MODEL PEMBELAJARAN MATERI BATIK PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 1 MESJID RAYA

. Fatimah, . Fadhillah, fikriah Noer

Abstract


Pendidikan sangat memegang peranan penting untuk menjamin kelangsungan hidup suatu negara dan bangsa, hal ini dapat tercapai bila tujuan pendidikan telah diterapkan. Salah satunya menerapkan model pembelajaran yang sesuai. Di SMK Negeri 1 Mesjid Raya satu-nya sekolah di Aceh yang memproduksi batik Model pembelajaran yang diterapkan di SMK Negeri 1 Masjid Raya sudah tergolong baik dan sudah menghasilkan produk batik yang layak dipasarkan pada tinggkat daerah, produk yang dihasilkan mampu untuk bersaing secara nasional maupun internasional. Ini dapat dilihat dari karya siswa yang dipamerkan pada acara tertentu. Dari keberhasilan yang diperoleh oleh SMK Negeri 1 Mesjid Raya perlu diadakannya penelitian lebih lanjut untuk dipublikasikan guna dijadikan pedoman bagi sekolah lain. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui model pembelajran materi batik yang tepat pada siswa XI SMK Negeri 1 Mesjid raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan subjek penelitian dua guru dan siswa kelas XI. Pengumpulan data diperoleh dari wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model pembelajaran yang tepat yang digunakan pada materi batik adalah model pembelajaran inquiry (problem based learning), model pembelajaran ini sangat bagus untuk dipertahankan melihat hasil belajar siswa. Adapun saran dari peneliti yaitu diharapkan penerapan model pembelajaran inquiry based learning di sekolah SMK Negeri 1 Masjid Raya Banda Aceh harus dipertahankan dan dapat dilakukan evaluasi secara kontinu untuk mendapatkan model pembelajaran yang lebih baik.

 

Kata Kunci :  Model Pembelajaran, Materi Batik, SMKN 1 Mesjid Raya

 

 

 


 

LEARNING MODEL OF BATIK MATERIAL IN ELEVENTH GRADE STUDENTS OF SMK NEGERI 1 MESJID RAYA.

 

 

ABSTRACT

 

Education plays an important role to ensure the sustainability of a country and nation, it can be achieved if the educational objectives have been implemented. One of them is by applying an appropriate learning model. SMK Negeri 1 Mesjid Raya is the only school in Aceh that produces batik. The learning model that has been implemented can produce batik products that are feasible to be marketed in certain regions. However, this is not the end point of the achievement that must be achieved. The batik produced is expected to be able to compete national and international competition. The purpose of this research is to find out the appropriate batik material learning model for eleventh grade students of SMK Negeri 1 Mesjid Raya. This study uses descriptive qualitative and the research subjects are two teachers and eleventh grade students. The writer uses a purposive sampling method and collects data by interview and registration. Data analysis was performed by data reduction, data display and conclusions. The learning model used in batik material is the inquiry learning model (problem based learning), this learning model is very good for evaluating student learning outcomes. The application of inquiry based learning model in SMK Negeri 1 Mesjid Raya Banda Aceh must be maintained and evaluation can be carried out continuously to get a better learning model.

Keywords: learning model, batik material, SMK Negeri 1 Mesjid Raya

Full Text:

PDF

References


Aunurrahman, 2009, Belajar Dan Pembelajaran, Bandung: Alfabeta.

Lestari, Dwi Suerna. 2012, Mengenal Aneka Batik, Jakarta : Surya Media

Permendikbud 22 Tahun 2016

Suwardi, 2007. Manajemen Pembelajaran, Menciptakan Guru Kreatif Dan Berkompetensi. Surabaya: PT. Temprina Media Grafika.

Sanjaya, Wina, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Predana Media Group.

Setia Riska, Pocut., Mukhirah, Fitriana. 2021. Perkembangan Seni Batik Ikat Celup di SMK Negeri 1 SamaTiga Aceh Barat. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Volume 6 Nomor 2. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/article/view/17623.

Sri Rizki Fitria, Mukhirah, Fitriana. 2016. Implementasi Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Prakarya di MAN 1 Banda Aceh. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Volume 1 No.2. http://www.jim.unsyiah.ac.id/pkk/arti cle/view/5327.


Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Alamat Redaksi :

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.

E-mail               : jbb_fkip@usk.ac.id

Website             : https://jurnal.usk.ac.id/JBB