Efektivitas teknik konseling menulis ekspresif untuk mereduksi motif agresi siswa

Nurul Rahmi, Martunis Yahya, Abu Bakar, Fitra Marsela

Abstract


Aggression motive is a driving force for the emergence of aggressive behavior by individuals. This study, entitled "The Effectiveness of Expressive Writing Counseling Techniques to Reduce Aggression Motives in MAN 4 Aceh Besar Students", aims to see the level of aggression motives of students in MAN 4 Aceh Besar before and after being given expressive writing counseling techniques, as well as to determine whether there is a decrease in the level of aggression motives that are used. significant. The approach used is a quantitative approach, in the form of pre-experiment, one group pretest-posttest design. The population of this study were all students in grade XI of MAN 4 Aceh Besar who have a high level of aggression motives. The samples obtained totaled 11 people who have high levels of aggression motives. Sampling was done by random sampling. Collecting data using a scale of 1-5. The research data were analyzed using statistical analysis paired sample t-test. The results of data analysis indicate that expressive writing counseling techniques have an effectiveness in reducing aggression motives for students of MAN 4 Aceh Besar. Before being given (pretest) the score of aggression motive was 179.64 and the score after being given (posttest) was 104.55. The level of students' motive for aggression has decreased significantly after being given expressive writing counseling techniques. The results of the calculation of the paired sample t-test statistical test found that the mean for pretest> posttest was 179.64> 104.55, while for the t-count value was 10.621 and t-table (0.05; 11) was 2,228 because tcount> ttable meant that there was a significant decrease at the motive level. aggression of MAN 4 Aceh Besar students who have a high level of aggression motive after being given expressive writing counseling techniques.

 

Keywords: aggressive motive, expressive writing; counseling technique 

 

ABSTRAK

Motif agresi merupakan suatu penggerak timbulnya perilaku-perilaku agresi yang dilakukan oleh individu. Penelitian ini berjudul “Efektivitas Teknik Konseling Menulis Ekspresif untuk Mereduksi Motif Agresi Siswa MAN 4 Aceh Besar”. Tujuan penelitian untuk melihat ada tidaknya penurunan tingkat motif agresi yang signifikan setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kuantitatif, dalam bentuk pre-ekspreriment, one grup pretest-posttest design. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 MAN 4 Aceh Besar yang memiliki tingkat motif agresi yang tinggi. Sampel yang diperoleh berjumlah 11 orang yang memiliki tingkat motif agresi yang tinggi. Penarikan sampel dilakukan secara random sampling. Pengumpulan data menggunakan angket dengan skala 1-5. Analisis statistik menggunakan paired sample t-test. Hasil analisis data menunjukkan bahwa teknik konseling menulis ekspresif memiliki efektivitas untuk mereduksi motif agresi siswa MAN 4 Aceh Besar. Sebelum diberikan (pretest) skor motif agresi 179.64 dan skor setelah diberikan (posttest) adalah 104.55. Tingkat motif agresi siswa mengalami penurunan yang signifikan setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif. Hasil uji statistik  paired sample t-test didapati bahwa mean untuk pretest >posttest adalah 179.64 > 104.55, sedangkan untuk nilai  sebesar 10.621 dan  (0.05;11) sebesar 2.228 oleh karena > artinya terdapat penurunan yang signifikan pada tingkat motif agresi siswa MAN 4 Aceh Besar yang mempunyai tingkat motif agresi yang tinggi setelah diberikan teknik konseling menulis ekspresif.


Keywords


motif agresi, teknik konseling; menulis eskpresif

Full Text:

PDF

References


Ahmadi, Abu. 2012. Psikologi Sosial. Jakarta : Rineka Cipta

Bolton G, Howlett S, Lagoe & Wright lite. 2004. Writing cure : An introductory handbook of writing in counseling and theraphy. New York Brunner Roudledge

Brumat, E.C. 2017. Catharsis And Its Relations Between Art, Theraphy And Arts Therapies. Ljubjana.

Dini & Indrijati. 2014. Hubungan antara Kesepian dengan Perilaku Agresif pada Anakn Didik di Lembaga Pemasyarakatan Anak Blitar. Jurnal Psikologi Universitas Airlangga

Farra, Lailatus Sa’dah. 2018. Pengaruh Expressive Writing Theraphy Terhadap Kecenderungan Depresi pada Mahasiswa Tahun Pertama. https://digilib.uinsby.ac.id

Fitriasari, E. dkk. 2011. Faktor-Faktor yang Berhubungan dengan Perilaku Agresif pada Remaja di Stimart Amni Semarang Jawa Tengah. Jurnal Keperawatan Vol 4 No 2 Hal 3 https://jurnal.unimus.ac.id

Hidayat, Komaruddin & Bashori, khoiruddin. 2016. Psikologi Sosial Aku, Kami dan Kita. Jakarta : Erlangga

Hurlock, Elizabeth B. 2003. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Maria Kli . 2018. Eros and Thanatos: A Nondualistic Interpretation: The Dynamic of Drives in Personal and Civilizational Development From Freud to Marcuse. The Psychoanalytic Review: Vol. 105, No. 1, pp. 67-89. https://www.marcuse.org

Nawawi. 2011. Motivasi Terhadap Tingkah Laku dalam Proses Dakwah. Jurnal Dakwah dan Komunikasi : IAIN Purwokerto https://iainpurwokerto.ac.id

Pennebaker, W. James & Chung, Cindy K. 2009. Expressive writing : connections to physical and mental health. The University of Texas at Austin

Riordan, R.J. 1996. Scriptptheraphy : Therapeutic Writing as a Counseling and Development. 74.3. 263 -269 https://onlinelibrary.wiley.com

Rottenberg, dan Rosler, B. 2005. Expression Chatarsis in Adolenscent Diaries. Tesis Faculty of Education Haifa University

Sofat, C.C. 2010. Pengembangan Karakter Melalui Pendidikan Keluarga (Studi Komparatif Teori Al-Ghazali dan Teori Kornadt. Jakarta : Sekolah Pasca Sarjana

Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Pendidikan (Pendektan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung : Alfabeta

Susanti, Reni & Supriyanti, Sri. 2013. Pengaruh Expressive Writing Theraphy Terhadap Penurunan Tingkat Kecemasan Berbicara di Muka Umum Pada Mahasiswa. Jurnal Psikologi Hal : 121 Vol 9 No. 2 https://media.neliti.com

Yuniar S, Nora dkk. 2019. Pemanfaatan Teknik Menulis Ekspresif sebagai Wujud Katarsis untuk Mereduksi Burn out Mahasiswa Tingkat Akhir. Bimbingan konseling. UIN PGRI Kediri https://ojs.semdikjar.fkip.unpkediri.ac.id

Yurika W. Fauzia. 2006. Penerapan Terapi Perilaku dan Terapi Menulis untuk Menurunkan Agresi Pada Remaja dengan Lambat Belajar yang Tinggal di Panti Asuhan. https://aunilo.uum.edu.my




DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v6i1.23039

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala