HUBUNGAN MINAT BIDANG STUDI DENGAN MINAT PEKERJAAN SISWA SMK NEGERI 2 BANDA ACEH

Miranda Zensy Raura, Dahliana Abd., M. Husen

Abstract


Abstrak: Minat bidang studi merupakan kecenderungan siswa yang memusatkan perhatian pada suatu bidang studi tertentu, adanya rasa lebih suka serta memiliki rasa ketertarikan terhadap suatu bidang studi di dalam proses belajar mengajar. Proses belajar akan berjalan dengan lancar apabila disertai dengan minat yang tinggi terhadap suatu bidang studi tersebut. Minat bidang studi yang tinggi pada siswa akan membantu dalam mempersiapkan arah pekerjaannya. Jika minat terhadap bidang studi itu besar maka minat terhadap pekerjaannya itu juga akan kuat. Minat mengarah pada arah jurusan, arah pekerjaan dan arah profesi pada siswa. Merujuk pada tujuan penelitian yaitu untuk melihat hubungan antara minat bidang studi dengan pekerjaan, mengetahui minat bidang studi siswa dan mengetahui arah pekerjaan siswa. Metode penelitian ini adalah deskriptif korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Populasi penelitian ini berjumlah 310 siswa, sedangkan sampel 170 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan angket dengan model Rothwell-Miller yang telah dimodifikasi. Analisa data dalam penelitian ini menggunakan analisis korelasi Spearman Rank. Hasil penelitian menunjukkan bahwa minat bidang studi siswa di sekolah sebesar 52,35% yang artinya lebih dari setengah subjek penelitian memiliki minat terhadap bidang studi yang sedang ia jalani saat ini. Penelitian ini menunjukkan adanya hubungan yang positif dan signifikan antara minat bidang studi dengan pekerjaan di SMK Negeri 2 Banda Aceh. Hal ini dibuktikan dengan nilai probabilitas di empat bidang studi < 0,05 dan nilai koefisien korelasi berkisar antara 0,168 – 0,319. Penelitian ini juga menunjukkan pola hubungan yang positif artinya semakin tinggi minat siswa pada bidang studi maka semakin kuat pula arah pekerjaannya. Diharapkan kepada siswa SMP yang ingin masuk ke SMK agar mengetahui dengan jelas bidang studi apa yang ingin dipilih tidak berdasarkan ajakan teman dan paksaan orang tua.

Kata Kunci: Minat Bidang Studi, Minat Pekerjaan

Abstract: Interest in the field of study is a tendency of students who focus on a particular field of study, the sense of preferences and have a sense of interest in a field of study in the learning process. Learning process will run smoothly when accompanied by high interest in a field of study. High student interest will help them in preparing the direction of the work. If the interest in the study is high then the interest in the job will also be strong. Interest leads to the direction of the majors, work and the profession of the students.  The purpose of this research is to see the relationship between interests in the field of study with the work, to investigate the interest of student field of study and to know the direction of student work. This research method was descriptive correlational with quantitative approach. Population in this study was the students of class X which amounted to 300 students, while the sample amounted to 170 students. Data collection techniques were conducted by questionnaire with modified Rothwell-Miller model. Data analyzed by using Sperman Rank correlation. The result showed that students interest toward the field of study in that school was 52,35%, it meant a half of sample that being the research subject had a great interest in the field of study that was currently undergoing. This research also indicated that the positive and significant relationship between the interest in the field of study and the work at SMKN 2 Banda Aceh. It was evidenced by the probability value in the four study areas < 0, 05 and the correlation coefficient value ranged from 0,168-0,319. This study also showed that a positive relationship pattern that meant if the students’ interest in the field of study was higher, then the direction of the work was also getting stronger. We are expected to SMP students who want to school in SMK to determine clearly what field of study you want to choose which is not based on friends and coercion of parents. 

Keywords: Interest in the Field of Study, Work


Full Text:

PDF

References


Al-Mighwar, Muhammad. 2006. Psikologi Remaja. Bandung: Pustaka Setia.

Chaplin, J.P 2006. Kamus Lengkap Psikologi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Djamarah, Syaiful Bahri. 2008. Psikologi Belajar. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Emzir. 2011. Metodelogi penelitian pendidikan: kuantitatif & kualitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Hurlock, Elizabeth B. 1991. Psikologi Perkembangan Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Erlangga.

Irham, Muhammad. 2013. Psikologi Pendidikan (Teori dan Aplikasi dalam Proses Pembelajaran). Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Munandir. 1996. Program Bimbingan Karir Di Sekolah. Jakarta: Proyek Pendidikan Tenaga Akademik.

Nazir, Moh. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia

Notoatmodjo, Soekodjo. 2002. Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT. Rineka Cipta

Noor, Juliansyah. 2013. Metodologi Penelitian. Skripsi, Tesis, Disestasi dan Karya Ilmiah. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Ruswandi, 2013. Psikologi Pembelajaran. Bandung: CV Cipta Pesona Sejahtera.

Rohmah, Noer. 2012. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: Teras.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya.Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2004. Landasan Psikologi Proses Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya Offset.

Sumiwi, Carolina Maria Arinta Ratri. 2016. Hubungan Minat Terhadap Pekerjaan dengan Kepuasan Kerja Pada Karyawan PT. Pamblo Pemalang. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Semarang: Fakultas psikologi. Universitas Katolik Soegijapranata.

Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Wibowo, Hanung. 2013. Pengaruh Minat Pemilihan Program Keahlian dan Keadaan Ekonomi Keluarga Terhadap Motivasi Belajar siswa Kelas X SMK Muhammadiyah 1 Bantul. Skripsi (Tidak Diterbitkan). Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala