STUDI PENELUSURAN ALUMNI BIMBINGAN DAN KONSELING LULUSAN TAHUN 2014-2016

Windria Riska, M. Husen, Martunis Yahya

Abstract


Abstract: Tracing alumni is important as a form of self-evaluation of an educational institution. The tracing of alumni conducted in this study was the alumni of the Guidance and Counseling Study Program Syiah Kuala University graduating in 2014-2016. This study aims to find out: the waiting period of alumni in getting a job, suitability of work with the background of the field of study, alumni income, obstacles faced during previous learning, and user responses. The study was conducted on 71 samples (35%) of 205 populations. The method used is a quantitative descriptive approach with data collection tools using a questionnaire. The results showed that: 68% of alumni had a waiting period to get their first job in less than 3 months, 60% had jobs in accordance with the field of education with the percentage working as BK teachers by 39%, and 68% earning less than Rp. 2,500.000. Alumni admit that they experienced some obstacles during the bachelor learning, including having low motivation in learning, lack of concentration in learning, feeling less confident in their performance in class, and other obstacles. The response of graduate users to the performance of more than half the number of alumni namely regarding aspects of integrity, professionalism, breadth of insight, leadership, teamwork, use of IT, and self-development are already in the good category, while for aspects of ability in Foreign languages (especially English) still are in the sufficient category.

Keywords: Tracer Study, Guidance and Counseling Alumni.

 

Abstrak: Penelusuran alumni penting sebagai salah satu bentuk evaluasi diri sebuah institusi pendidikan. Penelusuran alumni yang dilakukan dalam penelitian ini adalah alumni Program Studi Bimbingan dan Konseling Universitas Syiah Kuala Tahun lulus 2014-2016. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) masa tunggu alumni dalam mendapatkan pekerjaan, (2) kesesuaian pekerjaan dengan latar belakang bidang studi, (3) penghasilan alumni, (4) kendala yang dihadapi alumni selama masa perkuliahan, dan (5) tanggapan pengguna lulusan. Penelitian dilakukan terhadap 71 sampel (35%) dari 205 jumlah populasi. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif kuantitatif dengan pengumpulan data menggunakan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 68% alumni memiliki masa tunggu mendapatkan pekerjaan pertama dalam waktu kurang dari 3 bulan, 60% memiliki pekerjaan yang sesuai dengan bidang pendidikan dengan persentase yang bekerja sebagai guru BK sebesar 39%, serta 68% mendapatkan penghasilan kurang dari Rp 2.500.000. Alumni mengakui mengalami beberapa kendala selama masa perkuliahan antara lain memiliki motivasi yang rendah dalam belajar, konsentrasi belajarnya kurang, merasa kurang percaya diri dalam unjuk diri di kelas, dan kendala yang lainnya. Tanggapan pengguna lulusan terhadap kinerja lebih dari setengah jumlah alumni yaitu mengenai aspek integritas, profesionalisme, keluasan wawasan, kepemimpinan, kerjasama tim, penggunaan IT, dan pengembangan diri sudah berada pada kategori baik, sedangkan untuk aspek kemampuan dalam berbahasa Asing (khususnya bahasa Inggris) masih berada dalam kategori cukup.

Kata kunci: penelusuran alumni, bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Bakhtiar, M. I., & Latif, S. (2017). Tracer study alumni: Upaya pengembangan prodi bimbingan konseling universitas negeri makassar. Jurnal Kajian Bimbingan dan Konseling, 2(1), 32-40.

Chandra, R., Renny, R., & Ruhama, S. (2014). Pengembangan sistem e-tracer study pada Perguruan Tinggi. Konferensi Nasional Sistem Informasi 2014, 394-398.

Fitri, A. (2010). Hubungan Motivasi dengan Lamanya Masa Tunggu Kerja pada Lulusan Fakultas Keperawatan USU Periode 2008 dan 2009. USU. (http://text-id.123dok.com/document/wq2m512y-hubungan-motivasi-dengan-lamanya-masa-tunggu-kerja-pada-lulusan-fakultas-keperawatan-usu-periode-2008-dan-2009.html). diakses tanggal 10 April 2017.

Irawan, P. 2007. Penelitian Kualitatif dan kuantitatif untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Depok: Departemen Ilmu Administrasi FISIP UI.

Nuroso, H., Khoiri, N., Saptaningrum, E., & Siswanto, J. (2008). Studi Penelusuran Alumni Jurusan Pendidikan Fisika IKIP PGRI Semarang Untuk Menyempurnakan Kurikulum Berdasarkan Kebutuhan Di Lapangan (Pasar Kerja). Media Penelitian Pendidikan: Jurnal Penelitian dalam Bidang Pendidikan dan Pengajaran, 2(2).

Riskinandini, R. (2006). Kajian Analisis Konjoin dan Penerapannya pada Preferensi Mahasiswa Tingkat Akhir IPB Terhadap Pekerjaan. Skripsi. Institut Pertanian Bogor. Tidak diterbitkan.

Sastrohadiwiryo, S. (2007). Manajemen Tenaga Kerja Indonesia. Jakarta: Bumi Aksara.

Setiawan, B dan Muntaha, A. (2000). Metode Penelitian Komunikasi II. Jakarta: Pusat Penerbitan UT.

Somantri, M. N. (2001). Menggagas Pembaharuan Pendidikan IPS, Bandung. Penerbit PT Remaja Rosdakarya.

Sudjana, N. (2001). Penelitian dan Penilaian Pendidikan. Bandung: Sinar Baru.

Sutiyoso, B. (2009). Metode Penemuan Hukum, Upaya Mewujudkan Hukum yang Pasti dan Berkeadilan. Jogjakarta: UII Pres.

Syafila, M. (2005). Tracer Studi. Bandung: Direktorat Pendidikan ITB.

Syamsudin, A.R. & Damiyanti, V. S. (2011). Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v3i2.14304

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala