Efektivitas Model Pembelajaran IMPROVE Ditinjau dari Kemampuan Adversity Quotient
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Amelia, R. (2014). Meningkatkan kemampuan pemahaman matematik siswa SMP swasta di kota cimahi dengan menggunakan metode pembelajaran IMPROVE. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika STKIP Siliwangi (Vol. 2).
Anwar, R. . (2004). ASQ: Adversity spiritual quotient. Jawa Barat: Pustaka Ilman.
Budiada, I. W. (2011). Pengaruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis asesmen portofolio terhadap hasil belajar kimia siswa kelas X ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Penelitian dan Evaluasi pendidikan Indonesia, 1(2).
Fariski, M. (2012). Efektivitas metode pembelajaran improve dengan bantuan alat peraga miniatur tandon air terhadap hasil belajar peserta didik pada materi logika matematika semester genap kelas X SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun pelajaran 2011/2012 (Doctoral dissertation, IAIN Walisongo).
Fathurrohman, M. (2015). Model-model pembelajaran inovatif. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Heruman. (2013). Model pembelajaran matematika di sekolah dasar. Bandung: PT Remaja Rosdakara.
Kurniawan, J. Pengaruh adversity quotient terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran ekonomi di SMAN 09 pontianak. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 6(3).
Fauziyah, L., Nur, I., & Usodo, B. (2013). Proses berpikir kreatif siswa kelas X dalam memecahkan masalah geometri berdasarkan tahapan wallas ditinjau dari adversity quotient (AQ) siswa. Jurnal Pendidikan Matematika Solusi, 1(1), 1-16.
Liberna, H. (2012). Peningkatan kemampuan berpikir kritis matematis siswa melalui penggunaan metode IMPROVE pada materi sistem persamaan linear dua variabel. Jurnal Formatif, 2(3), 190-197.
Mevarech, Z. R., & Kramarski, B. (1997). IMPROVE: A multidimensional method for teaching mathematics in heterogeneous classrooms. American educational research journal, 34(2), 365-394.
Nuraini, N., Nursangaji, A., & Hamdani, H.(2018). Proses berpikir siswa dalam pemecahan masalah matematika pada materi perbandingan ditinjau dari adversity quotient. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 7(3).
Pangma, R., Tayraukham, S., & Nuangchalerm, P. (2009). Causal factors influencing adversity quotient of twelfth grade and third-year vocational students. Journal of Social Sciences, 5(4), 466–470.
Parvathy, U., & Praseeda, M. (2014). Relationship between adversity quotient and academic problems among student teachers. IOSR Journal of Humanities And Social Science (IOSR-JHSS), 19(11), 23–26.
Pratiwi, Y. (2016). Analisis kemampuan pemecahan masalah matematika siswa SMP dalam pembelajaran creative problem solving ditinjau dari adversity quotient. Pendidikan Matematika.
Rahayu, S. (2014). Eksperimentasi model pembelajaran kooperatif tipe TAI dan NHT pada pokok bahasan relasi dan fungsi ditinjau dari adversity quotient siswa SMP kelas VIII. Semarang: Uiversitas Sebelas Maret.
Rheede, V. (2013). Psychological contract breach and turnover intention : The Moderating roles of adversity quotient and gender. Social Behavior And Personality, 41(1), 843–860.
Stoltz, P. (2004). Adversity quotient. Mengubah Hambatan Menjadi Peluang. Jakarta: Grasindo.
Santos, M.C.J. (2012). Assessing the effectiveness of the adapted adversity quotient program in a special education school. Journal of Arts, Science & Commerce, 4(4), 13–23.
Supardi. (2013). Pengaruh adversity qoutient terhadap prestasi belajar matematika. Jurnal Formatif, 3(1): 61-71.
DOI: https://doi.org/10.24815/jdm.v6i2.14196
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2019 Padrul Jana, Apendika Nugrahayuningtyas
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Didaktik Matematika
ISSN 2355–4185 (print) | 2548–8546 (online)
Published by:
Universitas Syiah Kuala incorporated with the Indonesian Mathematics Educators Society (I-MES)
Mathematics Education Department Faculty of Teacher Training and Education, Universitas Syiah Kuala, Darussalam, Banda Aceh, Indonesia - 23111
Website : http://jurnal.usk.ac.id/DM/
Email : jurnal.jdm@usk.ac.id
Jurnal Didaktik Matematika by Program Studi Magister Pendidikan Matematika FKIP Universitas Syiah Kuala is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.