Layanan informasi karir dan pemahaman lanjutan studi siswa SMA
Abstract
Career information service is a form of career guidance service that can help students prepare for one’s career development. This study is intended to describe students' experiences of career information services, describe the condition of students' understanding of further studies, and use this data to estimate the determination index of providing career information services on students' understanding of further studies. The study used a quantitative approach with descriptive and correlational research designs. The research was conducted at one of the schools in Aceh Besar District. Based on 400 total population, a sample of 121 students was taken using a simple random sampling method. Data were collected using the student experience scale of career information services and the understanding of advanced studies scale. The answer options used for the scale adopt the Likert Scale answer options. The results showed that the dominant student's career information service experience was in the high category (57%), students' understanding of the dominant career information service was in the high category (48.8%). The calculation of the index of determination of these two variables shows that 25.3% of the variation in students' understanding of advanced studies can be explained by the provision of career information services in schools.
Keywords: Career information services; understanding of further studies; high school level students; correlational studies
ABSTRAK
Layanan informasi karir merupakan salah satu bentuk layanan bimbingan karir yang dapat membantu siswa mempersiapkan diri sehubungan dengan perkembangan karir. Penelitian ini ditujukan untuk menggambarkan pengalaman siswa terhadap layanan infomasi karir yang telah dilaksanakan, menggambarkan kondisi pemahaman siswa mengenai lanjutan studi, serta menggunakan data ini untuk memperkirakan indeks determinasi dari pemberian layanan informasi karir terhadap pemahaman lanjutan studi siswa. Penelitian menggunakan pendekatan kuatitatif dengan desain penelitian deskriptif dan korelasional. Penelitian dilakukan pada salah satu sekolah di Kabupaten Aceh Besar. Berdasarkan 400 jumlah populasi diambil sampel sebanyak 121 siswa dengan metode penarikan sampel acak sederhana. Data dikumpulkan menggunakan skala pengalaman siswa mengenai layanan informasi karir dan skala pemahaman lanjutan studi. Opsi jawaban yang digunakan untuk skala mengadopsi opsi jawaban Skala Likert. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengalaman layananan informasi karir siswa dominan berada pada kategori tinggi (57%), demikian juga pemahaman siswa terhadap layanan informasi karir dominan berada pada kategori tinggi (48,8%). Perhitungan indeks determinasi dari kedua variabel ini menunjukkan bahwa 25,3% variasi pada pemahaman lanjutan studi siswa dapat dijelaskan oleh pemberian layanan informasi karir di sekolah.
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Aisah, S., Mugiarso, H., & Anni, C. T. (2018). Internal Locus of Control dan Dukungan Keluarga terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Majenang. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 7(3), 22-29.
Akhtar, H. (2018). Cara Membuat Kategorisasi Data Penelitian dengan SPSS. Semesta Psikometrika (Website). Dapat diakses pada https://www.semestapsikometrika.com/2018/07/membuat-kategori-skor-skala-dengan-spss.html.
Dariyo, A. (2004). Psikologi Perkembangan Dewasa Muda. Jakarta: Grasindo
Direktorat Pembinaan SMA, 2017, Profil SMA: SMA Dari Masa ke Masa, Direktorat Pembinaan SMA Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar Dan Menengah, Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan.
Fadilla, P. F., & Abdullah, S. M. (2019). Faktor pengambilan keputusan karier pada siswa SMA ditinjau dari Social Cognitive Theory. Psikostudia: Jurnal Psikologi, 8(2), 108-115.
Fasha, F., Sinring, A., & Aryani, F. (2015). Pengembangan model e-career untuk meningkatkan keputusan karir siswa SMA negeri 3 makassar. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 1(2), 170-179.
Fatmawati, A. (2015). Pengembangan Media Blog Sebagai Sarana Informasi Untuk Meningkatkan Kemampuan Perencanaan Karir Di SMAN 1 Bulukumba. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 1(2), 163-169.
Fitri, E., Ifdil, I., & Neviyarni, S. (2016). Efektivitas layanan informasi dengan menggunakan metode blended learning untuk meningkatkan motivasi belajar. Jurnal Psikologi Pendidikan dan Konseling: Jurnal Kajian Psikologi Pendidikan dan Bimbingan Konseling, 2(2), 84-92.
Frieyadie, F., & Ramadhan, S. M. (2018). Penerapan Metode AHP Untuk Membantu Siswa Memilih Jurusan Yang Tepat Di SMK. Jurnal RESTI (Rekayasa Sistem Dan Teknologi Informasi), 2(3), 662-667.
Hidayati, R. (2015). Layanan Informasi karir membantu peserta didik dalam meningkatkan pemahaman karir. Jurnal Konseling GUSJIGANG, 1(1).
Istirahayu, I., Mayasari, D., Fitriyadi, S., & Damayanti, Z. (2018). Bimbingan Karir Terhadap Pemilihan Studi Lanjut Siswa Kelas XII. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 139-144.
Jati, A. S., Kusrini, K., & Al Fatta, H. (2019). Pengembangan Prototype Tes Psikologi Perencanaan Karir Siswa SMA. Creative Information Technology Journal, 5(1), 58-70.
Jeranah, J., Nur, S., & Nurmiati, N. (2015). Faktor-faktor yang mempengaruhi kesulitan dan minat belajar mahasiswa jurusan pendidikan biologi universitas sulawesi barat. SAINTIFIK, 1(2), 87-94.
Kurniawan, B. C., Dahlan, S., & Andriyanto, R. E. (2019). Hubungan Pola Asuh Orangtua dengan Pemilihan Karir Siswa. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(1).
Lestari, D., & Supriyo, S. (2016). Kontribusi Minat Jurusan, Kualitas Layanan Informasi Karir, dan Pemahaman Karir terhadap Kemampuan Mengambil Keputusan Karir. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 47-54.
Liza, L. O., & Rusandi, M. A. (2016). Pengaruh Layanan Informasi Tentang Studi Lanjut Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri 1 Pekanbaru Tahun Ajaran 2013/2014. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 14-17.
Mirawati, M. (2018). Penggunaan Layanan Bimbingan Kelompok Dan Kekompakan Kelompok Dalam Memantapkan Perencanaan Karir Siswa SMA Budi Agung Medan. Jurnal Psikologi Kognisi, 3(1), 14-28.
Mutaqin, A., Wibawa, A. P., & Pujianto, U. (2016, September). Model Analisis Pengambilan Keputusan Peminatan di SMA Menggunakan Metode SAW. In Prosiding Seminar Ilmu Komputer dan Teknologi Informasi (Vol. 1, No. 1).
Nelissa, Z., Astuti, S., & Martunis, M. (2018). Identifikasi Faktor Yang Mempengaruhi Siswa Dalam Proses Pemilihan Jurusan Pendidikan Lanjutan (Studi Pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 5 Banda Aceh). JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(1), 78-83.
Novita, R., Prahmana, R. C. I., Fajri, N., & Putra, M. (2018). Penyebab kesulitan belajar geometri dimensi tiga. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 5(1), 18-29.
Nurhayati, N., & PW, S. N. (2018, November). Optimalisasi Peran dan Fungsi Guru Bimbingan dan Konseling dalam Implementasi Kurikulum 13. In Seminar Nasional Bimbingan Konseling (Vol. 2, No. 1, pp. 49-56).
Permata, M. M., Tiatri, S., & Mularsih, H. (2018). Peran parental career specific behavior dan trait kepribadian terhadap perilaku eksplorasi karir siswa sma kelas xi (studi pada sekolah x di jakarta barat). Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 2(2), 671-680.
Pratiwi, M., Purnamasari, A., & Prasetyo, I. (2021). Efektivitas Pemberian Konseling Minat dan Bakat untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMA di Kota Palembang. E-Dimas: Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 12(1), 132-136.
Pustika, D., Astuti, I., & Suratman, D. (2019). Pengembangan media layanan informasi karir berbasis google classroom di sekolah menengah kejuruan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 8(12).
Rizki, Y., Husen, M., & Bustamam, N. (2018). Pengembangan Modul Pemahaman Diri tentang Karir Untuk Siswa SMA. JIMBK: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Bimbingan & Konseling, 3(3).
Setyawan, I., & Wibowo, M. E. (2016). Pengembangan Model Layanan Informasi Karir Berbantuan Web tentang Studi Lanjut ke Perguruan Tinggi. Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 29-35.
Styorini, I. N. (2018). Layanan Informasi Karir Sebagai Prediktor Kemandirian Pemilihan Karir. Ciencias: Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 1(1), 13-25.
Sumardi, S., Asrori, M., & Yuline, Y. (2018). LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK OLEH GURU BK TENTANG PEMAHAMAN KARIR SISWA SMA NEGERI 5 PONTIANAK. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling Di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Inteligensi). Jakarta: PT Raja Grafindo.
Tumanggor, H. R., Sunawan, S., & Purwanto, E. (2019). Keefektifan Layanan Informasi Karir Berbantuan Website Untuk Meningkatkan Perencanaan Karir Siswa Sma Di Kota Tarakan. Jurnal Bimbingan dan Konseling Ar-Rahman, 4(1), 11-17.
Winahyu, C. K., & Kusumaningtyas, L. E. (2021). Pengaruh Informasi Karir Melalui Papan Bimbingan Terhadap Pemahaman Karir Siswa Kelas XI IPA SMA Negeri Colomadu. Medikons: Jurnal Prodi Bimbingan dan Konseling Unisri Surakarta, 7(1).
DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v6i1.23033
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN: 2407-5809
E-ISSN: 2714-5484
Diterbitkan Oleh:
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Universitas Syiah Kuala