Layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik konseling self-management untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik (Sebuah rancangan awal penelitian pre-eksperimen)

Ariyana Rustam, Anaway Irianti Masyur, Wirda Hanim, Happy Karlina Marjo

Abstract


Tugas seorang pelajar ialah belajar yang meliputi mengerjakan tugas-tugas dengan sungguh-sungguh, bertanggung jawab, dan mengumpulkan tugas tepat waktu. Namun, fenomena yang terjadi, para pelajar cenderung menunda-nunda mengerjakan tugas, lebih menyukai kegiatan bersenang-senang dan menyelesaikan tugas dekat dengan deadline. Fenomena ini dikenal dengan istilah prokrastinasi akademik yaitu fenomena menunda-nunda dalam menyelesaikan tugas akademik serta perilaku ini memberikan dampak negatif bagi siswa seperti siswa sulit mencapai kesuksesan di bidang akademiknya. Melalui rancangan awal penelitian ini, penulis mencoba untuk mereduksi perilaku prokrastinasi akademik dengan menerapkan teknik konseling self-management karena teknik ini melibatkan perubahan perilaku, melatih perilaku bertanggung jawab dan melatih kemandirian pada siswa. Teknik ini menggunakan pendekatan behavioral dengan tujuan membentuk perilaku positif dan mengeliminasi perilaku negative pada konseli. Metode penelitian yang digunakan ialah design pra-eksperimen menggunakan metode pretest dan posttest dengan one group control. Teknik analisa data pertama yang digunakan ialah rumus norma kategori untuk menentukan tingkat kriteria perilaku prokrastinasi akademik. Kedua, peneliti menggunakan uji Sign-Test untuk tingkat skor perubahan perilaku antara sesudah dan sebelum treatment diberikan. Pelaksanaan penelitian ini meliputi tiga tahapan yaitu persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi. Adapun responden pada penelitian ini ialah mahasiswa jurusan Bimbingan Konseling S1 Universitas Negeri Jakarta.

Full Text:

PDF

References


A, Syaiful Indra, dkk. 2015. Efektivitas Team Assisted Individualization Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik. Jurnal Edukasi. Vol 1, Nomor 2.

Aini, Aliya Noor & Iranita Hervi Mahardayani. 2011. Hubungan Antara Kontrol Diri Dengan Prokrastinasi Dalam Menyelesaikan Skripsi Pada Mahasiswa Universitas Muria Kudus. Volume I, No 2.

Alfina, Irma. 2014. Hubungan Self-Regulated Learning Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Akselerasi (SMA Negeri 1 Samarinda). Journal Psikologi. Vol.2 No.2.

Andayani, Tri Rejeki dkk. 2011. Model Pembelajaran Regulasi Diri Untuk Menurunkan Prokrastinasi Akademik Pada MAhasiswa. Vol 3. No 2.

Ardila, Yuwinda, dkk. 2017. Penerapan Teknik Modeling Simbolik Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial Siswa Di MTsN Model Banda Aceh. Jurnal Bimbingan Konseling Unsyiah. Vol 2, No 3.

Aswida, Wela, dkk. 2012. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol. 1, No 1.

Chornelia, Ayu. 2013. Pengaruh Stres Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa SMP Katolik Wignya Mandala Tumpang-Malang. Psikovidya Volume 17 Nomor 1.

Cinthia, Rindita Ratu & Erin Ratna Kustanti. 2017. Hubungan Antara Konformitas Dengan Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa. Jurnal Empati, April 2017 Volume 6 (Nomor 2).

Cholik, Abdul. 2014. Sepuluh Tugas Pelajar. Harian Analisa. http://harian.analisadaily.com/taman-remaja-pelajar/news/10-tugas-pelajar/61638/2014/09/07 (diakses pada 23 Desember 2018).

Dietz, Franziska. 2007. Individual Values, Learning Routines And Academic Procrastination. British Journal of Educational Psychology. 77.

Fauziah, Hana Hanifah. 2015, Fakor-Faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik pada Mahasiswa Fakultas Psikologi UIN SGD Bandung. Psympathic, Jurnal Ilmiah Psikologi Vol. 2, No. 2, Hal: 123 – 132.

Ferrari, Joseph R. & Catherine A. Roster. 2017. Delaying Disposing: Examining the Relationship between Procrastination and Clutter across Generations. Psychological Reports.

Gladding, Samuel. T. (1995). Group Work A Counseling Specialty. United States of America: Prentice Hall Inc.

Harriott, Jesse. 1996. Prevalence Of Procrastination Among Samples Of Adults’. Psychological Reports. 78.

Indah, Putri Sari. 2012. Hubungan Prokrastinasi Akademik Dengan Ketidakjujuran Akademik Pada Mahasiswa Psikologi UIN Suska Riau. Jurnal Psikologi. Volume 8. Nomor 1.

Isparjadi. 1988. Statistik Pendidikan. Jakarta: Depdikbud, Dikti: P2LPTK.

Julyanti, Miranda & Siti Aisyah. 2015. Hubungan Antara Kecanduan Internet Dengan Prokrastinasi Tugas Sekolah Pada Remaja Pengguna Warnet Di Kecamatan Medan Kota. Jurnal Diversita. Volume 1, Nomor 2.

Kartadinata, Iven. 2008. I Love You Tomorrow: Prokrastinasi Akademik dan Manajemen Waktu. Indonesian Psychological Journal Vol. 23. No. 2.

Kennett, Deborah J. 1994. Academic self-management counselling: Preliminary evidence for the importance of learned resourcefulness on program success.

Kusdiyati, Sulisworo. 2011. Penyesuaian Diri Di Lingkungan Sekolah Pada Siswa Kelas XI Sma Pasundan 2 Bandung. Jurnal Humanitas. Vol. VIII No.2.

Komalasari, Gantina Dkk. (2011). Teori Teknik Konseling, Jakarta: Indeks. Gunarsa.

Klingsieck, Katrin B. 2013. Procrastination in Different Life-Domains: Is Procrastination Domain Specific?. Curr Psychol (2013) 32:175–185.

Mujiyati, 2015. Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa Melalui Teknik Token Economy. Jurnal Fokus Konseling Volume 1 No. 2.

Nurhayati. 2015. Teknik Desentisasi Sistematis Untuk Menurunkan Kecemasan. Skripsi. Pustaka Universitas Syiah Kuala.

Novianti, Yoanda Putri. 2014. Penerapan Teknik Self Control Untuk Mengurangi Perilaku Prokrastinasi Akademik Siswa Kelas Xi Ips 5 SMA Hang Tuah 2 Sidoarjo. Vol 4. No 3.

Rumiani. 2006. Prokrastinasi Akademik Ditinjau Dari Motivasi Berprestasi Dan Stres Mahasiswa. Jurnal Psikologi. Vol.3. No. 2.

Sari, Media dkk. 2017. Motivasi Berprestasi Dan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Volume 5. No 2.

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif & RND. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif . Bandung: Alfabeta.

Suhardita, Kadek. 2011. Efektivitas Penggunaan Teknik Permainan Dalam Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Percaya Diri Siswa. Jurnal Edisi Khusus.

Specter & Ferrari, Joseph. R. 2000. Procrastination Current Issues And New Directions. Select Press. Corte Madera.

Setyadi, Pratiwi & Endah Mastuti. 2014. Pengaruh Fear Of Failure Dan Motivasi Berprestasi Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa Yang Berasal Dari Program Akselerasi. Jurnal Psikologi Kepribadian dan Sosial Vol.03 No. 01.

Syamsuddin, dkk. 2011. Metode Penelitian Pendidikan Bahasa. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tondok, Anima Marselius Sampe, dkk. 2008. Prokrastinasi Akademik dan Niat Membeli Skripsi. Indonesian Psychological Journal. Vol. 24, No. I.

Ursia, Nela Regar, dkk. 2013. Prokrastinasi Akademik dan Self-Control pada Mahasiswa Skripsi Fakultas Psikologi Universitas Surabaya. Jurnal Sosial Humaniora. Vol.1. No 17.

Utaminingsih, Sartika. 2012. Tipe kepribadian dan prokrastinasi akademik pada siswa sma ”x” tangerang. Jurnal Psikologi Volume 10 Nomor 1.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003. (Diakses pada tanggal 14-November-2018).

Wijaya, Candra Adi. 2016. Penerapan Konseling Kelompok Dengan Strategi Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Verbal Pada Siswa Kelas VIII Di SMPN 2 Dlanggu Mojokerto. Vol 6, No 1.

Zakiyah, Naili Dkk. 2010. Hubungan Antara Penyesuaian Diri Dengan Prokrastinasi Akademik Siswa Sekolah Berasrama Smp N 3 Peterongan Jombang. Jurnal Psikologi Undip Vol. 8, No.2.

Zamroni, Edris, & Susilo Rahardjo.2011. Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang. Vol. 1 No.1




DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v4i2.15329

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala