Pengembangan Modul Realistic Mathematics Education Bernilai Budaya Banten untuk Mengembangkan Kemampuan Literasi Matematis Siswa
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Borg, W. R., Gall, M. D., & Bennett, N. (1983). Educational research: An introduction. British Journal of Educational Studies, 32, 274. https://doi.org/10.2307/3121583
BSNP. (2012). Deskripsi butir instrumen penilaian buku teks pelajaran SMP, SMA, SMK komponen kegrafikan (p. 5). p. 5.
Jazim, J., Agustina, R., Nurlaila, S., & Farida, N. (2018). Bahan ajar matematika berbasis RME pada siswa tunagrahita. In Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(2), 469-473.
Kemendikbud. (2014). Konsep dan implementasi kurikulum 2013. Kementrian Pendidikan Dan Kebudayaan, 1–162.
Kwartolo, Y. (2010). Teknologi informasi dan komunikasi dalam proses pembelajaran. Jurnal Pendidikan Penabur, 14(Juni), 15–43.
Larasati, M., Fibonacci, A., & Wibowo, T. (2018). Pengembangan modul berbasis problem based learning pada materi polimer kelas XII SMK ma’arif nu 1 sumpiuh. Jurnal Tadris Kimiya, 3, 207-216.
Lee, K. B., & Salman, R. (2012). The design and development of mobile collaborative learning application using android. Journal of Information Technology and Application in Education (JITAE}, 1(1), 1–8.
Majid, A. (2011). Perencanaan pembelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Muchsin, S. B., Kamaruddin, R., & Razak, K. (2018). Pengembangan lkm geometri analitik bidang berbasis RME untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. HISTOGRAM: Jurnal Pendidikan Matematika, 2(2), 207-221.
Munir. (2012). Multimedia konsep & aplikasi dalam pendidikan. In Antimicrobial agents and chemotherapy, 58. https://doi.org/10.1128/AAC.03728-14
Nugroho, R. (2017). Terhadap hunian masyarakat pengrajin tempe. Local Wisdom, 9(1), 27–39.
OECD. (2009). Learning mathematics for life. https://doi.org/10.1787/9789264075009-en
OECD. (2015). PISA (programme for international assessment) 2015 Result in Focus.
Pamungkas, A. S. (2017). Pengembangan bahan ajar bebasis literasi pada materi bilangan bagi mahasiswa calon guru SD. JPSD, 3(2), 228–240.
PISA, I. (2016). Hasil PISA 2015 membaik. Retrieved from https://pisaindonesia.wordpress.com/
Prastowo, A. (2013). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif (5th ed.). Yogyakarta: DIVA Press.
Puspitasari, R. (2015). Pengembangan perangkat pembelajaran saintifik bahan-bahan listrik dalam cakupan contextual teaching and learning. Universitas Pendidikan Indonesia.
Ramdani, I. (2014). Pengembangan bahan ajar dengan pendekatan pendidikan matematika realistik indonesia (PMRI) untuk memfasilitasi pencapaian literasi matematika siswa kelas VII. Universitas Negeri Yogyakarta. Skripsi Tidak Diterbitkan.
Rosida, Fadiawati, N., & Jalmo, T. (2017). Efektivitas penggunaan bahan ajar e-book interaktif dalam menumbuhkan keterampilan berpikir kritis siswa. Jurnal Pembelajaran Fisika, 5(1), 35–45. Retrieved from http://jurnal.fkip.unila.ac.id/index.php/JPF/article/view/11886/8487
Somayasa, W., Natajaya, N., & Candiasa, M. (2013). Pengembangan modul matematika realistik disertai asesmen otentik untuk meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas X di SMK negeri 3 singaraja. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 3.
Stacey, K. (2012). The international assessment of mathematical literacy: PISA 2012 Framework and items. Selected Regular Lectures from the 12th International Congress on Mathematical Education, pp. 771–790. https://doi.org/10.1007/978-3-319-17187-6_43
Subekti, T. (2016). Pengembangan modul bahasa indonesia bermuatan nilai karakter kebangsaan bagi mahasiswa PGSD. Profesi Pendidikan Dasar, 3(2), 92-101.
Sugiyono. (2015). Metode penelitian pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Susanto, A. (2015). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Prenada Media Group.
Susiana. (2017). Pengembangan bahan ajar bahasa indonesia berbasis budaya lokal malang berdasarkan kurikulum 2013 yang disempurnakan untuk SMP / Mtskelas VII semester gasal. NOSI, 5(2), 175–186.
Wardhani, S., & Rumiati. (2011). Instrumen penilaian hasil belajar matematika SMP: Belajar dari PISA dan TIMSS. Yogyakarta: PPPPTK.
Wibowo, A., & Gunawan. (2015). Pendidikan karakter berbasis kearifan lokal di sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Widoyoko, E. P. (2017). Evaluasi program pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Wijaya, A. (2012). Pendidikan matematika realistik, suatu alternatif pendekatan pembelajaran matematika. Yogyakarta: Graha Ilmu.
DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.13359
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Nurul Hilaliyah, Ria Sudiana, Aan Subhan Pamungkas
![Creative Commons License](http://licensebuttons.net/l/by-sa/4.0/88x31.png)
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN 2355–4185 (print) | 2548–8546 (online)
Published by:
Universitas Syiah Kuala incorporated with the Indonesian Mathematics Educators Society (I-MES)
Mathematics Education Department Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Website : http://jurnal.usk.ac.id/DM/
Email : jurnal.jdm@usk.ac.id
Jurnal Didaktik Matematika by Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.