans Terkejam di Korea, Indonesia Termasuk?, diakses tanggal 17 Juli 2019, https://loop.co.id/articles/kasussasaeng-fans/full
Maharani, R. A., Sitasari, N. W., & Safitri, M. (2019). Hubungan Subjective Well-Being dengan Celebrity Worship pada Anggota Bollywood Mania Club Indonesia di Jakarta (Undergraduate Theses, Universitas Esa Unggul).
Maltby, J., & Day, L. (2011). Celebrity worship and incidence of elective cosmetic surgery: Evidence of a link among young adults. Journal of Adolescent Health, 49(5), 483-489.
Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Gillett, R., Houran, J., & Ashe, D. D. (2004). Personality and coping: A context for examining celebrity worship and mental health. British Journal of Psychology, 95(4), 411-428.
Maltby, J., Day, L., McCutcheon, L. E., Houran, J., & Ashe, D. (2006). Extreme celebrity worship, fantasy proneness and dissociation: Developing the measurement and understanding of celebrity worship within a clinical personality context. Personality and individual differences, 40(2), 273-283.
Mandas, A. L., & Suroso, S. (2019). Hubungan Antara Konsep Diri dengan Celebrity Worship pada Remaja Pecinta Korea di Manado Ditinjau dari Jenis Kelamin. PSIKOVIDYA, 22(2), 162-187.
McCutcheon, L, E., Ashe, D, D., Houran, J., Maltby, J. (2003). A Cognitive Profile of Individuals Who Tend to Worship Celebrities. The Journal of Psychology, 137 (4), 309-322.
McCutcheon, L. E., Lange, R., & Houran, J. (2002). Conceptualization and
Measurement of Celebrity Worship. British journal of psychology, 93(1), 6787.
McHugh, M. L. (2013). The chi-square test of independence. Biochemia medica: Biochemia medica, 23(2), 143-149.
Niardo, R. (2020). Peringkat Boy Grup Terpopuler Bulan Desember 2020. Diakses tanggal 14 Desember 2020, https://kpopchart.net/2020/12/peringkat-boygroup-k-pop-terpopuler-bulan-desember-2020.html
Nurani. (2020). K-Popedia: Istilah bias dalam fandom K-Pop.
https://kumparan.com/kumparank-pop/k-popedia-istilah-bias-dalam-fandomk-pop-1tKVvthjuji/full diakses 9 Juni 2020.
Oelfy, N. (2015). Pengaruh attachment styles dan loneliness terhadap interaksi parasosial penggemar kpop (Bachelor's thesis, UIN Syarif Hidayatullah Jakarta: Fakultas Psikologi, 2015).
Pallant, J. (2010). SPSS Survival Manual 4th edition: A step by step guide to data analysis using SPSS version 18. Maidenhead, Berkshire: Open University Press. Retrieved on from http://www. allenandunwin. com/spss.
Papalia, D., E. & Feldman, R. D. (2012). Experience Human Development, Twelfth Edition. New York: McGraw-Hill Companies, Inc.
Park, G. S. (2013). Manufacturing creativity: Production, performance, and dissemination of K-pop. Korea Journal, 53(4), 14-33.
Pertiwi, S. A. (2013). Konformitas dan Fanatisme Pada Remaja Korean Wave (Penelitian pada Komunitas Super Junior Fans Club ELF “Ever Lasting Friend”) di Samarinda. Jurnal Psikologi, 1(2), 157-166.
Ratnaningsih, H, A. (2020). Ini 5 Fandom Terbesar di Dunia Menurut Pengamat Musik. Diakses tanggal 14 Desember 2020,
https://gensindo.sindonews.com/read/60363/700/ini-5-fandom-musikterbesar-di-dunia-menurut-pengamat-musik-1591383997?showpage=all
Rosyta, T. A. (2019). 26 istilah gaul K-pop, kamu yang ngaku fans sejati wajib tau. https://www.kapanlagi.com/korea/26-istilah-gaul-k-pop-fans-sejati-wajibtahu-number-ec7771.html diakses pada tanggal 9 Juni 2020
Sari, D. (2012). Para Penggila K-Pop, diakses tanggal 1 September 2019, https://seleb.tempo.co/read/445336/para-penggila-k-pop/full&view=ok
Shofa, M. (2017). Gambaran Psikologis Celebrity Worship Pada Dewasa Awal: Studi Kasus Mahasiswa Penggemar Korean Pop (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim).
Stever, G. S. (2011). Fan behavior and lifespan development theory: Explaining para-social and social attachment to celebrities. Journal of Adult Development, 18(1), 1-7.
Suparjan, D. (2016). Begini 7 Dampak Buruk Kalau Ngefans Berat Sama Selebritis. Satu Jam, diakses tanggal 9 April 2019, https://satujam.com/dampak-burukngefans-selebritis/
Taekookie. (2019). Biodata, profil, dan fakta lengkap member BTS. Diakses tanggal 8 Juni 2020, https://kepoper.com/biodata-profil-dan-fakta-lengkap-memberbts/
Tartila, P. L. (2014). Fanatisme fans Kpop dalam blog netizenbuzz. Journal Universitas Airlangga, 2(3), 190-205.
Widiastuti, R.; Mawarpury, M.; Sulistyani, A. and Khairani, M. (2020). The Relationship between Celebrity Worship and Parasocial Interaction on Emerging Adult. In Proceedings of the 1st International Conference on Psychology - Volume 1: ICPsy, ISBN 978-989-758-448-0, pages 90-94. DOI:10.5220/0009438000900094
Widjaja, A. K., & Ali, M. M. (2015). Gambaran Celebrity Worship pada Dewasa Awal di Jakarta. humaniora, 6(1), 21-28.
Zsila, Á., McCutcheon, L. E., & Demetrovics, Z. (2018). The association of celebrity worship with problematic Internet use, maladaptive daydreaming, and desire for fame. Journal of behavioral addictions, 7(3), 654-664.
Zsila, Á., Urbán, R., McCutcheon, L. E., & Demetrovics, Z. (2019). A path analytic review of the association between psychiatric symptoms and celebrity worship: The mediating role of maladaptive daydreaming and desire for fame. Personality and Individual Differences, 151, 109511.
DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i1.19720
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2021 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah
Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.