KETANGGUHAN AKADEMIK PADA MAHASISWA PENERIMA BIDIKMISI

Miftahul Jannah, Eka Dian Aprilia, Intan Dewi Kumala, Khatijatusshalihah Khatijatusshalihah

Abstract


Ketangguhan akademik merupakan ketahanan individu dalam merespon kesulitan akademik dengan menunjukkan adanya kemauan untuk terlibat dalam tugas dan proses pembelajaran, komitmen terhadap tugas dan proses pembelajaran yang berlangsung, serta memiliki kendali atas proses yang terjadi. Selain itu, individu dengan ketahanan akademik juga akan melihat tantangan sebagai peluang untuk mengembangkan potensi diri.Tujuan penelitian ini untuk melihat gambaran ketangguhan akademik pada mahasiswa bidikmisi di USK. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Teknik penentuan sampel menggunakan purposive sampling, dengan sampel mahasiswa penerima bidikmisi di universitas syiah kuala sejumlah 317 orang. Ketangguhan akademik menggunakan skala Revised Academic Hardiness Scale (RAHS). Analisis data menggunakan crosstab dan teknik chi-square. Secara keseluruhan gambaran ketangguhan akademikmahasiswa penerima bidikmisi dalam penelitian ini menemukan bahwa mahasiswa penerima bidikmisi berada pada tingkat tinggi (14.8%), tingkat sedang (71.0%) dan tingkat rendah (14.2%). Analisa dimensi ketangguhan akademikmemperlihatkan bahwa mahasiswa penerima bidikmisi USK memiliki tingkat komitmen yang tinggi dengan persentase (14.8%), pada tingkat sedang dengan persentase (68.1%) dan pada tingkat rendah dengan persentase (12.6%). Hasil tingkatan ketangguhan akademikmenunjukkan bahwa ketangguhan akademik pada mahasiswa penerima bidikmisi di USK berada pada kategori sedang.

Keywords


Ketangguhan akademik; Mahasiswa; Penerima Bidikmisi

Full Text:

PDF

References


Afifah, A.N., & Rositawati, S. (2019). Hubungan hardiness dengan prestasi akademik mahasiswa penerima program bidikmisi di Institut Teknologi Bandung. Prosiding Psikologi.5 (1).195-199

Albana, J. M. (2007). Sulit belajar (langkah praktis mengatasi stres belajar). Jakarta: Prestasi Pustaka Anak.

Ahmad, I. (2017). Pedoman bantuan biaya pendidikan bidikmisi tahun 2017. Ristekdikti. 1-18.

Aisyah, F. (2019). Program-program studi yang paling banyak menerima mahasiswa baru di USK tahun ini. Diakses dari https://rencanamu.id/post/persiapan-kuliah/program-program-studi-yang-paling-banyak-menerima-mahasiswa-baru-di-unsyiah-tahun-ini

Arsana, B. W. I,.(2016). Kecenderungan prestasi belajar mahasiswa penerima bidikmisi di fakultas ekonomi dan bisnis universitas pendidikan ganesha angkatan 2010. Jurnal Program Studi Pendidikan Ekonomi. 6(1).

Azmy, A. N., Nurihsan, A. J., &Yudha, E. S. (2017). Deskripsi gejala stress akademik dan kecenderungan piilihan strategi koping siswa berbakat. Indonesian Journal of Educational Counseling, 1(2), 197- 208.

Benishek, L. A., & Lopez, F. G. (2001).Development and initial validation of a measure of academic hardiness. Journal of Career Assessment, 9, 333-352. doi: 10.1177/106907270100900402.

Benishek, L. A., Feldman, J. M., Shipon, R. W., Mecham, S. D., & Lopez, F. G. (2005). Development and evaluation of the Revised Academic Hardiness Scale.Journal of Career Assessment, 13, 59–76. http://dx.doi .org/10.1177/1069072704270274.

Bilqis, SA., & Coralia, F.(2016) Studi Mengenai Hardiness Pada Mahasiswa

Psikologi Angkatan 2012 Dengan IPK Minimal 3 Di Universitas Islam

Bandung, Prosiding Psikologi, 2(2).

Busari, A.O. (2011). Validation of Student Academic Stress Scale (SASS). European Journal of Social Sciences. 21 (1). 94-105.

DOI:10.5901/mjss.2014.v5n27p599

Cole, M., Field, H., & Harris, S. (2004). Student learning motivation and psychological hardiness: interactive effects on students’ reaction to a management class. Academy of Management Learning and Education, 3(1), 64-85. https://doi.org/10.5465/amle.2004.12436819

Davidson, J. (2001). Manajemen Waktu. Yogyakarta: Andi.

Dweck, C. S., & Leggett, E. L. (1988).A social-cognitive approach to motivation and personality. Psychological Review, 95, 256-273.

https://doi.org/10.1037/0033-295X.95.2.256

Florian, V., Mikulincer, M., &Taubman, O. (1995). Does Hardiness Contribute to Mental Health During A Stressful Real-Life Situation? The Role of Appraisal Coping. Journal of Personality and Social Psychology. 4(68), 687-695. doi: 1995-25080-001.

Ganellen, R. J., & Blaney, P. H. (1984). Hardiness and social support as moderators of the effects of life stress. Journal of Personality and Social Psychology ,47 (1), 156-163. https://doi.org/10.1037/0022-3514.47.1.156

Hadi, Y.P., & Budiningsih, T. E., (2014). Konsep diri akademik mahasiswa penerima bidikmisi jurusan psikologi Universitas Negeri Semarang. Educational Psychology Journal, 3(1). 26-31. ISSN 2252-634X.

Hartaji, D. A., (2012). Motivasi berprestasi pada mahasiswa yang berkuliah dengan jurusan pilihan orangtua. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Hystad, S. W., Eid, J., Laberg, J. C., Johnsen, B. H., & Bartone, P. T. (2009). Academic Stress and Health: Exploring the Moderating Role of Personality Hardiness. Scandinavian Journal of Educational Research, 53(5), 421–429. doi:10.1080/00313830903180349

Kamtsios, K., & Karagiannopoulou, E., (2013). Conceptualizing students’ academic hardiness dimensions: a qualitative study. Journal Psychology Education, 28, 807-823. DOI:10.1007/S10212-012-0141-6

Kusuma, A. C., (2018). Hubungan antara kepribadian hardiness dengan optimisme masa depan pada mahasiswa tingkat akhir. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kobasa, S. C. (1979). Stressful life events, personality, and health: An inquiry into hardiness. Journal of Personality and Social Psychology, 37, 1–11. http://dx.doi.org/10.1037/0022-3514.37.1.1

Maddi, S. R. (2013). Hardiness Turning Stressful Circumstances Into Resilient Growth. New Work: Springer Briefs in Psychology.

McHugh, M. L. (2013). The chi-square test of independence. Biochemiamedica, 23(2), 143-149. doi: 10.11613/BM.2013.018

Musabiq, S. A., Assyahidah, L. N., Sari, A., Dewi, H. U. K, &Erdiaputri, W. A. (2018). Stres, motivasi berprestasi, bersyukur, dan perceived social support: Analisis optimism pada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. MEDIAPSI, 4(1), 22-35. doi: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2018.004.01

Nurlaelia, (2015) Penyebab kegagalan nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurtjahjanti, H., & Ratnaningsih, I. Z. (2011).Hubungan kepribadian hardiness dengan optimism pada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) Wanita di BLKLN Disnakertrans Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip. 10(2),126-132.

Ong, Bessie, & Cheong, K. C. (2009). Sources of stress among college students: the case of a credit transfer programme. College Student Journal, 43(4).

Pallant, J. (2010). SPSS Survival Manual 4th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Pemuda, W., & Ratna, E (2016). Hardiness: memaknai pengalaman mahasiswa bidikmisi yang mengikuti organisasi resimen mahasiswa. Jurnal Empati. 5(3). 589-593.

Pratiwi, R. (2019). Academic hardiness pada mahasiswa aktivis organisasi intra kampus. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rachman, A. M. P., (2013). Hardiness mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi ditinjau dari tingkat optimisme. Jurnal Empati 2(4), 43-52.

Rahul, D. (2017). Psychological hardiness among college students. The International Journal of Indian Psychology, 4(3). DIP: 18.01.229/20170403

Sheard, M., & Golby, J., (2007). Academic Hardiness and undergraduate academic study: the moderating role of commitment. Journal Personality and Individual Differences, 43:3, 579-588. DOI:10.1016/j.paid.2007.01.006

Maddi, S. R. (2013). Hardiness Turning Stressful Circumstances Into Resilient Growth. New Work: Springer Briefs in Psychology.

McHugh, M. L. (2013). The chi-square test of independence. Biochemiamedica, 23(2), 143-149. doi: 10.11613/BM.2013.018

Musabiq, S. A., Assyahidah, L. N., Sari, A., Dewi, H. U. K, &Erdiaputri, W. A. (2018). Stres, motivasi berprestasi, bersyukur, dan perceived social support: Analisis optimism pada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. MEDIAPSI, 4(1), 22-35. doi: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2018.004.01

Nurlaelia, (2015) Penyebab kegagalan nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurtjahjanti, H., & Ratnaningsih, I. Z. (2011).Hubungan kepribadian hardiness dengan optimism pada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) Wanita di BLKLN Disnakertrans Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip. 10(2),126-132.

Ong, Bessie, & Cheong, K. C. (2009). Sources of stress among college students: the case of a credit transfer programme. College Student Journal, 43(4).

Pallant, J. (2010). SPSS Survival Manual 4th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Pemuda, W., & Ratna, E (2016). Hardiness: memaknai pengalaman mahasiswa bidikmisi yang mengikuti organisasi resimen mahasiswa. Jurnal Empati. 5(3). 589-593.

Pratiwi, R. (2019). Academic hardiness pada mahasiswa aktivis organisasi intra kampus. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rachman, A. M. P., (2013). Hardiness mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi ditinjau dari tingkat optimisme. Jurnal Empati 2(4), 43-52.

Rahul, D. (2017). Psychological hardiness among college students. The International Journal of Indian Psychology, 4(3). DIP: 18.01.229/20170403

Sheard, M., & Golby, J., (2007). Academic Hardiness and undergraduate academic study: the moderating role of commitment. Journal Personality and Individual Differences, 43:3, 579-588. DOI:10.1016/j.paid.2007.01.006

Maddi, S. R. (2013). Hardiness Turning Stressful Circumstances Into Resilient Growth. New Work: Springer Briefs in Psychology.

McHugh, M. L. (2013). The chi-square test of independence. Biochemiamedica, 23(2), 143-149. doi: 10.11613/BM.2013.018

Musabiq, S. A., Assyahidah, L. N., Sari, A., Dewi, H. U. K, &Erdiaputri, W. A. (2018). Stres, motivasi berprestasi, bersyukur, dan perceived social support: Analisis optimism pada mahasiswa penerima Beasiswa Bidikmisi. MEDIAPSI, 4(1), 22-35. doi: https://doi.org/10.21776/ub.mps.2018.004.01

Nurlaelia, (2015) Penyebab kegagalan nilai indeks prestasi kumulatif mahasiswa bidikmisi UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Skripsi. Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Nurtjahjanti, H., & Ratnaningsih, I. Z. (2011).Hubungan kepribadian hardiness dengan optimism pada Calon Tenaga Kerja Indonesia (CTKI) Wanita di BLKLN Disnakertrans Jawa Tengah. Jurnal Psikologi Undip. 10(2),126-132.

Ong, Bessie, & Cheong, K. C. (2009). Sources of stress among college students: the case of a credit transfer programme. College Student Journal, 43(4).

Pallant, J. (2010). SPSS Survival Manual 4th Edition. New York: Mc Graw Hill.

Pemuda, W., & Ratna, E (2016). Hardiness: memaknai pengalaman mahasiswa bidikmisi yang mengikuti organisasi resimen mahasiswa. Jurnal Empati. 5(3). 589-593.

Pratiwi, R. (2019). Academic hardiness pada mahasiswa aktivis organisasi intra kampus. Skripsi. Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Rachman, A. M. P., (2013). Hardiness mahasiswa dalam menyelesaikan skripsi ditinjau dari tingkat optimisme. Jurnal Empati 2(4), 43-52.

Rahul, D. (2017). Psychological hardiness among college students. The International Journal of Indian Psychology, 4(3). DIP: 18.01.229/20170403

Sheard, M., & Golby, J., (2007). Academic Hardiness and undergraduate academic study: the moderating role of commitment. Journal Personality and Individual Differences, 43:3, 579-588. DOI:10.1016/j.paid.2007.01.006

Spiridon, K., & Evangelia, K. (2015). Exploring relationships between academic hardiness, academic stressors and achievement in university undergraduates. JAEPR, 1(1), 53-73.

Trifiriani, M., & Agung, I. M. (2017). Hubungan Antara Akademik Hardiness dan Prokrastinasi Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 13(2). 143-149.

http://dx.doi.org/10.24014/jp.v13i2.3626




DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v4i2.22943

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah

Lisensi Creative Commons

Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.