Pengasuhan Orangtua dan Motif Afiliasi Siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh

Muhammad Husen, Abu Bakar

Abstract


Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengasuhan orangtua dan motif afiliasi  pada siswa SMP Negeri Kota Banda Aceh. Metode penelitian deskriptif dengan pendekatan kuantitatif korelasional. Populasi penelitian adalah seluruh siswa kelas IX SMP Negeri 6 Banda Aceh yang berjumlah 221 orang, dengan sampel 142 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket, sementara teknik analisis data penelitian yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan korelasi spearman rho. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebesar 66,2% siswa Banda Aceh didapati pengasuhan orangtua dalam kategori sedang dan motif afiliasinya 95,8% tinggi. Selanjutnya, penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif dan signifikan antara pengasuhan orangtua dengan motif afiliasi pada siswa SMP Negeri Banda Aceh dengan r hitung sebesar 0,497 pada taraf signifikan 0,05. Hubungan aspek melindungi secara berlebihan dengan motif afiliasi r hitungsebesar -0,066, hubungan permisivitas dengan motif afiliasi r hitungsebesar 0,281, hubungan memanjakan dan tunduk pada anak dengan motif afiliasi r hitung-0,025, hubungan penolakan dengan motif afiliasi r hitungsebesar -0,200, hubungan penerimaan dengan motif afiliasi r hitungsebesar 0,348 dan hubungan dominasi dan ambisi orangtua dengan motif afiliasi r hitungsebesar -0,061.

Kata kunci: Pengasuhan Orangtua, Motif Afiliasi


Full Text:

PDF

References


Alsa, Asmadi. 2003. Pendekatan Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Kombinasinya Dalam Penelitian Psikologi. Yogyakarta : PT Pustaka Pelajar.

Azwar. 2012. Penyusunan skala psikologis. Yogyakarta: Pustaka Belajar

Gunarsa. S.2002. Psikologi Remaja. Jakarta : Gunung Mulia.

Hurlock, E.B. 1990. Psikologi perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta : Erlangga.

Notoatmojo, S. 2005. Metodelogi Penelitian Kesehatan. Jakarta: PT Asdi Mahasatya.

Setiyoningrum, Endang. 1998, “Perbedaan Motif Berafiliasi dengan teman sebaya pada remaja antara yang tinggal di lingkungan keluarga dengan yang tinggal di lingkungan panti asuhan”. Skripsi tidak diterbitkan,universitas Katolik Soegijapranata, Semarang.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D . Bandung: Alvabeta.

Sukardi, 2003. Metodologi Penelitian. Jakarta : Raja Grafindo.

Sulastri, 2009.”Hubungan Pola Pengasuhan Orangtua Terhadap Penyimpangan Perilaku Pada Remaja”. Skripsi Tidak Diterbitkan Universitas Syiah Kuala Darussalam, Banda Aceh.

Suteja, Amar. 2012 ”Pengaruh Pola Asuh Orang Tua Otoriter terhadap Prestasi Belajar”. Proposal tidak diterbitkan.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala