KETERAMPILAN DASAR KONSELING: LAPORAN TES DAN LANGKAH BERIKUTNYA
Abstract
ABSTRAK
Keterampilan dasar konseling adalah modal awal bagi mahasiswa calon konselor untuk dapat mengembangkan kemampuan kerjanya terutama dalam layanan konseling baik konseling individu maupun konseling kelompok secara berkelanjutan. Oleh karena itu penguasaan keterampilan ini merupakan salah satu tujuan inti dalam program pendidikan sarjana bimbingan dan konseling selain penguasaan berbagai teori dalam konseling dan praktis penyelenggaraan layanan bimbingan dan konseling dalam seting sekolah dan luar sekolah. Artikel ini melaporkan hasil pengukuran aspek kognitif keterampilan dasar konseling dari 205 mahasiswa dan alumni Program Studi Bimbingan dan Konseling di Aceh. Temuan-temuan positif dan negatif dijabarkan secara hati-hati. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penguasaan konsep attending, questioning, observing dan responding masih belum memuaskan. Masih banyak poin-poin konsep yang hanya dipahami oleh sejumlah kecil peserta tes. Hal ini menunjukkan bahwa pengajar dalam mata kuliah yang mengajarkan kemampuan ini harus lebih memberikan penekanan terhadap pemahaman konseptual daripada hanya langkah-langkah prosedural saja. Pengajar juga diajak untuk memeriksa kembali konsep awal pelatihan keterampilan dasar konseling agar dapat digunakan di dalam pembelajaran mata kuliah yang terkait dengan pengembangan keterampilan dasar konseling ini.
Kata Kunci: Keterampilan dasar konseling, tes aspek kognitif
Full Text:
PDFReferences
Bayliss, J. (2001). Introduction to counseling skills dalam S. Aldridge & S. Rigby (Editor), Counseling Skills in Context. London, England: Hodder Education.
Brems, C. (2001). Basic Skills in Psychotherapy and Counseling. Belmont, CA, USA: Wadsworth/Thompson Learning.
Carkhuff, R. R. (1979). The Skills of Helping: An Introduction to Counseling Skills. Oxford, England: Human Resource Development Press.
Cormier, S., Nurius, P. S. & Osborn, C. J. (2009) Interviewing and Change Strategies for Helpers: Fundamental Skills and Cognitive Behavioral Intervention (6th ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole Publishing Company.
Dryden, W. & Feltham, C. (1994). Developing Counsellor Training. London, England: SAGE Publication .
Egan, G. (2009). The Skilled Helper: A Problem-Management and Opportunity-Development Approach to Helping (9th Ed.). Belmont, CA: Brooks/Cole Publishing Company.
Geldard, D. & Geldard, K. (2011). Basic Personal Counselling (7th Ed.). Australia: Pearson
Hough, M. (2010). Counseling Skills and Theory (3rd Ed.). London, England: Hodder Education.
Ivey, A. E., Ivey, M. B. & Zalaquett, C. P. (2009). Intentional Interviewing and Counseling: Facilitating Client Development in a Multicultural Society. Belmont, CA: Brooks/Cole Publishing Company
Kuntze, A.J. (2009). Assessing progress in mastery of counseling communication skills. Erasmus University Rotterdam.
Kusmaryani, R. E. (2010). Penguasaan Keterampilan Konseling Guru Pembimbing di Yogyakarta. Jurnal Kependidikan (Penerbit: Lembaga Penelitian UNY), 40(2), 175-188.
McAlpine, M. & Hesketh, I. (2003). Multiple response questions – Allowing for chance in authentic assessment. Paper presented at the 7th International CAA Conference, Leicestershire, United Kingdom.
McLeod, J. (2007). Counselling skill. Berkshire, England: Open university press.
McLeod, J. (2009. An introduction to counselling (4th Ed.). Berkshire, England: Open university press.
Reiter, M. D. (2008). Therapuetik interviewing: Essential skills and contexts of counseling. Boston, MA: Pearson/Allyn and Bacon.
Smaby, M. H. & Maddux, C. D. (2010). Basic and Advance Counseling Skills: Skilled Counselor Training Model. Belmont, CA: Brooks/Cole.
Theron, M. J. (2009). A manual for basic relational skills training in psychotherapy. (Dotoral Disertation), University of South Africa. Retrieved from http://uir.unisa.ac.za/xmlui/handle/10500/2554
Timulak, L. (2011). Developing your counseling and psychotherapy: Skills and practice. Los Angeles, CA: Sage Publications.
Truax, C. B. & Carkhuff, R. (2007). Toward effective counseling and psychotherapy: Training and practice. New Jersey, NJ: Aldine De Gruyter.
University of Leeds. (2008). Writing multiple response questions. Questionmark Perception. Retrieved Feb. 2, 2013, from http://www.leeds.ac.uk/perception/v4_mrq.html
DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v1i1.8259
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
P-ISSN: 2407-5809
E-ISSN: 2714-5484
Diterbitkan Oleh:
Jurusan Bimbingan dan Konseling
Universitas Syiah Kuala