Profil Berpikir Kritis Siswa Asperger pada Pembelajaran Bangun Datar dengan Metode Montessori
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Anna, L. K. (2017). 7 tanda anak memiliki sindrom asperger. Retrived 23 Juli 2019 at https://lifestyle.kompas.com/read/2017/05/08/071600020/7.tanda.anak.memiliki.sindrom.asperger
Cintang, N., & Nurkhasanah, A. M. (2017). Peningkatan pemahaman konsep bangun datar melalui pendekatan konstruktivisme berbasis teori van hiele. Premiere Educandum, 7(1), 1-8. http://doi.org/10.25273/pe.v7i01.1144
Cipta, D. A. S. (2018). Penerapan pendekatan montessori untuk mananamkan pemahaman konsep bilangan cacah pada siswa TK putera zaman. Jurnal Matematika dan Pembelajaran, 6(1), 30-34. http://dx.doi.org/10.33477/mp.v6i1.440
Darnis, S. (2018). Aplikasi montessori dalam pembelajaran membaca, menulis, dan berhitung tingkat permulaan bagi anak usia dini. Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), 1-10. https://doi.org/10.31326/jcpaud.v1i01.3
Faisal, B., Lestari, L., Atmojo, I. R. W. (2017). Peningkatan pemahaman konsep sifat- sifat bangun datar melalui penerapan model pembelajaran stad menggunakan media realita. Didaktika Dwija Indria. 5(7), 1 – 8.
Irsad, M. (2017). Metode maria montesori dalam perspektif filsafat pendidikan. Jurnal Komunikasi Pendidikan, 1(1), 51-58.
Kristiyani, C. (2018). Materials and (language) learning environment based on montessori concepts. Language and Language Teaching Journal, 21(1), 46-54. doi.org/10.24071/llt.2018.210105
Maharani, K. D. (2015). Studi kasus proses pencapaian kebahagiaan pada ibu yang memiliki anak kandung penyandang asperger’s syndrome. Wacana: Jurnal Psikologi, 7(13), 42-56.
Kusumo, E. L. (2017). Montessori di rumah: 55 kegiatan matematika. Jakarta: Esensi.
Lillard, A. S. (2013). Playful learning and montessori education. American Journal of Play, 5(2), 157 – 186.
Putri, K. I. A., Suditha, I. W. R., & Pudjawan, Kt. (2013). Pengaruh model pembelajaran master terhadap kemampuan berpikir kritis siswa kelas IV SD 1 bayuning kecamatan buleleng. Mimbar PGSD, 1(1), 1-6.
Rachmadtullah, R. (2015). Kemampuan berpikir kritis dan konsep diri dengan hasil belajar pendidikan kewarganegaraan siswa kelas V sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 6(2), 287-298. https://doi.org/10.21009/JPD.062.10
Rosly, N. S., Rahim, N. A., & Halim, H. A. (2015). Pengaruh elemen cerita binatang berbentuk digital ke atas ujaran kanak-kanak sindrom asperger. International Journal of Language Education and Applied Linguistics.
Roy, N.,& Dillo, W. (2017). Asperger syndrome and partnership. Journal of Autism. 4(1), 1 – 7.
Sagala, V., & Hatip, A. (2018). Peningkatan lapisan pemahaman konsep luas bangun datar mahasiswa melalui model pembelajaran PRAKTAK. Jurnal Didaktik Matematika, 5(2), 30-39. https://doi.org/10.24815/jdm.v5i2.11898
Setyowati, A. (2011). Implementasi pendekatan konflik kognitif dalam pembe-lajaran fisika untuk menumbuhkan kemampuan berpikir kritis siswa kelas VIII. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 7(2) , 89-96.
Sumitra, A. (2014). Proses pembelajaran berbasis metode montessori dalam mengembangkan keterampilan sosial anak usia dini. Jurnal Empowerment, 4(1), 60-70. https://doi.org/10.22460/empowerment.v3i1p60-70.573
Syukri, E., Rahman, A., & Minggi, I. (2016). Komparasi pemahaman konsep bangun datar siswa antara yang diajar dengan model pembelajaran advance organizer dengan peta konsep dan model pembelajaran yang mengadopsi teori van hiele pada kelas VII SMPN 2 sinjai timur. Jurnal Sainsmat, V(1), 106-124. https://doi.org/10.35580/sainsmat5132392016
Tanriady, S., Hartanti, H., & Kartika, A. (2013). Pengaruh Social stories terhadap keterampilan komunikasi pragmatis anak dengan gangguan asperger. Calyptra, 2(1), 1–9.
Tantam , D., & Girgis, S. (2009). Recognition and treatment of asperger syndrome in the community. British Medical Bulletin, 89(1), 41 – 62.
Toth, K., & King, B. H. (2008). Asperger’s syndrome: Diagnosis and treatment. The American Journal of Psychiatry, 165 (8), 958-963. https://doi.org/10.1176/appi.ajp.2008.08020272
Wijayanti, D. A. I., Pudjawan, K., & Margunayasa, I. G. (2015). Analisis kemampuan berpikir kritis siswa kelas V dalam pembelajaran IPA di 3 SD gugus X kecamatan buleleng. Jurnal PGSD Universitas Pendidikan Ganesha, 3(1), 1-12.
Wulandari, D. A., Saifuddin, S., & Muzakki, J. A. (2018). Implementasi pendekatan metode montessori dalam membentuk karakter mandiri pada anak usia dini. Awlady: Jurnal Pendidikan Anak, 4(2), 1-19. http://dx.doi.org/10.24235/awlady.v4i2.3216.g1831
Yuadarma, I. (2017). Upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis menggunakan metode studi kasus pada pembelajaran IPS. Basic Education, 6(6), 578–589.
DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14175
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Dyah Ayu Sulistyaning Cipta, Donna Avianty, Anik Kurniawati
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN 2355–4185 (print) | 2548–8546 (online)
Published by:
Universitas Syiah Kuala incorporated with the Indonesian Mathematics Educators Society (I-MES)
Mathematics Education Department Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Website : http://jurnal.usk.ac.id/DM/
Email : jurnal.jdm@usk.ac.id
Jurnal Didaktik Matematika by Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.