KELEKATAN AMAN ORANG TUA-ANAK DAN KAITANNYA DENGAN KEDISIPLINAN SISWA

Rismawati Rismawati, Abu Bakar, Jamilah Aini Nasution

Abstract


Keberhasilan seseorang ditunjang oleh kemampuannya dalam mendisiplinkan diri. Kelekatan aman orangtua-anak cenderung menjadi salah satu penyebab tumbuhnya kedisiplinan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan gambaran (1) kelekatan aman orangtua-anak; (2) kedisiplinan siswa; serta menunjukkan kaitan antara kelekatan aman orangtua-anak dengan kedisiplinan. Metode penelitian adalah kuantitatif deskriptif dan korelasional. Adapun populasi penelitian yaitu siswa MAN 6 Aceh Besar dengan jumlah 240 orang siswa dan sampel 148 orang siswa. Data penelitian dikumpulkan dengan menggunakan instrument skala. Analisis data deskriptif diuji dengan menggunakan rumus presentasi, sementara hubungan kedua variabel diuji dengan menggunakan analisis korelasional. Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1)  Rata-rata tingkat capaian kelekatan aman orangtua-anak yaitu 130 atau berada pada kriteria tinggi; (2) Rata-rata tingkat capaian kedisiplinan siswa yaitu 151 atau berada pada kriteria tinggi; (3) Hasil uji korelasi menunjukkan bahwa adanya kaitan kelekatan aman orangtua-anak dengan kedisiplinan yaitu sebesal 0,438. Berdasarkan hasil penelitian yang sudah dipaparkan maka dapat disimpulkan bahwa gambaran kelekatan orangtua-anak dan kedisiplinan siswa MAN 6 Aceh Besar adalah baik. Kemudian berdasarkan hasil uji korelasi maka dapat disimpulkan bahwa kelekatan aman orangtua-anak memiliki kaitan dengan kedisiplinan siswa MAN 6 Aceh Besar.


Keywords


Kelekatan Aman; Orangtua-anak; Kedisiplinan

Full Text:

PDF

References


Arikunto, S. (2000). Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Jakarta: Rineka Cipta.

Aryanti, P. H., & Eka Oktavianto, S. (2019). Hubungan keterlibatan ayah dalam pengasuhan dengan kelekatan anak usia prasekolah. Jurnal Kesehatan Al-Irsyad, 12(2), 83-94.

Azwar, S. (2020). Penyusunan Skala Psikologi: Edisi 2. Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Bashori, K. (2003). Problem psikologis kaum santri: risiko insekuritas kelekatan. Forum Kajian Budaya dan Agama.

Blegur, J. (2020). Soft Skills untuk Prestasi Belajar: Disiplin Percaya diri Konsep diri akademik Penetapan tujuan Tanggung jawab Komitmen Kontrol diri. Scopindo Media Pustaka.rh

Chulsum, U. (2017). Pengaruh Lingkungan Keluarga, Kedisiplinan Siswa, Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa Di SMA Negeri 7 Surabaya. Jurnal ekonomi pendidikan dan Kewirausahaan, 5(1), 5-20.

Elly, R. (2016). Hubungan kedisiplinan terhadap hasil belajar siswa kelas v di sd negeri 10 banda aceh. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).

Fauziah. (2018). Hubungan Antara Kelekatan Orangtua-Remaja dan Character Trengths dengan Subjective Well Being pada Remaja. Skripsi, Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Feldman, P. O. (2009). Perkembangan Manusia: Jilid 1. Jakarta: Salemba Humanika.

Maentiningsih, D. (2008). Hubungan antara Kelekatan aman dengan Motivasi Berprestasi pada Remaja. Jurnal Psikologi Universitas Gunadarma, 2, 20-27.

Papalia, D.E., Old, S.W., & Feldman, R.D. (2009). Psikologi perkembangan. Jakarta: Kencana Prenada Media Guru.

Purnama, R. A., & Wahyuni, S. (2017). Kelekatan (attachment) Pada Ibu dan Ayah Dengan Kompetensi Sosial Pada Remaja. Jurnal Psikologi, 13(1), 30–40.

Ramadona, M., Anjani, A. R., & Putriani, R. (2020). Pengaruh Pola Asuh Orangtua Terhadap Kedisiplinan Peserta Didik Di Smk Teknindo Jaya Depok. Research and Development Journal of Education, 6(2), 13-23.

Santrock, J. W., Sumiharti, Y., Sinaga, H., Damanik, J., & Chusairi, A. (2002). Life-Span Development (Perkembangan Masa Hidup Jilid 1).

Saturrosidah, A., Mayangsari, M. D., & Hidayatullah, M. S. (2020). Pengaruh Kelekatan dengan Orangtua terhadap Kecerdasan Adversitas Pada Remaja Korban Perceraian. Jurnal Kognisia, 1(2), 21-27.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Tu’u, T. (2008). Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Grasindo.

Yusuf, A. M. (2005). Metodelogi Penelitian. Padang. Padang: UNP Pers.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala