Kepercayaan diri anak berkebutuhan khusus dalam mengikuti pendidikan inklusi

Muzakkir Muzakkir, Nurhasanah Nurhasanah, Fajriani Fajriani, Nurbaity Bustamam

Abstract


Percaya diri merupakan kemampuan individu untuk dapat memahami dan meyakini seluruh potensinya agar dapat dipergunakan dalam menghadapi penyesuaian diri dengan lingkungan hidupnya. Adapun yang menjadi tujuan dalam penelitian ini yaitu untuk mengetahui tingkat kepercayaan diri siswa berkebutuhan khusus dalam mengikuti pendidikan inklusi di SMP Negeri 18 Kota Banda Aceh. Jenis pendekatan dalam penelitian ini yaitu kuantitatif deskriptif. Adapun subjek pada penelitian ini adalah 12 siswa berkebutuhan khusus. Metode pengumpulan data mengunakan skala kepercayaan diri dalam bentuk skala Likert. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan statistik deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan secara umum siswa ABK memiliki kepercayaan diri yang cukup baik dalam menjalani pendidikannya di sekolah inklusi. Hanya ada beberapa pernyataan berkaitan dengan interaksi dengan teman dan guru serta keyakinan untuk menyelesaikan masalah sendiri dan menjawab soal yang dilaporkan oleh lebih banyak siswa dengan indikasi kepercayaan diri rendah.


Keywords


Kepercayaan Diri, Anak Berkebutuhan Khusus, Sekolah Inklusi

Full Text:

PDF

References


Damayanti, S. (2020). Pengaruh konseling kelompok dengan teknik assertive training untuk meningkatkan percaya diri pada peserta didik kelas VIII DI SMP Negeri 16 Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69-84.

Fahrudin, F. (2019). Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Pembiasaan Membaca dan Tahfidz Al-Qur‟ an Surat Pendek Pilihan (Studi di SDN Mandalawangi 2, Sirnagalih 2 dan Curuglemo 3 Kec. Mandalawangi Pandeglang) (Doctoral dissertation, UIN SMH BANTEN).

Firdaus, S. T. (2019). relevansi pendidikan multikultural terhadap deradikalisasi dalam perspektif pendidikan islam (Doctoral dissertation, IAIN Ponorogo).

Fithriyana, R. (2019). Hubungan kejadian acne vulgaris dengan kepercayaan diri pada siswi kelas XI di SMAN 2 Bangkinang Kota. Jurnal Ners, 3(1), 7-12.

Fitri, E., Zola, N., & Ifdil, I. (2018). Profil Kepercayaan Diri Remaja serta Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 1-5.

Haebah, A. F., Subanji, S., & Sa’dijah, C. (2019). Kemampuan Representasi Matematis Anak Berkebutuhan Khusus Tipe Celebral Palsy dalam Menyelesaikan Soal Matematika di Sekolah Inklusi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 4(3), 369-373.

Jauhari, M. N., & Dewi, D. P. (2019). Pelaksanaan Cooperative Learning Model Pada Mata Kuliah Media Pembelajaran Abk Bagi Mahasiswa Berkebutuhan Khusus Prodi Pendidikan Khusus Fkip Universitas Pgri Adibuana Surabaya. Buana Pendidikan: Jurnal Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 15(27), 79-89.

Kurniasih, N., & Kurniawati, I. (2019). Mengelaborasi Education For All dengan Pendidikan Inklusi dalam Menumbangkan Hegemoni Diskriminasi Pendidikan. Indonesian Journal Of Early Childhood Issues, 2(1).

Lestari, M. R. (2018). Kegiatan bimbingan khithabah dalam membentuk rasa percaya diri santri di Pondok Pesantren Wali Songo Kotabumi (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).

Masni, H. (2017). Peran Pola Asuh Demokratis Orangtua Terhadap Pengembangan Potensi Dir i Dan Kreativitas Siswa. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 6(1), 58-74.

Novitasari Pratiwi, C., & Wahyudi, A. (2019). Diskriminasi Penyandang Disabilitas Di Sekolah Inklusi (Studi tentang Siswa Disabilitas di Sekolah Inklusi SDN Sidosermo 1 Surabaya). Paradigma, 7(2).

Piran, A. Y. A., Yuliwar, R., & Ka’arayeno, A. J. (2017). Hubungan antara penerimaan diri dengan kepercayaan diri dalam interaksi sosial pada remaja penyandang cacat fisik di Panti Asuhan Bhakti Luhur Kecamatan Sukun Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 2(1).

Rahmah, S. (2019). Konsep Membentuk Karakter Anak Berbasis Al-Qur’an. Jurnal Qiroah, 9(1), 40-69.

Saputro, A. D. (2019, June). Pembelajaran Aktif Dalam Dunia Pesantren. In Seminar Nasional Pendidikan 2015 (pp. 70-79).

Setyawan, S. A., & Fauzan, S. E. M. (2018). Analisis Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Laporan Keuangan Dengan Implementasi Sistem Informasi Akuntansi Sebagai Variabel Mediasi (Studi pada Desa yang Memiliki BUMDes Se Kabupaten Tegal) (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala