KAJIAN PRAKTIK-PRAKTIK TERBAIK PENGEMBANGAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH DALAM RANGKA IMPLEMENTASI KURIKULUM 2013

Bahrun Bahrun

Abstract


Penelitian ini penting dilakukan untuk tujuan mengindentifikasi, menganalisis dan memetakan wujud praktik terbaik pendidikan karakter dalam lingkungan sekolah. Telah dipilih tiga Sekolah Menengah Atas (SMA) di Banda Aceh sebagai situs penelitian. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, mengkaji secara intens praktik terbaik pendidikan karakter, mengindentifikasi, menganalisis dan mengkomperasikan praktik-praktik itu secara terpola sehingga menghasilkan sebuah taxonomi pendidikan karakter di sekolah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada prinsipnya banyak kesamaan praktik pengembangan  pendidikan di tiga sekolah yang dikaji, di samping juga ada praktik-praktik khusus yang berbeda. Hasil penelitian juga mengungkapkan bahwa ada faktor filosofis, sosiologis, psikologis, dan manajemen yang mempengaruhi sukses atau tidaknya implementasi Kurikulum 2013 terutama dalam pengembangan pendidikan karakter di sekolah.

 

Kata kunci: karakter, pendidikan karakter, implementasi kurikulum.


Full Text:

PDF

References


Akbar, S. (1991). “Revitalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah”, pidato pengukuhan guru besar di Univ. Malang, 8 Juni 2011.

Althof, W and Berkowitz, MW. (2006). “Moral Education and Character Education: Teir Realtionship and Roles in Citizenship Education”. Journal of Moral Education. 35, (4), 495-518.

Asmani, J.M. (2011). Buku Panduan Internalisasi Pendidikan Karakter di Sekolah. Jogyakarta: Diva Press.

Banks dan Banks. (1995). Multicultural Education. Didownload pada tanggal 12 April 2010 dari http://www.ncrel.org/sdrs/pathwayg.thm

Barnawi dan M. Arifin. (2012). Strategi dan Kebijakan Pembelajaran pendidikan Karakter,.Yogyakarta: Az-ruzz Media.

Bartens, K. (2004). Etika. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Borba, M. (2008). Membangun Kecerdasan Moral: Tujuh Kebajikan Utama untuk Membentuk Anak Bermoral Tinggi, alih bahasa Lina Yusuf. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Budimansyah, D dan Komalasari, K (Ed). (2011). Pendidikan Karakter: Nilai Inti Bagi Upaya Pembinaan Kepribadian Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Budimansyah, D. (2010). Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.

Budimansyah, D. at all (2010). Model Pendidikan Karakter di Perguruan Tinggi: Penguatan PKN, Layanan Bimbingan Konseling dan KKN Tematik Di Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung: UPI.

Capra, F. (1999). Titik Balik Peradaban, Terjemahan Jakarta: Penerbit Bintang.

Covey, S.R. (2010) The Seven Habit of Highly Effective People, diterjemahkan oleh Lindon Saputra, Tangerang: Binarupa Aksara

Creswell, J.W. (1994). Research Design Qualitative & Quantitative Approach. London: Publication.

Cronbach, L.J. (1977). Educational Psychology, 3 edition. Harcourt Brace Javanovich, Inc.

Darmiyati, Z, dkk. (2010), Pendidikan Karakter dengan Pendekatan Komprehensif Terintegrasi dalam Perkuliahan dan Pengembangan Kultur Universitas, Yogyakarta: UNY Press.

Dewantara, K.H. (1962). Karja Ki Hadjar Dewanatara. Jogjakarta: Madjelis Luhur Persatuan Taman Siswa.

Dyke, Vernon Van (1960) “Political Science: A Philosophical Analysis” (Stanford California: Stanford University Press.

Elmubarok, Z. (2008). Membumikan Pendidikan Nilai . Bandung : Alfabeta.

Elias, J. L. 1989. Moral education: secular and religious, Florida: Robert E. Krieger Publishing Co., Inc.

Fraenkel, J.R. (1977). How to Teach About Values: An Analytik Approach Enflewood Cliffs, New Jersey: Prentice Hall, Inc.

Fraenkel, J.R and Norman E.W. (2008). How to Design and Evaluate Research in Education, NewnYork: McGraw-Hill Companies Inc.

Frondizi, R. (2001). Filsafat Nilai, Terjemahan, Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Giddens, A. (2000). Runaway World: How Globalization is Reshaping Our Lives. London: Routledge.

Gray, T. (2009). Character Education in Schools, ESSAI: Vol. 7, Article 21.

Griffin, K. (1996). Studies in Globalization and Economic Transitions. London: ICS,

Gunawan, H. (2012). Pendidikan Karakter: Konsep dan Implementasi. Bandung: Alfabeta.

Husen, A, Japar, M dan Kardiman,Y. (2010).Model Pendidikan Karakter Bangsa Sebuah Pendekatan Monolitik di Universitas Negeri Jakarta: Jakarta: Kemdiknas.

Kemdiknas. (2010a). Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa, Bahan Pelatihan Metodologi Pembelajaran Berdasarkan Nilai-Nilai Budaya untuk Membentuk Daya Saing dan Karakter Bangsa. Jakarta: Kemdiknas, Puskur.

Kemdiknas. (2010b). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas, Dirjen Dikti, Direktorat Ketenagaan.

Kemdiknas. (2010c). Grand Disain Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemdiknas.

Kemdiknas. (2010d). Panduan Pendidikan Karakter di Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Kemdiknas, Dirjen Dikdas, Dir. Pembinaan SMP.

Kemdiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter: Berdasarkan Pengalaman di Satuan Pendidikan Rintisan. Jakarta: Kemdiknas, Balitbang Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Koesoema, D. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Global. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Koesoema, D. (2009). Pendidik Karakter di Zaman Keblinger. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Komalasari, K. (2012)., The Effect Of Contextual Learning In Civic Education On Students' Character Development. Civic Education Department of Social Studies Education Faculty. Indonesia University of Education. Universiti Sains Malaysia, Asia Pacific Journal of Educators and Education, Vol. 27, 87–103, 2012

Kuswarno, E, (2009), Metodologi Penelitian Komunikasi Fenomenologi Konsepsi Pedoman dan Contoh Penelitiannya, Bandung: Widya Padjajaran.

Petikan internet: Dokumen akademik Kurikulum 2013

Winecoff, H.L. (1998). Values Education, Conceps and Models. Terjemahan, Malang: IKIP Malang.

Lickona, T. (1992). Educating for Character: How our Schools can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Book.

Lickona, T. (2004). Character Matters. New York: Simon & Schuster.

Megawangi, R. (2004). Pendidikan Karakter, Solusi Tepat untuk Membangun Bangsa. BP Migas: Star Energy.

Mulyana, R. (2004). Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Mulyasa, H E. (2011). Manajemen Pendidikan Karakter. Jakarta: PT Bumi Aksara.




DOI: https://doi.org/10.24815/suloh.v1i1.8308

Article Metrics

Abstract view : 78 times
PDF - 28 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


P-ISSN: 2407-5809

E-ISSN: 2714-5484

Diterbitkan Oleh:

Jurusan Bimbingan dan Konseling 

Universitas Syiah Kuala