PENINGKATAN KETERAMPILAN SISWA PADA MATERI KERAJINAN SULAM KRUISTIK MELALUI METODE DEMONSTRASI DI SMP 3 SUSOH ACEH BARAT DAYA
Abstract
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada Mata Pelajaran Keterampilan, mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada Mata Pelajaran Keterampilan, dan mengetahui respon siswa kelas VIIISMPNegeri 3 Susoh terhadap penerapan metode demonstrasi materi Kerajinan Sulam Kruistik. Subjek penelitian adalah siswa Kelas VIII-2 yang berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data melalui test dan observasi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, soal test, dan angket respon siswa. Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dianalisa menggunakan statistik deskriptif dengan skor rata-rata, ketuntasan individual dan klasikal dan rumus persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Penerapan metode pembelajaran demonstrasi pada Pelajaran Keterampilan materi kerajinan sulaman kruistik di SMPN 3 Susoh dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Hal ini terliht pada aktivitas guru mengelola pembelajaran pada siklus I termasuk kategori baik (81%), sedangkan kemampuan siswa siklus I termasuk cukup (64,8%). Pada siklus II terjadi peningkatan baik aktivitas guru maupun aktivitas siswa. Aktivitas guru berada pada kategori sangat baik (91%), dan aktivitas siswa termasuk kategori baik (82,4%). Terjadi peningkatan hasil belajar siswa setelah diterapkan metode demonstrasi pada Pelajaran Keterampilan materi sulaman kruistik, yaitu pada siklus I nilai rata-rata siswa 63,48 dengan persentase ketuntasan 69,56%. Sedangkan pada siklus II nilai rata-rata siswa 69,35 dengan persentase ketuntasan 82,61%. Siswa kelas VIII-2 merespon dengan baik penerapan metode demonstrasi pada pelajaran keterampilan, yaitu rata-rata 87,83% setuju.
Kata Kunci: Metode Demonstrasi, Keterampilan Siswa, Sulaman Kruistik
ABSTRACT
This study aims to determine the application of demonstration learning in Crafts Subjects, to determine the improvement of student outcomes in Crafts Subjects, and to find out the responses of VIII grade students of SMP Negeri 3 Susoh to the application of the demonstration method of Kruistic Embroidery Crafts. The research subjects were students of Class VIII-2 who opened 23 people. Data collection techniques through tests and observations. The data collection tools used were observation sheets, test questions, and student response questionnaires. To determine the activities of teachers and students were analyzed using descriptive statistics with average scores, individual and classical completeness and percentage formulas. The results showed that the application of the demonstration learning method in the Crafts Lesson of Crustic Embroidery at SMPN 3 Susoh could improve student learning outcomes. This can be seen in the teacher's activities in managing learning in the first cycle, including the good category (81%), while the students' ability in the first cycle is sufficient (64.8%). In the second cycle there was an increase in both teacher and student activities. Teacher activities are in the very good category (91%), and student activities are in the good category (82.4%). There was an increase in student results after the demonstration was applied to the Craftls Lesson of the Crustic Embroidery material, namely in the first cycle the average value of students was 63.48 with a mastery percentage of 69.56%. While in the second cycle the average value of students was 69.35 with a percentage of completeness 82.61%. Class VIII-2 students responded well to the application of the demo method in crafts lessons, with an average of 87.83% agreeing.
Keywords: Demonstration Method, Student Skills, Cruistic Embroidery
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu dan Joko Tri Prasetya. 2005. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Arisandi. 2014. Pembelajaran Keterampilan Pravokasional Pembuatan Keripik Enye pada Anak Tunarungu Tingkat SMALB di SLBN Handayanui Kabupaten Sukabumi. Universitas Pendidikan Indonesia. http/repository.upi.edu
Dahyana. 2014. Penerapan Metode Demontrasi untuk meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran IPA Terpadu. Jurnal Nalar Pendidikan. Volume 2 No. 2. http/ojs.unm.ac.id
Djajadisastra, Jusuf. 2000. Strategi dalam Proses Pembelajaran. Bandung: Angkasa.
Fitriana., Rosmala Dewi. 2015. Peran Guru dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Vokasional Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Pair Jidsaw di SMP Negeri 18 Banda Aceh. Prosiding Konvensi Nasional APTEKINDO Se-Indonesia. http://jurnal.upi.edu/proceedingfptk/view/3026/Peran%20Guru%20dalam%20Meningkatkan%20Hasil%20Belajar%20Siswa%20%20pada%20Pelajaran%20Vokasional%20Melalui%20Model%20%20Pembelajaran%20Kooperatif%20Tipe%20Pair%20Jigsaw%20%20di%20SMP%20Negeri%2018%20Banda%20Aceh
Hery, Suhersono. 2004. Desaian Bordir Flora dan Dekoratif. Jakarta: Gramedia Pustaka.
I Made Runawan, Made Santo Gitakarma, I Nyoman Pasek Nugraha. 2017. Penerapan Metode Demontrasi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Prakarya dan Kewirausahaan Siswa Kelas XI MIA 4 SMA Negeri 3 Singaraja. Jurnal Pendidikan Teknik Elektro Undiksha Vol 6 No. 2. http//ejournal.undiksha.ac.id
Karmila, M dan Marlina. (2011) Kriya Tekstil. Jakarta: Bee Media Pustaka.
Ratu Seri Hastuti. 2004. Teknik Dasar Sulam. Surabaya: Perpustakaan Nasional RI Katalog dalam Terbitan (KDT) A.45.85.
Rusman, dkk. 2011. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Sabri, S.M. 2005. Model-Model dalam Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo.
Sali Ismayati J.S., Mastiah. 2017. Upaya Meningkatkan Keterampilan Kerajinan Tangan Menggunakan Metode Demontrasi Teknik Kolase. Jurnal Pendidikan Dasar Volume 5 No. 1. http//jurnalstkipmelawi.ac.id
Soekarno. 2001. Metode-metode Menagajar. Bandung: Angkasa.
Soemarjadi, dkk. 1991. Pendidikan Keterampilan. Jakarta: Depdikbud
Sri Rizki Fitria, Mukhirah, Fitriana. 2017. Implementasi Kurikulum 2013 Pada
Mata Pelajaran Prakarya di MAN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Vol 2.No.3. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/9705.
Subrata. 2016. Penerapan Metode Demontrasi pada Materi Asam Basa Garam untuk Meningkatkan Aktifitas dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Scientia Indonesia. Volume 1 No. 1. http//journal.unnes.ac.id
Umi Halimah, Robiatul. 2012. Pelaksanaan Pembelajaran Keterampilan Menyulam dengan Model Tematik pada Anak Tuna Grahita Ringan di LSB C Dharma Bhakti Piyungan Yogyakarta. Skripsi (Online). Universitas Negeri Yogyakarta. http/eprints.uny.ac.id
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB