Upaya Guru BK Dalam Mencegah Penyimpangan Orientasi Seksual Pada Remaja SLTA Kecamatan Banda Raya

Syaiful Bahri, Abu Bakar, Nurmarita Nurmarita

Abstract


Orientasi seksual merupakan perilaku seksual yang tidak sesuai norma dan nilai masyarakat sehingga perlunya peran guru BK dalam melakukan layanan pencegahan bagi remaja. Tujuan penelitian ini mendeskripsikan upaya guru BK dalam mencegah penyimpangan orientasi seksual pada remaja SLTA Kecamatan Banda Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan pengumpulan data yaitu wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan terdapat upaya guru BK di SLTA Banda Raya yaitu mengindentifikasi orientasi seksual seperti observasi dan wawancara, layanan informasi bimbingan dan konseling seperti layanan dan bimbingan klasikal, dukungan kerjasama kepada guru BK seperti kerjasama warga sekolah dan kemitraan sekolah.


Keywords


Guru BK, Pencegahan, Orientasi Seksual, upaya pencegahan, bimbingan dan konseling

Full Text:

PDF

References


Anggraini, S. (2017). Peran supervisi bk untuk meningkatkan profesionalisme guru Bk. In Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling (Vol. 1, No. 1, pp. 332-341).

Aprilia, L. (2023). Peran bimbingan dan konseling Islam dalam mengatasi pornografi dan seks bebas pada remaja. Religion: Jurnal Agama, Sosial, dan Budaya, 1(5), 1105-1127.

Arif BS, M., Wirjosoehardjo, S. K., & Sudibyo, H. (2017). Penerapan Panduan Operasional Penyelenggaraan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(3).

Asror, M. (2020). Studi Analisis Program Bimbingan Konseling Komprehensif Berbasis Islam Untuk Meningkatkan Resiliensi Siswa. Jurnal Pamomong, 1(1), 1–13.

Basith, A. (2021). Kesadaran Orang Tua Terhadap Pencegahan Dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkoba Pada Siswa Sman 1 Sungai Tabuk Kabupaten Banjar.

Bhakti. C.P. (2017). Program Bimbingan dan Konseling Komprehensif untuk Mengembangkan

Bunsaman, S. M., & Krisnani, H. (2020). Peran Orangtua Dalam Pencegahan Dan Penanganan Penyalahgunaan Narkoba Pada Remaja. Perspektif Sosiologi, 7(1), 221–228. https://doi.org/10.24198/jppm.v7i1.2 8132

Chasanah, I. (2018). Psikoedukasi pendidikan seks untuk meningkatkan sikap orangtua dalam pemberian pendidikan seks. JIP (Jurnal Intervensi Psikologi), 10(2), 133-150.

Counseling Program (5th ed). Alexandria, VA: American Counseling Association.

D. W. D. Putri, “LGBT dalam Kajian Hak Asasi Manusia di Indonesia,” Ikat. Penulis Mhs. Huk. Indones. Law J., vol. 2, no. 1, pp. 88–100, 2022.

D. Wahyuni, “Peran Orang Tua dalam Pendidikan Seks Bagi Anak untuk Mengantisipasi

Dakwah Islam, 16(1), 37–46. https://doi.org/10.14421/hisbah.2019.161-03

Deana, M. P., & Nim, F. (2020). Perencanaan Individual Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Kelas Vii Smpn 3 Sungai Ambawang Kubu Raya Artikel Penelitian.

Diananda, A. (2018). Psikologi Remaja Dan Permasalahannya. Journal Istighna. https://doi.org/10.33853/istighna.v1i1 .20

Diananda, A. (2019). Psikologi remaja dan permasalahannya. ISTIGHNA: Jurnal Pendidikan dan Pemikiran Islam, 1(1), 116-133.

Dini, I. R. (2021). Bimbingan Konseling. Universitas Negeri Padang.

Elfira, N. (2020). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Prilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah. El-Rusyd: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 5(2).

Elfira, N. (2020). Upaya Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mencegah Prilaku Menyimpang Siswa Di Sekolah. El-Rusyd: Jurnal Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah STIT Ahlussunnah Bukittinggi, 5(2).

Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Unj Press.

Fajrin, G. A., Wahyuni, S., & Muhid, A. (2022). Strategi Layanan Bimbingan Konseling Terhadap Siswa Sekolah Dasar Dalam Mengembangkan Konsep Diri Pada Masa Pandemi Covid-19: Literatur Review. Pendagogia: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 43-54.

Fitri, S., Luawo, M. I. R., & Tarzia, W. (2017). Sikap Guru Bimbingan Konseling SMA Negeri DKI Jakarta Terhadap LGBT (Lesbian, Gay, Biseksual Dan Transjender) Di Sekolah. INSIGHT: Jurnal Bimbingan Konseling, 6(1), 101-113.

Fitriani, E., Neviyarni, N., Mudjiran, M., & Nirwana, H. (2022). Problematika layanan bimbingan dan konseling di sekolah. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 174-180.

Gysbers, N. C., & Henderson, P. (2016). Developing & Managing Your School Guidance &

Habsy, B. A. (2017). Filosofi Keilmuan Bimbingan Dan Konseling. 2, 1–7. https://journal.unesa.ac.id/index.php/jp/article/viewFile/584/724

Hasan, N. E. S. & S. U. N. (2018). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dalam Pengembangan Nilai Karakter Religius. JURKAM: Jurnal Konseling Andi Matappa,

Hermawan, H., Komalasari, G., & Hanim, W. (2019). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Untuk Meningkatkan Harga Diri Siswa: Sebuah Studi Pustaka. JBKI (Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia), 4(2), 65. https://doi.org/10.26737/jbki.v4i2.924

Herniati, S. (2021). Dampak covid-19 terhadap ketahanan keluarga buruh angkut pelabuhan nusantara di Kota Parepare (Perspektif hukum perkawinan Islam) (Doctoral dissertation, IAIN Parepare).

Hidayati, S. H. (2018). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Mengidentifikasi Permasalahan Belajar Peserta Didik Di Sma Negeri 1 Kandangan. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 3(2), 1-6.

Hutapea, L. (2016). Gaya Komunikasi Interpersonal Orangtua dalam Mencegah Penyalahgunaan Narkoba pada Remaja di Desa Cinta Rakyat Kecamatan Percut Sei Tuan Kabupaten Deli Serdang. AL-BALAGH: Jurnal Komunikasi Islam, 1(1).

Ilyas, S. M. (2018). Peran Guru Bimbingan dan Konseling Mengatasi Trend LGBT (Lesbian, Gay, Bisexual, dan Transgender) di Sma Negeri 1 Aceh Tamiang. ENLIGHTEN: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 1(1), 59-77.

Indiati,dkk (2020). Keterkaitan Evaluasi Pelaksanaan Layanan Orientasi, Informasi Dan Rasa Percaya Diri. G-Couns: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 15-23.

Kumoro, P. A., Yuswatiningsih, E., & Kurnia, A. (2017). Pengaruh Pendidikan Kesehatan Dengan Sikap Remaja Dalam Mencegah Lesbian, Gay, Biseksual, Transgender (Lgbt)(Studi Di Smkn 2 Jombang). Jurnal Keperawatan, 13(1).

Kurniawan, S. J., & Kumara, Agus Ria, Bhakti, C. P. (2019). Strategi Layanan Perencanaan Individual untuk Mengembangkan Work Readiness pada Siswa SMK. Snedika, 3(November), 109–116.

Kurniawati,dkk. (2023). Implementasi asas keterbukaan dalam pelaksanaan konseling individu pada siswa SMA. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), 258-264.

Laia, Bestari et al. 2021. “PENDEKATAN KONSELING BEHAVIORAL TERHADAP PERKEMBANGAN MORAL SISWA.” Jurnal Ilmiah Aquinas 4(1): 159–68. https://scholar.google.com/citations?view_op=view_citation&hl=en&user=kuZhqsAAAAJ&citation_for_view=- kuZhqsAAAAJ:2osOgNQ5qMEC.

Latifah, dkk., (2023). Konsep Dasar Pengembangan Kreativitas Anak Dan Remaja Serta Pengukurannya Dalam Psikologi Perkembangan. EduCurio: Education Curiosity, 1(2), 426-439.

LGBT,” Quantum J. Kesejaht. Sos. BBPPKS Reg. I Sumatra Kementrian Sos. RI, vol. 14, no. LGBT, pp. 23–32, 2018.

Lianawati, E (2020). Penyimpangan Seksual: Jenis Penyebab Dan Penanganannya. Https://Www.Researchgate.Net/P

Lota, S. G. (2020). Efektifitas Layanan Konseling Individual Dalam Membantu Mengatasi Perilaku Membolos Siswa Kelas IX SMPN 22 Kota Jambi. JIGC (Journal of Islamic Guidance and Counseling), 4(2), 89-101.

Musliamin, M. (2021). Eksistensi Komunitas Lesbian Gay Biseksual Transgender (Lgbt) Di Kabupaten Bone. Jurnal Ar-Risalah, 1(2), 86-104.

Mutia, S. (2021). Pelaksanaan Program Layanan Bimbingan Dan Konseling Disekolah. Intelektualita, 7(01).

Netriwati, dkk,. (2023). Praktik Observasi Sekolah.

Nugroho, D., Nugroho, D. A., Khasanah, D. N., Pangestuti, I. A. I., & Kholili, M. I. (2021). Problematika pelaksanaan bimbingan dan konseling di SMA: A systematic literature review (SLR). TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 5(1), 87-96.

Prasetyo, D. D., & Amri, A. (2017). Peranan up3ai unsyiah mengantisipasi pengaruh pemberitaan lgbt di media online terhadap mahasiswa. Jurnal Ilmiah Mahasiswa FISIP Unsyiah, 2(3)

Prastidini, T., Solehati, T., Koeryaman, M.T., Keperawatan, F., & Padjadjaran, U. (2018). Gambaran Pengetahuan dan Sikap Remaja Terhadap NAPZA di SMA Negeri 16 Bandung. Jurnal Ilmiah Manuntung. http://jurnal.akfarsam.ac.id/index.php/ jim_akfarsam/article/view/193

Pratama, M. R. A., Fahmi, R., & Fadli, F. (2018). Lesbian, gay, biseksual dan transgender: Tinjauan teori psikoseksual, psikologi Islam dan biopsikologi. Psikis: Jurnal Psikologi Islami, 4(1), 27-34.

Prima Konselor ( Ribut Purwaningrum). 18(1), 18–27.

Purwaningrum, R. (2018). Bimbingan dan Konseling Komprehensif sebagai Pelayanan

Puspitaningrum, L., Dahlan, S., & Widiastuti, R. (2013). Pelaksanaan Pelayanan Dasar Bimbingan dan Konseling pada SMA di Kota Metro Tahun Ajaran 2012/2013. 1–

Rahima, R., & Herlinda, F. (2017). INSTRUMEN BK 1: Teknik Non Tes (Teori dan Praktek).

Rahmat, H. K. (2019). Implementasi Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Komprehensif Bagi Siswa Tunanetra Di Mts Yaketunis Yogyakarta. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling Dan

Riadini, I., & Ramadani, M. L. (2020). Relationship between the Role of Parents and Peers with Prevention of Sexually Transmitted Diseases (STDS) in SMK. Jurnal of Bionursing, 2(2), 68–74.

Rodriguez, A. J., Watson, J. C., & Gerlach, J. (2019). Comprehensive School Counseling Programs. Journal of Professional Counseling: Practice, Theory & Research

Rohani, R. (2020). Strategi layanan bk untuk pegentasan perilaku seks bebas pada peserta didik jenjang sma. In Seminar Pendidikan Nasional (SENDIKA) (Vol. 2, No. 1).

Rufaedah, E. A., & Himmawan, D. (2023). Pelaksanaan Instrumen Non Tes Dalam Bimbingan Dan Konseling (Penelitian Di SMP Negeri 1 Balongan Indramayu). Risalah, Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 9(3), 1298-1305.

Sandra, R., & Ifdil, I. (2015). Konsep Stres Kerja Guru Bimbingan dan Konseling. Jurnal Educatio: Jurnal Pendidikan Indonesia, 1(1), 80–85.

Saputra, M. R. W., & Nasvian, M. F. (2022). Self Disclosure CA: Pengungkapan Identitas Seksual Seorang Gay. JIIP - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(6), 2049–2059. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i6.679

Saputro, K. Z. (2018). Memahami ciri dan tugas perkembangan masa remaja. Aplikasia: Jurnal Aplikasi Ilmu-Ilmu Agama, 17(1), 25-32.

Sari, G. A. (2020). Guru Bimbingan Konseling dalam Fungsi pada Kegiatan Pembelajaran Jarak Jauh dari Rumah. Jurnal IKA PGSD (Ikatan Alumni PGSD) UNARS, 8(2), 452-461.

Sari, Y. K., Saputra, N., & Ajani, A. T. (2023). Pendidikan Seks Untuk Mengatasi Penyimpangan Orientasi Seksual/LGBT di SMPN 3 Padang Panjang. ABDIMASKU: JURNAL PENGABDIAN MASYARAKAT, 6(3), 741-747.

Sarwono, Sarlito W. Psikologi Remaja, Jakarta,PT Raja Grafindo Persada, 2011, h. 18

Shobariyah, E. (2018). Teknik evaluasi non tes. Adz-Zikr: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 1-13.

Siregar, R. E., Apriliani, A., Hasanah, N. F., & Siregar, S. F. (2020). ANALISIS FAKTOR PERILAKU SEKSUAL REMAJA DI KOTA MEDAN. AN-NUR: Jurnal Kajian dan Pengembangan Kesehatan Masyarakat, 1(1), 99-108.

Sriyono, H. (2017). Efektifitas layanan bimbingan dan konseling di sekolah untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa. Research and Development Journal of Education, 4(1).

Standar Kompetensi Siswa. Jurnal Konseling Andi Matappa. 1(1).

Subekti, L. P., Yuline , & Astuti , I. (2019). Pelaksanaan Layanan Dasar Bimbingan dan Konseling Komprehensif di SMP Negeri 3 Pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran.

Suprihatin, T. (2018). Dampak pola asuh orang tua tunggal (single parent parenting) terhadap perkembangan remaja. In Prosiding Seminar Nasional Psikologi Unissula.

Surianti, S. (2019). Metode Preventif Kuratif Dalam Menangani Penyimpangan Seksual Remaja Perspektif Konseling Islam. Jurnal Mimbar: Media Intelektual Muslim dan Bimbingan Rohani, 5(1), 26-34.




DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v9i2.40117

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala