PENGEMBANGAN MEDIA DAGDUSI DANCER (DADU GAMBAR DUA DIMENSI DAN CERMIN) UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA

Rizka Masfurah, Syaiful Bahri, Fajriani Fajriani

Abstract


Abstract: Low level of self-confidence can pose major obstacles in carrying out daily activities, therefore needs to be solved. Among many techniques to improve self-confidence, the use of media need to be assess. Meanwhile the media developed to solve emotional problems experienced by students in school was very little, therefore this research aimed to developed a new media by the name Dagdusi Dancer which is a cube consist of three sides of the mirror and three-sided two-dimensional images (perceptual images) aimed to improve students' self-confidence. This study aimed to explain the development of the media, included to trial stage conducted to 31 students whose level of confidence is in the low category at SMAN 1 Unggul Darul Imarah, Lampeuneurut Aceh Besar. The method used in research using Research and Development (R & D) approach with 4D. The result of data analysis using Wilcoxon Matched Pairs Test concluded that the use of the Dagdusi Dancer able to change the negative perceptions of students to be positive so that students became more confident. 

Keywords: media dagdusi dancer, self-confidence, perceptions. 

Abstrak: Rendahnya percaya diri dapat menimbulkan hambatan besar dalam menjalankan kegiatan sehari-hari sehingga perlu diatasi. Diantara banyak cara untuk meningkatkan harga diri, penggunaan media sebagai perantara perlu untuk diselidiki. Media yang berkembang sangat sedikit untuk menuntaskan permasalahan-permasalahan yang dialami oleh siswa di sekolah, oleh karena itu dikembangkanlah sebuah media baru bernama Dagdusi Dancer yang ditujukan untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan tahapan pengembangan media dagdusi dancer termasuk uji coba pada 31 siswa yang tingkatan percaya diri berada pada kategori rendah di SMAN 1 Unggul Darul Imarah, Lampeuneurut Aceh Besar. Metode yang digunakan dalam penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model 4D. Hasil uji coba pada siswa dengan analisis data uji Wilcoxon Matched Pairs Test diperoleh kesimpulan bahwa media Dagdusi Dancer mampu merubah persepsi negatif siswa menjadi positif sehingga siswa menjadi lebih percaya diri.

Kata kunci: Media Dagdusi Dancer, Kepercayaan Diri, Persepsi


Full Text:

PDF

References


Arikunto,S. & Jabar, C.S.A. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Bumi Aksara. Jakarta.

Astuti, Y. & Setiawan, B. (2013). Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Pendekatan Inkuiri Terbimbing dalam Pembelajaran Kooperatif pada Materi Kalor. Jurnal Pendidikan IPA. JPII 2 (1), 88-92.

Fiorentika, K., Santoso, D. B., & Simon, I. M. (2016). Keefektifan Teknik Self-Instruction untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa SMP. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 1(3), 104-111.

Nainggolan, T. (2017). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Kecemasan Sosial Pada Pengguna Napza: penelitian di balai kasih sayang parmadi siwi. Sosio Konsepsia, 16(2), 161-174.

Purwanto, N. (2004). Ilmu Pendidikan Anak Usia Dini. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Rabitha, D. (2004). Efek Metode Berbicara Didepan Cermin Terhadap Self Confidence Berpidato Di Depan Umum. Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.

Rahayuningdyah, E. (2016). Upaya Meningkatkan Kepercayaan Diri Melalui Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Kelas VIII D Di SMP Negeri 3 Ngrambe. JIPE. I(2),1-14.

Sudijono, A. (2011). Pengantar Evaluasi pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana. (2010). Metode Statistika, Bandung: Tarsito.

Supardi, U. (2015). Arah pendidikan di Indonesia dalam tataran kebijakan dan implementasi. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 2(2).

Syam, A., & Amri, A. (2017). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5(1), 87-102.

Tawalujan, A. E., Kundre, R., & Rompas, S. (2018). Hubungan bullying dengan kepercayaan diri pada remaja di SMP Negeri 10 Manado. Jurnal Keperawatan, 6(1).

UU No. 20 Tahun 2003 Bab 1 Pasal 1 Tentang Pendidikan Nasional




DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v3i2.14164

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala