EFEKTIVITAS MODEL PEMBELAJARAN TUTOR SEBAYA PADA PEMBUATAN POLA DASAR WANITA DEWASA MATA PELAJARAN DASAR POLA DI SMK NEGERI 3 BANDA ACEH 2017
Abstract
ABSTRAK
Model Pembelajaran tutor sebaya adalah salah satu upaya dalam mengatasai permasalahan pembelajaran dasar pola di kelas X BS 5 SMK Negeri 3 Banda Aceh. Penelitian ini bertujuan Untuk mengetahui aktivitas guru dan siswa dalam meningkatkan hasil belajar dan prestasi belajar siswa kelas X BS 5 dengan menerapkan model pembelajaran tutor sebaya pada Mata Pelajaran Dasar Pola. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X BS 5 SMK Negeri 3 Banda Aceh yang berjumlah 28 orang. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan tes dan observasi. Data observasi aktivitas guru dan siswa dianalisa secara deskriptif dengan skor rata-rata. Data hasil observasi hasil belajar siswa dan prestasi belajar siswa, dianalisa dengan mendeskripsikan kegiatan guru dan siswa selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Data tes hasil belajar siswa dianalisa dengan menggunakan tingkat ketuntasan individual dan klasikal. Hasil penelitian menunjukkan Siklus I Hasil Belajar 16 siswa (18%) kategori baik, 6 siswa (21%) hasil belajarnya cukup, dan 6 siswa yang hasil belajarnya kurang. Aktivitas guru dan siswa mendapat skor rata-rata 3,5 (88%) kategori baik, dan Hasil belajar siswa yang tuntas 5 orang dengan nilai rata-rata 39,83 secara klasikal (18%). Pada siklus II Hasil belajar 28 siswa (90%) kategori baik, 2 siswa (14%) kategori cukup, dan 0% dengan kategori kurang. aktivitas guru dan siswa mendapat skor rata-rata 5,10 (93%) kategori baik sekali. Hasil belajar siswa yang tuntas 28 orang dar total keseluruhan 28 orang dengan nilai rata-rata 88 secara klasikal (90%). Dengan demikian hipotesis di terima (Hᶦ). Model pembelajaran tutor sebaya dapat mengatasi permasalahan yang dihadapi siswa dalam pembelajaran dasar pola.
Kata Kunci : Tutor Sebaya, Hasil Belajar dan Prestasi Belajar, Dasar Pola
EFFECTIVENESS OF LEARNING TUTOR MODEL BECOMING IN MAKING BASIC PATTERN OF ADULT WOMEN BASIC LESSONS PATTERN IN SMK NEGERI 3 BANDA ACEH
ABSTRACT
Peer tutoring learning model is one of the efforts to overcome the problems in the classroom learning the basic pattern of X BS 5 SMK Negeri 3 Banda Aceh. This study aims to determine the activities of teachers and students in improving learning outcomes and student achievement of class X BS 5 by applying peer tutoring learning model in Subjects Basic Patterns. This research uses qualitative approach with Classroom Action Research type (PTK). The subjects of this study are the students of class X BS 5 SMK Negeri 3 Banda Aceh, amounting to 28 people. Technique of collecting data is done by test and observation. Observation data of teacher and student activity were analyzed descriptively with mean score. Data of observation result of student learning result and student achievement, analyzed by describing activity of teacher and student during learning activity take place. The test data of students' learning outcomes were analyzed using individual and classical mastery. The results showed that the first cycle of learning result 16 students (18%) good category, 6 students (21%) enough learning result, and 6 students whose learning result is less. The activity of teachers and students scored an average of 3.5 (88%) good category, and the result of student learning that complete 5 people with average value 39,83 in classical (18%). In the second cycle Student learning outcomes 28 (90%) good category, 2 students (14%) enough category, and 0% with less category. Teacher activity and students got an average score of 5.10 (93%) excellent category. Student learning outcomes completed 28 people out of a total of 28 people with an average grade 88 in class (90%). Thus the hypothesis is received (Hᶦ). Peer tutor learning model can overcome the problems faced by students in basic learning patterns.
Keywords: Peer Tutor, Learning Outcomes and Learning Achievement, Basic Patter
Full Text:
PDFReferences
Ahmadi, Abu., dan Supriyono, Widodo. 2004. Pendidikan Tutor Sebaya. Jakarta
Mulyasa, E. 2007. Menjadi Guru Profesional Menciptakan pembelajaran Kreatif dan menyenangkan. Bandung: Rosdakarya.
Nurul Fadhilah, Anizar Ahmad, Fitriana. 2018. Peningkatan Hasil Belajar Siswa Peningkat Hasil Belajar Siswa Melalui Media Game Edukasi Pada Materi Bagian-Bagian Busana di SMK Negeri 3 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Prodi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 3 Nomor4. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/11948
Paizaluddin dan Ermalinda. 2013. Penelitianm Tindakan Kelas (Classroom Action Reseacrc) Panduan Teoritis dan Praktis. Bandung: Alfabeta
Sardiman. 2010. Interaksi dan Motifasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo.
Surya Brata, Sumadi. Efektivitas Pembelajaran Tingkat Keberhasilan Suatu Model Pembelajaran (1990:5)
Sudjana. 2005. Hasil belajar siswa dan faktor-faktor yang mempengaruhi. Dalam Buku Pendidikan 12 halaman. Tersedia : http://ainamulyana.blogspot.co.id/2012/01/pengertian-hasil-belajar-dan-faktor.html
Sugiono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta
Thobroni, Muhammad dan Arif Mutofa. Belajar & Pembelajaran. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB