Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Anak Usia Dini
Abstract
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji bagaimana kemampuan berpikir tingkat tinggi (HOTS) pada anak usia dini. Pendidikan dimulai sejak anak usia dini dan mulai memasuki fase masa kanak-kanak awal, dimana pada masa ini anak sedang dalam masa pembentukan optimalisasi fungsi otak. Pendampingan yang dapat diberikan oleh guru ataupun orangtua selama proses pembelajaran dilakukan adalah mengenali fase perkembangan yang dijalani anak. Salah satu fase yang akan dijalani anak adalah fase pembentukan kognitif. Optimalisasi fase kognitif dapat dilakukan menerapkan cara pembelajaran dengan melibatkan proses berpikir kritis. Pendekatan pola pembelajaran berpikir kritis yang dapat dijalankan adalah salah satunya dengan menerapkan pembelajaran Higher Order Thinking Skill (HOTS). Penerapan pendekatan HOTS dianggap sebagai pendekatan yang efektif dalam menumbuhkan proses berpikir kritis yang berbasis pada fitrah dan tugas perkembangan yang sedang dijalani anak. Jenis metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode studi kepustakaan atau yang kerap disebut dengan library research, yaitu peneliti menggunakan literatur pustaka sebagai bahan kajian penulisan. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan mengumpulkan bahan-bahan dari sumber tertulis. Selain dengan sumber tertulis,pengumpulan datanya juga dapat didukung dengan studi dokumentasi, video, foto dan sumber data lainnya yang dapat menunjang serta memperkuat kajian teori dan penelitian yang dilakukan. Melatih kemampuan berpikir kritis anak usia dini dengan metode HOTS dapat mengembangkan karakter anak seperti mampu menyiapkan diri dalam menghadapi tugas perkembangan selanjutnya, kemudian anak dapat menyelesaian masalah kehidupannya secara bijak dan menyiapkan anak untuk menghadapi tuntutan abad 21 yang mengharuskan manusia memiliki kemampuan berpikir kritis, interaksi yang baik, kreatif serta inovatif sehingga dapat menyesuaikan diri dengan pergerakan dunia.
Keywords: Anak Usia Dini, Perkembangan Kognitif, HOTS
Full Text:
PDFReferences
Ariesta, F. W. (2018, November 23). Mengintegrasikan Higher Order Of Thinking Skill (HOTS) Pada Pembelajaran Sains Di SD. Retrieved from Binus Faculty of Humanities: https://pgsd.binus.ac.id/2018/11/23/mengintegrasikan-higher-order-of-thinking-skill-hots-pada-pembelajaran-sains-di-sd/
Al-mubaid, H. (2016). Critikal Thingking In Early Chilhood: Inquiring Minds Want To Know. The Journal of Adventist Education, March, 14–17. http://jae.adventist.org
Chandio, M. T., Pandhiani, S. M., & Iqbal, S. (2016). Bloom’s Taxonomy: Improving Assessment and Teaching-Learning Process. Journal of Education and Educational Development, 3(2), 203. https://doi.org/10.22555/joeed.v3i2.1034
Jean, W. L., & Jiar, Y. K. (2015). Critical Thinking Skills in early years. Semantics Scholar, 1(1), 1–13.
Joseph, L. L. (2004). Young Children Continue To Reinvent Arithmetic. New York: Teachers College Press.
Melo León, J. (2015). A Baseline Study of Strategies to Promote Critical Thinking in the Preschool Classroom. GiST Education and Learning Research Journal, 10(10), 113–127. https://doi.org/10.26817/16925777.270
Mila, R. T. (2016). No The Assessment Of Critical Thinking Skill For Early Age Children Based On Criterion Referenced And Norm Referenced Interpretation. 5(June), 50061.
Nachiappan, S., Osman, R., Masnan, A. H., Mustafa, C., Hussein, H., & Suffian, S. (2019). The Development Of Preschools’ Higher Order Thinking Skills (HOTs) Teaching Model towards Improving the Quality of Teaching. International Journal of Academic Research in Progressive Education and Development, 8(2), 39–53. https://doi.org/10.6007/IJARPED/v8-i2/5601
Nachiappan, S., Julia, I. P., Abdullah, N., Chandra, S., Sehgar, Suffan, S., & Sukri, N. A. (2019). Pelaksanaan Kemahiran Berfikir Aras Tinggi Oleh Guru Dalam Pengajaran dan Pembelajaran Di Tadika. Jurnal Pendidikan Awal Kanak-Kanak Kebangsaan, 8, 22. http://ejournal.upsi.edu.my/index.php/JPAK
Santrock, J. W. (2007). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Seifer, S. (2018). Hots Skill Developing Higher Order Thinking In Young Learnings. Yorkton Count: Redleaf Press.
Situmorang, D. J., & Rosmawati, D. I. (2018). Matematika Teknik Sekolah Menengah Kejuruan (Smk). 1–77.
Tunku, U., & Rahman, A. (2014). Contributing Factors To Children’S Critical Thinking Ability: the Perception of Pre-Service Teachers From a Private University in Malaysia. 2, 69–76. file:///C:/Users/myAcer/Downloads/f5cac2068965fcaa379780e7ccb5a231.pdf
Uce, L. (2015). The Golden Age: Masa Efektif Merancang Kualitas Anak. Jurnal Pendidikan Anak Bunayya, 1. https://doi.org/10.1007/978-3-319-04840-6_5
Zahriani, N. J. (2008). Implementasi Model Problem Based Learning Dalam Pembelajaran Sains Anak Usia Dini Di Tk . Indonesian Journal Of Islamic Early Childhood Education , 199-200.
Zohar, A., & Dori, Y. J. (2003). Higher Order Thinking Skills And Low Achieving Student: Are They Mutually Exclusive? The Journal Of The Learning Sciences , 148
DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v5i2.17732
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN: 2407-5809
E-ISSN: 2714-5484
Diterbitkan Oleh:
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Universitas Syiah Kuala