Analisis Pemerolehan bahasa ibu pada anak usia dini di Gampong Maunasah Papeun Aceh Besar

Siti Naila Fauzia, Syinta Herliyana, Fakhriah Fakhriah

Abstract


The acquisition of the mother tongue in this study is the use of regional languages which are used as a means of communication in the family. Early childhood is the initial age for forming habits in children, including in acquiring regional languages as the mother tongue which is commonly used in children's daily lives. In acquiring the mother tongue in children, it is necessary to know the suitability of language studies in the acquisition of the mother tongue, consisting of phonology, syntax, and semantics. The study aims to analyze the acquisition of mother tongue in early age children living in Gampong Meunasah Papeun, Aceh Besar District. The research was conducted using qualitative methods with data collection techniques, in the form of interviews with the parents and neighbors of the children concerned, as well as observations on 2 children aged 5-6 years who use the Acehnese language in their daily life. The results of the study show that the Acehnese language as the mother's language for children has been used in the family for a long time. Parents and the playing environments are examples and support for children. From the phonological side, it can be seen that the articulation of language in children is sometimes still not in accordance with the actual sound of the word. In the syntactic study, the child seems to have spoken in complete sentences in the Acehnese language but sometimes suffers from distortion. In the semantic study, children know the meaning of vocabulary and sentences in the Acehnese language, except for the Acehnese language which is rarely heard by children.

Keywords: Mother Language Acquisition, Regional Language, Early Childhood

 

ABSTRAK

Pemerolehan bahasa ibu pada penelitian ini adalah penggunaan bahasa daerah yang digunakan sebagai alat komunikasi dalam keluarga. Anak usia dini merupakan usia awal pembentukan kebiasaan pada anak, termasuk dalam pemerolehan bahasa daerah sebagai bahasa ibu yang biasa digunakan dalam keseharian anak. Pemerolehan bahasa ibu pada anak, perlu diketahui kesesuaian kajian bahasa dalam pemerolehan bahasa ibu tersebut, terdiri dari fonologi, sintaksis dan semantik. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pemerolehan bahasa ibu pada anak usia dini yang tinggal di Gampong Meunasah Papeun, Kabupaten Aceh Besar. Penelitian dilakukan menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data, berupa wawancara dengan orang tua dan tetangga anak yang bersangkutan, serta observasi pada 2 orang anak usia 5-6 tahun yang menggunakan bahasa Aceh dalam kesehariannya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa bahasa Aceh sebagai bahasa ibu pada anak, telah dibiasakan sejak dulu dalam keluarga. Orang tua dan lingkungan bermain menjadi contoh dan dukungan kepada anak. Pemerolehan bahasa Aceh pada anak dalam kajian fonologi, terlihat artikulasi bahasa pada anak terkadang masih belum sesuai dengan bunyi kata sebenarnya. Pada kajian sintaksis, anak terlihat sudah berbicara dengan kalimat lengkap dalam bahasa Aceh, namun terkadang mengalami gangguan distorsion. Pada kajian semantik, anak mengetahui makna kosa kata dan kalimat dalam bahasa Aceh, kecuali bahasa Aceh yang jarang didengar anak.

 


Keywords


Pemerolehan Bahasa Ibu; Bahasa Daerah; Anak Usia Dini

Full Text:

PDF

References


Chaer, A. (2009). Psikolinguistik Kajian Teoritik. Jakarta: Rineka Cipta.

Dewi, M. P., Neviyarni, S., & Irdamurni, I. (2020). Perkembangan bahasa, emosi, dan sosial anak usia sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 1-11.

El-Khuluqo, I. (2015). Manajemen PAUD (Pendidikan Anak Usia Dini) Pendidikan Taman Kehidupan Anak. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fattah, A. A. (2018). Bahasa Aceh yang Tidak Lagi Diminati. Serambinews, 8 Desember 2019.

Indrijati, H. (2016). Psikologi Perkembangan dan Pendidikan Anak Usia Dini Sebuah Bunga Rampai. Jakarta: Kencana.

Isna, A. (2019). Perkembangan Bahasa Anak Usia Dini. Al Athfal: Jurnal Kajian Perkembangan Anak Dan Manajemen Pendidikan Usia Dini, 2(1), 62-69.

Kurniati, E. (2017). Perkembangan Bahasa pada Anak dalam Psikologi Serta Implikasinya dalam Pembelajaran. Jurnal Ilmiah Universitas Batanghari Jambi, 17(3), 47-56.

Mercinews. 2019. Bahasa Aceh Terancam Punah Apalagi di Kota-Kota Tidak Bisa Lagi Bahasa Indatu. Mercinews, 18 Juni 2019.

Mulqiah, Z., Santi, E., & Lestari, D. R. (2017). Pola Asuh Orang Tua Dengan Perkembangan Bahasa Anak Prasekolah (Usia 3-6 Tahun). Dunia Keperawatan: Jurnal Keperawatan Dan Kesehatan, 5(1), 61-67.

Putra, A. Y., Yudiernawati, A., & Maemunah, N. (2018). Pengaruh pemberian stimulasi oleh orang tua terhadap perkembangan bahasa pada anak usia Toddler di PAUD Asparaga Malang. Nursing News: Jurnal Ilmiah Keperawatan, 3(1).

Qanun Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam Nomor 12 Tahun 2004 tentang Kebudayaan Aceh. Nanggroe Aceh Darussalam: Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Safitri, Y. (2017). Faktor-faktor yang berhubungan dengan perkembangan bahasa balita di UPTD kesehatan Baserah tahun 2016. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(2), 148-155.

Santrock, J. W. (2018). Educational psychology. McGraw-Hill Education.

Sit, M. (2017). Psikologi Perkembangan Anak Usia Dini. Depok: Kencana.

Sudarwati, E., Perdhani, W. C., & Budiana, N. (2017). Pengantar psikolinguistik. Universitas Brawijaya Press.

Sulaiman, B. (1983). Struktur bahasa Aceh: morfologi dan sintaksis. Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.

Sumaryanti, L. (2017). Peran lingkungan terhadap perkembangan bahasa anak. Muaddib: Studi Kependidikan dan Keislaman, 7(01), 72-89.

Trimantara, H., & Mulya, N. (2019). Mengembangkan Bahasa anak usia 4-5 tahun melalui alat permainan Edukatif puzzle. Al-Athfaal: Jurnal Ilmiah Pendidikan Anak Usia Dini, 2(1), 25-34.

Unsiah, F., & Yuliati, R. (2018). Pengantar Ilmu Linguistik. Universitas Brawijaya Press.

Usman, R. (2003). Sejarah Peradaban Aceh: Suatu Analisis Interaksionis, Integrasi dan Konflik. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia, anggota IKAPI DKI Jaya atas kerja sama dengan Yayasan Tifa.

Yendra. (2018). Mengenal Ilmu Bahasa (Linguistik). Yogyakarta: Deepublish.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala