IDENTIFIKASI MASALAH-MASALAH YANG DIALAMI MAHASISWA FAKULTAS TEKNIK DAN EKONOMI UNSYIAH

Martunis Yahya, Syaiful Bahri

Abstract


Identifikasi ini dimaksudkan untuk mengetahui masalah-masalah yang banyak dialami Mahasiswa program sarjana (S-1) Fakultas Teknik dan Ekonomi Universitas Syiah. Metode yang digunakan adalah pendekatan deskriptif-analitik, dengan sasaran penelitian adalah mahasiswa angkatan 2011/2012 yang berjumlah 300 mahasiswa. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah Alat Ungkap Masalah yang dimodifikasi dari Mooney Problem Chek List (MPCL). Hasil penelitian menemukan bahwa: Masalah-masalah yang menonjol banyak dialami oleh Mahasiswa Fakultas Teknik Unsyiah termasuk dalam kategori berat sekali adalah: masalah keuangan, keadaan kehidupan dan pekerjaan (77,69%), masalah hubungan personal psikologis (63,07%), masalah, rumah tangga dan keluarga (66,15%), masalah penyesuaian terhadap tugas kuliah (66,15%), serta masalah masa depan dan pekerjaan (66,15%). Masalah yang paling menonjol dialami mahasiswa Fakultas Ekonomi Unsyiah adalah masalah keuangan, keadaan kehidupan dan pekerjaan (72,54%), masalah hubungan personal psikologis (64,11%), masalah rumah tangga dan keluarga (66,15%), masalah penyesuaian terhadap tugas kuliah (63,35%), masalah masa depan dan pekerjaan (67,21%). Sedangkan bentuk-bentuk layanan yang telah dilakukan pada masa-masa sebelumnya adalah layanan bimbingan pembelajaran, layanan bimbingan kelompok, layanan konseling individual dan konseling kelompok.

 

Kata Kunci: Identifikasi masalah, mahasiswa, Fakultas Teknik dan Ekonomi Unsyiah


Full Text:

PDF

References


Depdiknas Provinsi NAD (2003), Data Tindak Kekerasan di Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam, Banda Aceh, Departemen Pendidikan Nasional Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam.

Depdikbud (1995), Pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMTJ (Sri Panduan Pelaksanaan Bimbingan Konseling di Kuliah), Jakarta.

Fathurrohman, Pupuh (2014) Urgensi Bimbingan dan Konseling di Perguruan Tinggi (Penyunting): Fajar Fatriadi, Bandung, Refika Aditama.

Marotta, Sylvia A. (2000), Best Practices for Counselors Who Treat Post Traumatic Stress Disorder, Jurnal of Counseling & Development. Vol. 78. Page.

Martunis Yahya (1986), Hubungan Pemenuhan Kebutuhan Psikologis dengan Prestasi Belajar yang Dicapai Mahasiswa (Suatu Penelitian pada SMA Negeri Sigli), Darussalam, Banda Aceh, FKIP Universitas Syiah Kuala.

Nurhasanah (2000), Perilaku Menyimpang pada Remaja Ditelaah dari Status Sosial Ekonomi Keluarga, Jarlit P & K GIRALDA No. 10, Banda Aceh, BAPPEDA.

Shresta, N. M, Sharma, B (1995), Torture and Torture Victims, A Manual for Medical Professionals. Nepal, CVICT.

Serambi Indonesia, 30 September 2004, 488.282 Keluarga Masyarakat Aceh Miskin

Walgito, Bimo (1995), Bimbingan Konseling di Kuliah, Andi Offset: Yogyakarta.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala