Hubungan Bimbingan Orangtua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Di SMP N 1 Darussalam Aceh Besar

Eva Surianingsih, M Husen, Nurhasanah Nurhasanah, Martunis Yahya

Abstract


Learning independence is important for students and one of them can be influenced by the guidance provided by parents in the learning process. The purpose of this study was to describe the conditions of parental guidance and learning independence as well as the relationship between the two variables in students of SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. The type of research is descriptive and correlational with the method of total sampling and data collection using a scale with the choice of answers of the Likert scale type. The results of the study showed that parental guidance and learning independence in students of SMPN 1 Darussalam were predominantly in a combination of high and very high categories.  Meanwhile, the correlation analysis between the two variables produced a correlation index of 0.642. This indicates that the two variables are positively and strongly related. This means that there is a relationship between parental guidance and learning independence in students of SMPN 1 Darussalam. The implications of the study will be discussed. 

Keywords: Parental Guidance, Independent Learning, Descriptive Correlational Design

 

ABSTRAK

Kemandirian belajar merupakan yang penting bagi siswa dan salah satunya dapat dipengaruhi oleh bimbingan yang diberikan oleh orangtua dalam proses belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan kondisi bimbingan orang tua dan kemandirian belajar serta hubungan kedua variabel pada siswa SMPN 1 Darussalam Aceh Besar. Jenis penelitian adalah deskriptif dan korelasional dengan metode total sampling dan pengumpulan data menggunakan skala dengan pilihan jawaban jenis skala Likert. Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa bimbingan orangtua dan kemandirian belajar pada siswa SMPN 1 Darussalam dominan berada pada gabungan kategori tinggi dan sangat tinggi. Sementara analisis korelasi antara kedua variabel menghasilkan indeks korelasi sebesar 0,642. Hal ini mengindikasikan bahwa kedua variabel berhubungan secara positif dan kuat. Artinya ada hubungan antara bimbingan orangtua dengan kemandirian belajar pada siswa SMPN 1 Darussalam. Implikasi dari penelitian akan didiskusikan.

Kata Kunci; Bimbingan Orangtua, Kemandirian Belajar, Korelasi deskriptif


Keywords


Parental Guidance, Independent Learning

Full Text:

PDF

References


Azwar, S. (2012). Metode Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Candra, U., Wibowo, M. E., & Setyowani, N. (2014). Faktor – Faktor Penyebab Prokrastinasi Akademik pada Siswa Kelas XI SMA Negeri Kabupaten Temanggung. Indonesian Journal of Guidance and Counseling, 3(3), 66–72.

Dewi, A. A. A., & Valentina, T. D. (2013). Hubungan Kelekatan Orangtua-Remaja dengan Kemandirian pada Remaja di Smkn 1 Denpasar. Jurnal Psikologi Udayana, 1(1), 181–189. https://doi.org/10.24843/jpu.2013.v01.i01.p18

Faiqotul, H. (2018). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Belajar Siswa Kelas XI Di SMKN 3 Ponorogo. Jurnal Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan IAIN.

Hidayat, D. R., Rohaya, A., Nadine, F., & Ramadhan, H. (2020). Kemandirian belajar peserta didik dalam pembelajaran daring pada masa pandemi COVID-19. Perspektif Ilmu Pendidikan, 34(2), 147-154.

Irawan, R. R. (2017). Hubungan Intensitas Bimbingan Orang Tua Dengan Kemandirian Belajar Siswa Kelas VIII SMP N 1 Banyubiru. Skripsi. IAIN Salatiga.

Jain, R & Chetty, P. (19 Sept 2019). How to interpret results from the correlation test? Project Guru. https://www.projectguru.in/how-to-interpret-results-from-the-correlation-test/

Melani, U. F., Kresnadi, H., & Pranata, R. (tt). Korelasi antara bimbingan belajar dan motivasi dengan hasil belajar peserta didik kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 10(9).

Mulyaningsih, I. E. (2014). Pengaruh kemandirian belajar terhadap prestasi belajar. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20(4), 441–451.

Ningsih, R., & Nurrahmah, A. (2016). Pengaruh Kemandirian Belajar dan Perhatian Orang Tua Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 73–84. https://doi.org/10.30998/formatif.v6i1.754

Novita, L., & Agustina, A. (2018). Bimbingan Orangtua Dengan Disiplin Siswa. Pedagonal: Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(1), 1–14.

Putma, A. A. (2020). Pengaruh Perhatian Orang Tua Dan Kemandirian Belajar Siswa Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SD Negeri Se-Gugus Wahidin Sudirohusodo Kabupaten Tegal. Jurnal Universitas Negeri Semarang.

Sa’diyah, R. (2017). Pentingnya Melatih Kemandirian Anak. Kordinat: Jurnal Komunikasi Antar Perguruan Tinggi Agama Islam, 16(1), 31–46. https://doi.org/10.15408/kordinat.v16i1.6453

Salina, E., & Thamrin, M. (2014). Faktor-faktor penyebab anak menjadi tidak mandiri pada usia 5-6 tahun di Raudatul Athfal Babussalam. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 3(6).

Silaen, A. C., & Dewi, K. S. (2015). HUBUNGAN ANTARA REGULASI EMOSI DENGAN ASERTIVITAS (Studi Korelasi pada Siswa di SMA Negeri 9 Semarang). Empati, 4(2), 175–181. https://ejournal3.undip.ac.id/index.php/empati/article/view/14912

Sobri, M., Nursaptini, N., & Novitasari, S. (2020). Mewujudkan kemandirian belajar melalui pembelajaran berbasis daring diperguruan tinggi pada era industri 4.0. Jurnal Pendidikan Glasser, 4(1), 64.

Solikhatun, M. A. (2020). Analisis kemandirian belajar siswa dalam pembelajaran matematika secara online di SMP Negeri 1 Cilongok. Doctoral dissertation, IAIN Purwokerto.

Suciati, W. (2016). Kiat SUkses Melalui Kecerdasan Emosional Dan Kemandirian Belajar. CV. Rasi Terbit.

Susanto, A. (2018). Bimbingan Dan Konseling Di Sekolah. Perpustakaan Nasional.

Uyun, Q. (2020). Pengaruh Terapi Pemaafan Terhadap Penerimaan Diri Perempuan Yang Mengalami Kekerasan Dalam Pacaran [Universitas Islam Indonesia]. https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/28684


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala