KECANDUAN INTERNET DAN PROKRASTINASI AKADEMIK PADA MAHASISWA
Abstract
Prokrastinasi akademik dapat terjadi di kalangan mahasiswa dikarenakan adanya dampak negatif dari layanan internet yang tidak terkontrol dan berdampak terhadap berkurangnya fokus belajar mahasiswa. Salah satu faktor yang menyebabkan terjadinya prokrastinasi akademik adalah kecanduan internet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kecanduan internet dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 101 subjek (42 laki-laki dan 59 perempuan) dengan rentang usia berkisar antara 1825 tahun yang dipilih menggunakan Purposive Sampling. Hasil penelitian ini menunjukkan thubungan positif dan signifikan antara kecanduan internet dengan prokrastinasi akademik pada mahasiswa dengan nilai p=0,000 (p<0,05) dan koefisien korelasi (r)=0,500. Semakin tinggi kecanduan internet akan semakin tinggi prokrastinasi akademik pada mahasiswa, dan sebaliknya semakin rendah kecanduan internet maka semakin rendah prokrastinasi akademik pada mahasiswa.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aggraenai, M., Husain, A. N., & Arifin, S. (2014). Hubunga tipe kepribadian introvert dengan kecanduan internet pada siswa kelas X di SMA 1 Banjarmasin. Jurnal berkala kedokteran, 10 (1), 1-8.
Aitken, M. E. (1982). A personality profile of the college student procrastinator. Dissertation Abstracts International, 43(3), 722–723.
Amini, Z (2010). Kecendrungan Perilaku Prokrastinasi akademikdi Tinjau Dari Lacus Of Control. Surabaya Universitas islam negeri Sunan Ampel.
Burka, J., & Yuen, L. (1982). Mind games procrastinators play. Psychology Today, 32-34.
Burka, J. B., & Yuen, L. M. (1983). Procrastination. Reading, MA: Addison-Wesley.
Burns, L. R., Dittman, K., Nguyen, N., & Mitchelson, J. K. (2000). Academic procrastination, perfectionism, and control: Associations with vigilant and avoidant coping. Journal of Social Behavior and Personality, 5, 35–46.
Choi, Y. K., Lee, S, M., & Li, H. (2013). Audio and Visual Distraction and Implicit Brand Memory: Astudy of Video games Players, Journal of Advertising, 42(2-3)
Chou, C., & Hsiao, M. C. (2000). Internet addiction, usage, gratification, and pleasure experience: The Taiwan college students’ case. Computers & Education, 35(1), 65–80.
Cinthia. A. A,. & Kustanti. R, R. (2017). Hubungan antara kompormitas dengan prokrastinasi akademik akademik. Jurnal Empati. 6 (2) 31-37
Collin, B. (2014). The Impact of Personal Factor and Type of Usage on Smartphone addiction in a Dutch Population. Enschede: University of Twente.
Conti, R. (2000). Competing demands and complimentary motives: Procrastination and intrinsically and extrinsically motivated summer projects. Journal of Social Behavior and Personality, 5, 47–60.
Daniel, T. L., Shek, Rachel, C. F., Sun, & Yu, L. (2013). Internet addiction. Springer Science+Business Media. doi: 10.1007/978-1-4614-1997-6_108
Erdogan, U., Pamuk, M., Yuruk, S. E., Pamuk, K. (2013). Academic Procrastination and Mobile Phone. Prague: International Academic Conference.
Erfa, M. N., (2016). Hubungan kontrol diri dengan kecanduan internet pada mahasiswa Universitas Syiah Kuala. SKRIPSI.
Fajhriani, D. (2020). Academic procrastination of students. International Journal of Education, 05(02), 132-141
Farouq, A (2010). Berbagai mcam adiksi dan penatalaksanaannya. Anima Indonesia Psychological Journal, 23(1), 84-91.
Fauziah. H. H., (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi prokrastinasi akademikpada mahasiswa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Jurnal Ilmiah Psikologi. 2(2), 132-132
Fauziah, H., H. (2016). Faktor-faktor yang mempengaruhi Prokrastinasi akademikpada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Bandung: UIN Sunan Gunung Jati.
Ferrari, J. R., Johnson, J. L., & McCown, W. G. (1995). Procrastination and task avoidance: Theory, research, and treatment. New York: Plenum Press.
Ferrari, J., & Tice, D. (2000). Procrastination as a self-handicap for men and women: A task-avoidance strategy in a laboratory setting. Journal of Research in Personality, 34, 73–83.
Geng, J., Han, L., Gao, F., Jou, M., & Huang. (2018). Internet addiction and procrastination among Chinese young adults: A moderated mediation model. Computers in Human Behavior, doi: 10.1016/j.chb.2018.03.013
Hoetjipto, H. P. (2005). Pengujian validitas konstruk kritiria kecanduan internet. Jurnal Psikologi, 32 (2), 74-91
Huda, M. J. N. (2015). Perbandingan Prokrastinasi Akademik Menurut Pilahan Jenis Kelamin Di Uin Sunan Kalijaga Yogyakarta, 8(2), 423–438.
ITU: Separuh penduduk dunia bisa mengunakan internet (2018). Diakses pada tanggal 25 februari 2020 dari https://www.voaindonesia.com/a/itu-separuh-penduduk-dunia-bisa-gunakan-internet/4693725.html
Jeon, H. Y., Hyun, M. H., & Chun, Y. M. (2011). The characteristic of frontal lobe’s executive function in Internet addiction. The Korean Journal of Health Psychology, 16(1), 215–229
Kandemir, M. (2014). Predictors of Academic Procrastination: Coping with stres, internet addiction and academic motivation. World Applied Sciences Journal, 32(5), 930-938
Kemkominfo. Penguna internet di Indonesia mencapai 82 juta (2014). Diakses dari https://kominfo.go.id/index.php/content/detail/3980/Kemkominfo%3A+Pengguna+Internet+di+Indonesia+Capai+82+Juta/0/berita_satker
Klassen, R. M., Ang, R. P., Chong, W. H., Krawchuk, L. L., Huan, V. S., Wong, I. Y. F., & Yeo, L. S. (2009). A cross-cultural study of adolescent procrastination. Journal of Research on Adolescence, 19(4), 799–811.
Klassen, R. M., Ang, R. P., Chong, W. H., Krawchuk, L. L., Huan, V. S., Wong, I. Y. F., & Yeo, L. S. (2010). Academic procrastination in two settings: Motivation correlates, behavioral patterns, and negative impact of procrastination in Canada and Singapore. Applied Psychology, 59(3), 361–379.
Kristy, D., Z. (2019). Manajemen waktu, dukungan sosial, dan proktrastinasi akademik siswa kelas XI SMA. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 8(1), 49-54.
Kubey, R. W., Lavin, M. J., & Barrows, J. R. (2001). Internet use and collegiate performance decrements: Early findings. Journal of Communication, 51(2), 366–382.
LaRose, R., Connolly, R., Lee, H., Li, K., & Hales, K. D. (2014). Connection overload? A cross cultural study of the consequences of social media connection. Information Systems Management, 31(1), 59–73. doi: 10.1080/ 10580530.2014.854097
Lay, C. H., & Burns, P. (1991). Intentions and behavior in studying for an examination: The role of trait procrastination and its interaction with optimism. Journal of Social Behavior and Personality, 6(3), 605–617.
Machmuroch., Dewiratri T., Kartini. (2014). Hubungan antara kecanduan internet dengan dan defpresi pada mahasiswa pengguna warnet di Kelurahan Jebres Surakarta. Jurnal ilmiah psikologi cabdrajiwa. (3) 76-84
Milgram, N., Dangour, W., & Raviv, A. (1992). Situational and personal determinants of academic procrastination. Journal of General Psychology, 11, 123–133.
Neelapaijit, A., Pinyopornpanish, M., Simcharoen, S., Kuntawong, P., Wongpakaran, N., & Wongpakaran, T. (2018). Psychometric properties of a Thai version internet addiction test. BMC Res Notes. 11(69). https://doi.org/10.1186/s13104-018-3187-y
Nugraha, B. A. (2014). Pengaruh Jiwa Kewirausahaan dan Budaya Keluarga Terhadap Minat Berwirausaha; Studi Kasus pada Mahasiswa UMS Program Pendidikan PKn Angkatan 2012. Surakarta: Universitas Negeri Surakarta.
Prayitno, G., E., Siaputra, I. B., dan Lasmono, H. K. (2013). Validasi Alat Ukur Irrational Procrastination Scale (IPS). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Universitas Surabaya, 2(1)
Purnama, S. S. (2014). Prokrastinasi Akademik (Penundaan Akademik) Mahasiswa Fakultas Ilmu Keolahragaan Universitas Negeri Surabaya. Jurnal BK UNESA, 4(3), 682–692.
Putri, R., (2014). Hubungan Antara Kesepesian dengan kecenderungan kecanduan internet pada mahasiswa unsyiah. SKRIPSI.
Rahmah, M., (2017). Perbedaan prokrastinasi pada mahasiswa ditinjau dari status pernikahan. SKRIPSI
Rahmawati, A. I. N., (2018). Internet Addiction pada Remaja Pelaku Substance Abuse: Penyebab atau Akibat?. Buletin Psikologi. 26(1), 64 – 70
Rizvi, A. P., dan JE. Soetjipto. (1997). Pusat Kendali dan Efikasi Diri sebagai Prediktor terhadap Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Psikologika, 2(3): 51-66.
Rohim, A. A., (2017). Kolerasi antara kecanduan smarphone dengan prokrastinasi akademikpada mahasiswa. Jurnal Psikologi
Rothblum, E., Solomon, L., & Murakami, J. (1986). Affective, cognitive, and behavioral differences between high and low procrastinators. Journal of Counseling Psychology,33, 387–394.
Saddler, C. D., & Buley, J. (1999). Predictors of academic procrastination in college students. Psychological Reports, 84, 686–688.
Samaha, A. A., Fawaz, M., Yahfoufi, N. E., Gebbawi, M., Abdallah,H., Baydoun, S. A., Ghaddar, A. & Eid, A., H. (2018). Assessing the Psychometric Properties of the Internet Addiction Test (IAT) Among Lebanese College Students. Frontiers in Public Health, 6(365)
Sandya, S. N., & Ramadhani, A. (2021). Pengaruh intensitas bermain game online terhadap prokrastinasi akademik mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi, 9 (1), 202-213.
Santrock, J.W. (2008). Perkembangan Anak Jilid II Edisi ke Sebelas. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, S. W. (2003). Psikologi Remaja. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Schraw, G., Wadkins, T., & Olafson, L. (2007). Doing the things we do: a grounded theory of academic procrastination. Journal of Educational Psychology. 99(1), 12–25
Scherer, K. (1997). College life daring : Healthy and unhealthy Internet use. Paper presented at the 104th Annual Meeting of the American Psychological Association, Chicago.
Seki, T., & Inadera, H. (2019). Relationship between internet addiction and depression among Japanese university students. Journal of Affective Disorders.
Shotton, M., A. (1991). The costs and benefits of “computer addiction”. Behav Inf Technol. 1991;10:219–30.
Solehah, S. (2010). Hubungan perfeksionalisme dan regulasi diri dengan prokrastinasi akademik akademik. Universitas Pendidikan Indonesia.
Solihah, S. (2015). Hubungan Perfeksionisme dan Regulasi Diri dengan Prokrastinasi akademik Akademik. Universitas Pendidikan Indonesia.
Solomon, L. J., & Rothblum, E. D. (1984). Academic Procr astination: Frequency and Cognitive-Behavioral Correlates. Journal of Counseling Psychology.31(4), 503- 509.
Steel, P. (2007). The nature of procrastination: A meta-analytic and theoretical review of quintessential self-regulatory failure. Psychological Bulletin, 133(1), 65–94. doi: 10.1037/0033-2909.133.1.65
Steel, P., & Klingsieck, K., B. (2016). Academic Procrastination: Psychological Antecedents Revisited. Australian Psychological Society,51, 36–46
Tice, D. M., & Baumeister, R. F. (1997). Longitudinal study of procrastination, performance, stres, and health: The costs and benefits of dawdling. Psychological Science, 8, 454–458.
Tjundjing, S. (2006) apakah menunda menurunkan prestasi? Sebuah Meta –Analisis. Anima Indonesia Psychological Journal. 22 (1) 17-27
Tuckman, B. W. (1991). The development and concurrent validity of the procrastination scale. Educational and Psychological Measurement, 51, 473–479.
Ursia, N. R., Siaputra, I. B., & Sutanto, N. (2013). Prokrastinasi akademik dan self-control pada mahasiswa skripsi fakultas psikologi Universitas Surabaya. Makara Seri Sosial Humaniora, 17(1), 1-18.
Wesley, J. C. (1994). Effects of ability, high school achievement, and procrastination behavior on college performance. Educational & Psychological Measurement, 54, 404–408.
Widyanto, L., & McMurran, M. (2004). The psychometric properties of the internet addiction test. Cyberpsychology & Behavior. 7(4), 443-450.
Widyastuti, F., S. (2012). Kecanduan Mahasiswa Terhadap Game Daring . Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Wolters, C., A. (2003). Understanding procrastination from a selfregulated learning perspective. Journal of Educational Psychology, 95, 179 –187.
Young, K. S. (1996). Psychology of computer use: XL. Addictive use of the Internet: A case that breaks the stereotype. Psychological Reports, 79(3), 899–902. doi: 10.2466/pr0.1996.79.3.899
Young, K. S. (1998) ―Internet Addiction: The emergence of a new clinical disorder,‖ CyberPsychology & Behavior, 1(3), hal. 237–244.
Young, K. S. & Rogers, R. C. (1998). The relationship between depression and Internet addiction. Cyberpsychology and Behavior, 1, 25-28. doi: 10.1089/cpb.1998.1.25
Young, K. S. (1999). Internet addition: symptoms, evaluation, and treatment. In L Vande Creek & T. Jackson (Eds) innovation in clinical practice: A Source book, 17 (19-31). Sorasota, FL: professional resource
Young, K. S. (2009) ―The Evaluation and treatment of Internet Addiction,‖ The American Journal of Family Therapy. Diedit oleh L. VandeeCreek dan T. Jackson. USA: American Behavioral Scientist, (37), hal. 355–372.
Young, K. S. (2011). Internet Addiction: a handbook and guide to evaluation and treatment.
Yuan, K., Qin, W., Liu, Y., & Tian, J. (2011). Internet addiction: Neuroimaging findings. Communicative & Integrative Biology, 4(6), 637-639. doi: 10.4161/cib.17871
Yung, K., Eickhoff, E., Davis, D. L., Klam, W. P., & Doan, A. P. (2015). Internet addiction disorder and problematic use of Google Glass™ in patient treated at a residential substance abuse treatment program. Addictive Behaviors, 41, 58–60. doi: 10.1016/j.addbeh.2014.09.024
Zulaicha, A., & Sugiasih, I 2010). Hubungan antara kecanduan chatting dengan Prokrastinasi akademik akademik. Semarang Universitas islam sultan agus semarang
DOI: https://doi.org/10.24815/s-jpu.v5i2.27441
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 Seurune : Jurnal Psikologi Unsyiah
Seurune: Jurnal Psikologi Unsyiah published by Program Studi Psikologi Fakultas Kedokteran Universitas Syiah Kuala is licensed under a Lisensi Creative Commons Atribusi-Berbagi Serupa 4.0 Internasional. Based on a work at http://jurnal.usk.ac.id/seurune.