Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Yang Mengikuti PLP 2

Muhammad Tawsy Nurfajri, Nurhasanah Nurhasanah, Martunis Yahya

Abstract


The Education Department of Syiah Kuala University implements two internship program series, PLP 1 and PLP 2. In such programs, students should have good communication skills. This study aims to describe the interpersonal communication skills of students who have participated in the school field introduction program (PLP2). This study uses a quantitative approach with a descriptive method. The research population was 40 Guidance and Counseling students of the Education Department of Syiah Kuala University with saturated sampling; that is, the entire population was the sample. The data collection technique used a Likert’s model scale questionnaire, a descriptive percentage technique applied to analyse the data. The results showed that the description of interpersonal communication skills of students who had participated in the PLP 2 program was in the high category with a percentage of 47.5% (19 students), very high category 45% (18 students), moderate category 5% (2 students), and deficient category 2.5% (1 student). The description of interpersonal communication skills on openness and empathy is in the high category, with an average value percentage above 36.35%. The aspects of mutual support, positive feelings, and elements of equality are in the very high category with a percentage of the average value. The average is above 40.33% from a total sample of 40 students. The research concluded that the interpersonal communication skills of students who take part in PLP 2 are in the high category.

 

Keywords: College Students, Interpersonal Communication, Internship.

 

ABSTRAK

 

Kemampuan komunikasi interpersonal merupakan hal yang sangat dibutuhkan dalam layanan konseling, termasuk dalam pelaksanaan program pengenalan lapangan persekolahan (PLP2). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa BK FKIP USK yang telah mengikuti program pengenalan lapangan persekolahan (PLP2). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif. Populasi penelitian adalah 40 mahasiswa dengan pengambilan sampel jenuh yaitu seluruh populasi menjadi sampel. Teknik pengumpulan data menggunakan angket bentuk skala likert, data dianalisis menggunakan teknik deskriptif persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa gambaran kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa BK FKIP USK yang telah mengikuti program PLP 2 berada pada kategori tinggi dengan persentase 47,5% (19 mahasiswa), kategori sangat tinggi 45% (18 mahasiswa), kategori sedang 5% (2 mahasiswa), dan kategori sangat rendah 2,5% (1 mahasiswa). Gambaran kemampuan komunikasi interpersonal pada aspek keterbukaan dan empati berada pada kategori tinggi dengan persentase nilai rata-rata diatas 36,35%, kemudian pada aspek sikap saling mendukung, aspek sikap perasaan positif, dan unsur kesetaraan berada pada kategori sangat tinggi dengan persentase nilai rata-rata di atas 40,33%, dari jumlah sampel sebanyak 40 orang mahasiswa. Dari itu dapat disimpulkan bahwa kemampuan komunikasi interpersonal mahasiswa BK FKIP USK yang mengikuti PLP 2 berada pada kategori tinggi.

 

 

Keywords


Mahasiswa, Komunikasi Interpersonal, Magang

Full Text:

PDF

References


Aisyah, S., Gani, S., & Harlina, H. (2020). Keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa program studi Bimbingan dan Konseling angkatan 2018 Universitas Sriwijaya. Doctoral dissertation, Sriwijaya University.

Aminullah, M., & Ali, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasi Era 4.0. Komunike, 12(1), 1-23.

Ariyani, E. D., & Hadiani, D. (2020). Keterampilan Komunikasi Interpersonal antar Mahasiswa dan Hubungannya dengan Capaian Prestasi Akademik. JSHP: Jurnal Sosial Humaniora dan Pendidikan, 4(2), 141-149.

Chornelis, E. (2019). Peran Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Peserta Didik Kelas VIII SMP Negeri 19 Bandar Lampung Tahun Ajaran 2017/2018, Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung.

Imamah, D. B. (2018). Efektivitas Penggunaan Facebook Untuk Membangun Hubungan Interpersonal (Studi Kasus Mahasiswa IAIN Sultan Maulana Hasanuddin Banten, Fakultas Ushuluddin Dakwah dan Adab). Doctoral dissertation, Universitas Islam Negeri Sultan Maulana Hasanuddin, Banten).

Irawan, S. (2017). Pengaruh konsep diri terhadap komunikasi interpersonal mahasiswa. Scholaria: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 7(1), 39-48.

Isti'adah, F. N. L. (2017). Profil Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Journal of Innovative Counseling: Theory, Practice, and Research, 1(01), 40-49.

Juliana, K., & Erdiansyah, R. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Self Disclosure Terhadap Kemampuan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. Koneksi, 4(1), 29-35.

Kurniawan, A., Wangi, M. S., & Hastuti, N. H. (2018). Komunikasi Interpersonal Guru Bimbingan Konseling Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Di Sekolah Kejuruan (Pada Kelas X di Sekolah Menengah Kejuruan Purnama Surakarta). Solidaritas, 2(2).

Kurniawan, M. R., Arif, E., & Asmawi, A. (2021). Hubungan antara Konsep Diri, Kepercayaan Diri dengan Kemampuan Komunikasi Interpersonal dalam Proses Pembelajaran pada Mahasiswa. Journal of Education, Humaniora and Social Sciences (JEHSS), 4(1), 485-493.

Mannan, A. (2019). Etika Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Ilmu Komunikasi Fakultas Dakwah dan Komunikasi Kepada Dosen Melalui Smartphone. Jurnal Aqidah-Ta, ISSN, 2477-5711.

Martunis. (2012). Distribusi Komunikasi Antar Pribadi Dalam Proses Konseling. Jurnal Komunikasi Fakultas Ilmu Politik Unsyiah 1(2). 21-43.

Nurdin, A. (2020). Teori Komunikasi Interpersonal Disertai Contoh Fenomena Praktis. Prenada Media.

Permatasari, D. (2020). Konseling Kelompok Analisis Transaksional dalam Meningkatkan Keterampilan Komunikasi Interpersonal Mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 1-11.

Purnomo, A. C., & Muhibbin, A. (2018). Analisis semiotika terhadap penggunaan emoticon whatsapp dalam komunikasi interpersonal antar mahasiswa ilmu komunikasi angkatan 2013. Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Saoqillah, A., & Wardah, R. N. S. (2018). Dampak Media Sosial Terhadap Komunikasi Interpersonal Mahasiswa Institut Ummul Quro Bogor. Al-Mubin; Islamic Scientific Journal, 1(2), 77-83.

Suhanti, I. Y., Puspitasari, D. N., & Noorrizki, R. D. (2018). Keterampilan komunikasi interpersonal mahasiswa UM. In Seminar Nasional Psikologi Klinis (pp. 37-39).

Trisnani, R. P., & Wardani, S. Y. (2018). Peran Konselor Sebaya Untuk Mereduksi Kecanduan Game Online Pada Anak. Dialektika Masyarakat: Jurnal Sosiologi, 2(2), 71-80.

Wulandari, H., & Setiani, A. (2018). Analisis Faktor Penghambat Mahasiswa Menyelesaikan Skripsi di FKIP UMMI. Laporan Penelitian, Universitas Muhammadiyah Sukabumi.

Yuhana, A. N., & Aminy, F. A. (2019). Optimalisasi peran guru pendidikan agama Islam sebagai konselor dalam mengatasi masalah belajar siswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam 7(1), 79-96.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala