PENGEMBANGAN MODUL PENDIDIKAN SEKS UNTUK ANAK USIA DINI (4-6 TAHUN)

Nuning Irhamna, Syaiful Bahri, Fajriani Fajriani

Abstract


Abstract: Education is a foundation for a nation for the future of the nation to become more developed and develop better. One of the important education to be taught early to children is sex education. The provision of sex education serves to prevent the occurrence of violence and sexual harassment which has been rampant among children and one of the educational media for teachers in implementing sex education learning that is still common is understood by teachers. The application of sex education in Indonesia is still relatively new, which causes a lack of teaching materials that can be used. This study aims to develop a learning medium in the form of a sex education module for AUD that is suitable for use by teaching staff as teaching material. The approach used in this research is mixed methods. The type of research used is the research method used in this study is the method of research and development (reserch & development). Subjects in this study were material experts, media experts, educators. Data collection tools used in the form of validation sheets to obtain validator assessment or experts. Before the module was applied, product validation was carried out to 3 media experts and 3 material experts who produced conclusions from the material aspects with good or good categories and from the media aspect produced conclusions with good or good categories. To see the teaching staff's response to the early childhood sex education module was carried out by using the FGD method to 10 AUD educators that resulted in the module being very suitable to be applied to early childhood to recognize their identity.

Keywords: Module, Sex Education, Early Childhood

Abstrak: Pendidikan merupakan suatu landasan pijakan bagi suatu bangsa demi keberlangsungan masa depan bangsa menjadi lebih maju dan berkembang menjadi lebih baik. Salah satu pendidikan yang penting untuk di ajarkan sejak dini kepada anak adalah pendidikan seks. Pemberian pendidikan seks berfungsi untuk mencegah terjadinya kekerasan dan pelecehan seksual yang selama ini marak terjadi di kalangan anak-anak dan salah satu media edukasi bagi guru dalam menerapkan pembelajaran pendidikan seks yang masih awam dipahami oleh para guru. Penerapan pendidikan seks di Indonesia masih terbilang baru, yang menyebabkan masih kurangnya bahan ajar yang bisa digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan sebuah media pembelajaran yakni berupa modul pendidikan seks bagi AUD yang layak digunakan oleh tenaga pendidik sebagai bahan ajar. Pendekatan yang digunakan dalam penilitian ini adalah mixed methods. Jenis penelitian yang digunakan adalah metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian dan pengembangan (reserch & development). Subjek dalam penelitian ini adalah ahli materi, ahli media, tenaga pendidik. Alat pengumpul data yang digunakan berupa lembar validasi untuk memperoleh penilaian validator atau para ahli. Sebelum modul diterapkan dilakukan validasi produk kepada 3 orang ahli media dan 3 orang ahli materi yang menghasilkan kesimpulan dari aspek materi dengan kategori layak atau baik dan dari aspek media menghasilkan kesimpulan dengan kategori layak atau baik. Untuk melihat tanggapan tenaga pendidik terhadap modul pendidikan seks anak usia dini dilakukan dengan menggunakan metode FGD kepada 10 orang tenaga pendidik AUD yang menghasilkan bahwa modul sangat sesuai untuk diterapkan kepada anak usia dini untuk mengenali identitas dirinya.

Kata Kunci: Modul, Pendidikan Seks, Anak Usia Dini


Full Text:

PDF

References


Aceh Bisnis. (2017). Pelecehan Seksual Anak terus Meningkat, Aceh Utara Tertinggi. https://www.acehbisnis.co/2017/11/13/pelecehan-seksual-terhadap-anak-terus-meningkat-aceh-utara-tertinggi/ (Online) diakses pada tanggal 5 Januari 2018

Ali, M. (1993). Strategi Penelitian Pendidikan. Bandung: Angkasa

Bahri, S. & Fajriani. (2015). Suatu kajian awal terhadap tingkat pelecehan seksual di aceh. Jurnal Pencerahan, 9(1).

Dale, E. (1969). Belajar untuk Hidup: Pendidikan Hari Ini dan Hari Esok, Jakarta: Bhatara Karya Aksara.

Hendrian, D. (2016). KPAI: Pelecehan Seksual pada Anak Meningkat 100%. http://www.kpai.go.id/berita/kpai-pelecehan-seksual-pada-anak-meningkat-100/ (Online) diakses pada tanggal 10 November 2017

Kasmini, L. Rita Novita & Nurul Fajriah. (2016). Desain Pembelajaran Pendidikan Seks Bernuansa Islami Untuk Anak Usia Dini. Banda Aceh: Bandar Publishing

Kursisti, P. (2016). Studi Deskriptif Mengenai Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Dari Perspektif Pendidik Paud. Jurnal Insihgt, 12 (2) : 1-20

Mukti, A. (2016). Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini Perspektif Islam. Jurnal Harkat: Media Komunikasi Gender, 12(2).

Nasution. (2003). Metode Research. Jakarta : PT. Bumi Aksara

Priyatna, M. (2017). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal. Edukasi Islami: Jurnal Pendidikan Islam, 5(10).

Rasyid, M. (2013) Pendidikan Seks, Mengubah Seks Abnormal Menuju Seks yang Lebih Bermoral. Semarang: Dwitama Asrimedia

Ratnasari, R. F., & Alias, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Tarbawi Khatulistiwa, 2(2).

Rifani, T. (2014). Konsep pendidikan seks dalam perspektif fikih(Doctoral dissertation, UIN Walisongo).

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kulaitatif dan R&D). Bandung: Alfabehta

Sujadi. (2003). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta. Rineka cipta

Sungkono. (2003). Pengembangan Dan Pemanfaatan Bahan Ajar Modul Dalam Proses Pembelajaran. Makalah Yogyakarta: FIP UNY

Suparman, M. A. (2012). Panduan para pengajar & inovator pendidikan desain instruksional modern. Jakarta: Erlangga.

Surtiretna, N. (2001). Bimbingan Seks Bagi Remaja. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Widodo, CS, & Jasmani. (2008). Panduan menyusun bahan ajar berbasis kompetensi. Jakarta:

Alex Media Komputindo.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala