PENGGUNAAN SENAM OTAK DALAM MENINGKATKAN KONSENTRASI BELAJAR SISWA SD NEGERI ATEUK ACEH BESAR
Abstract
Abstract: Concentration in learning is the most important aspect that must be owned by students in achievement. Without concentration, learning will not work optimally. The purpose of this study was analyzed the influence of brain gymnastics on student learning concentration. To obtain the data, researcher applied a quantitative form of pre-experimental teaching with one group pretest and post test design model. The population of this study was the students of Ateuk Elementary School with consist of class IV, V and VI. The sample was selected by using grid concentration exercise (Harris and Bette L. Harris). The result of this exercise was analyzed by using norms of concentration test scores and obtains 30 students with very low concentrations. The selected sample received 12 sessions of treatment for brain gymnastics. Data analysis using paired sample t-test, and then obtained the result of Sig. value (2-tailed) is 0,000 or probability below 0.05 (0.000 <0.05), it means that there is a significant differences between the value of pre-test and post-test students after given treatment of brain gymnastics that is 18,933> 3,733. In addition, data analysis also done by using effect size and the result there is a large effect (large effect) on increasing student concentration. The result of hypothesis testing shows that H0 is rejected. Finally, based on these results, researchers recommend to teachers that students to brain exercises before learning process begin in class.
Keywords: Brain gymnastics, learning concentration
Abstrak: Konsentrasi belajar merupakan aspek terpenting yang harus dimiliki siswa dalam meraih prestasi. Tanpa adanya konsentrasi maka belajar tidak akan berjalan secara optimal. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh senam otak terhadap konsentrasi belajar siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif bentuk pre-eksperiment dengan model one group pre-test and post test design. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IV, V dan VI di SD Negeri Ateuk Aceh Besar. Penarikan sampel dilakukan dengan tes konsentrasi (grid concentration exercise) oleh Harris and Bette L. Harris. Hasil tes konsentrasi kemudian dianalisis menggunakan norma penilaian tes konsentrasi dan memperoleh 30 siswa dengan konsentrasi sangat rendah dan rendah. Sampel yang dipilih mendapatkan 12 sesi treatment senam otak. Analisis data menggunakan paired sampel t-test, maka diperoleh hasil nilai Sig. (2-tailed) adalah 0,000 atau probabilitas di bawah 0,05 (0,000 < 0,05). Artinya terdapat perbedaan rata-rata yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test siswa setelah diberikan treatment senam otak yaitu 18,933>3,733. Selain itu analisis data juga dilakukan dengan menggunakan effect size dan hasilnya terdapat efek yang besar (large effect) terhadap peningkatan konsentrasi siswa. Hasil pengujian hipotesis menunjukkan bahwa Ho ditolak. Berdasarkan hasil tersebut maka peneliti merekomendasikan kepada guru untuk mengintruksikan siswa melakukan senam otak sebelum memulai pelajaran di kelas.
Kata kunci: Senam otak, konsentrasi belajar
Full Text:
PDFReferences
Aviana, Ria. Fatichatul, Fitria Hidayah. 2015. Psikologi Umum. Jakarta: Salemba Humanika. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Upaya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Muhammaddiyah Semarang 3 (01).
Diana, Sulis. Adisty, Ferilia. Meftcha, Elyana. 2017. Stimulasi Perkembangan Anak Paud 1. Surakarta: CV Keukata Group.
Hanum, Aprilia Wardoyo. Mahmudiono, Trias. 2013. Hubungan Makan Pagi dan Tingkat Konsumsi Zat Gizi dengan Daya Konsentrasi Siswa Sekolah Dasar. Media Gizi Indonesia. 9 (1): 49:53.
Jockson, Sherri L. 2006. Research Methods and Statistics. Wadsworth/ Thomson Learning: USA.
Malawi, Ibadullah. Tristiar AA. 2013. “Pengaruh Konsentrasi dan Kemampuan Berpikir Kritis Terhadap Prestasi Belajar IPS Siswa Kelas V SDN Manisrejo I Kabupaten Magetan” (on-line), di
(http://download.portalgaruda.org/article.php?article=359800&val=8251&title=pengaruh%20konsentrasi%20dan%20kemampuan%20berpikir%20kritis%20terhadap%20prestasi%20belajar%20ips%20siswa%20kelas%20v%20sdn%20manisrejo%20i%20kabupaten%20magetan). pada 7 April 2017.
Nunung, Krisna Ernawati. 2015. Pengaruh Senam Otak Terhadap Tingkat Konsentrasi Mahasiswa. Jurnal Kesehatan Hesti Wira Sakti, 3 (3): 69-74.
Nuryana, Aryati. Purwanto, Setiyo. 2010. Efektivitas Brain Gym dalam Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Anak. Jurnal Ilmiah Berkala Psikologi, 12 (1): 88-99.
Puspaningrum, Qodriannisa. 2013. Pengaruh latihan Meditasi OtentikTerhadap Peningkatan Konsentrasi Latihan Universitas Pendidikan Indonesia (on-line), (http://repository.upi.edu/157/6/S_IKOR_0809148_CHAPTER%203.pdf)., diakses pada 7 April 2017.
Sangkanparan, Hartono. 2010. Dahyatnya Otak Tengah. Jadikan Anak Anda Cerdas Saat Ini juga. Jogjakarta: Visimedia.
Suci, Erlina Astuti. Wahyuningsih. Warastuti, Wydia. 2014. Pengaruh Stimulasi Motorik Halus Terhadap Daya Konsentrasi Belajar Anak Usia Prasekolah. Jurnal Ilmu Pendidikan XX (2): 233-237.
Suryabarata. 2011. Metodelogi Penelitian. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Surya, Hendra. (2009). Menjadi Manusia Pembelajar. Jakarta: Elek Media Komputindo.
DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v3i1.14156
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN: 2407-5809
E-ISSN: 2714-5484
Diterbitkan Oleh:
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Universitas Syiah Kuala