Video Tutorial sebagai Media Pembelajaran pada Mata Kuliah Konstruksi Busana Pria
Abstract
ABSTRAK - Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan atau Research dan Devolopment (R&D). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) Prosedur pengembangan video tutorial sebagai media pembelajaran pada pembuatan Celana. 2) kelayakan pengembangan media pembelajaran berbasis video tutorial pada mata kuliah Konstruksi Busana Pria. Penelitian ini dilakukan di Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Penelitian dan Pengembangan (R&D) menggunakan model pengembangan ADDIE yaitu Analysis, Design, Devolopment, Implementation dan Evaluation. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi dan kuesioner. Hasil Penelitian ini 1) Proses pengembangan media video tutorial ini mengacu pada model pengembangan ADDIE yang digunakan untuk mengetahui prosedur dalam pembuatan media yang terdiri dari lima tahapan, Analisis (Analysis), Perancangan (Design), Pengembangan (Devolopment), Implementasi (Implementation) dan Evaluasi (evaluation). 2) Kelayakan media Pembelajan pembuatan celana berbasis video tutorial memproleh nilai presentase dari ahli materi sebesar 95.3% dan 92.18% serta nilai dari ahli media sebesar 89.7% dan 93.18% dalam kualifikasi sangat baik dengan ekuivalen sangat layak, sehingga dapat disimpulakan bahwa media pembelajaran pembuatan celana berbasis video tutorial layak digunakan pada mata kuliah konstruksi busana pria.
Kata kunci - Pengembangan, Media Pembelajaran,Pembuatan Celana, Konstruksi Busana Pria, Video Tutorial.
Full Text:
PDFReferences
REFERENSI
Agnes Fahriana. 2018. Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Pola Dasar Badan Wanita Sistem Praktis Untuk Siswa Kelas X Tata Busana SMK Dipenogoro Depok Yogyakarta. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Aria Pramudito. 2013. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pada Mata Pelajaran Kompetensi Kejuruan Standar Kompetensi Melakukan Pekerjaan Dengan Mesin Bubut di SMK Muhammadiyah 1 Playen. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Azhar Arsyad. 2017. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers Divisi Buku.
Dony April Krismanto. 2016. Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Tutorial Gerak Dasar Tenis Lapangan Untuk Anak Tingkat Sekolah Dasar Di Sekolah Tenis Kabupaten Temanggung. Skripsi tidak diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Gabungan Muthiah. 2018. Pengembangan Media Pembelajaran Video Tutorial Pembuatan Rok Suai Kelas XI Tata Busana di SMK Negeri 1 Ngawen. Skripsi tidak diteribitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Kusmayani. 2020. Pengembangan Media Pembelajaran Pembuatan Teknik Eco Print Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Kriya Tekstil Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Nur Fatwa Yaman. 2019. Pengembangan Media Pembelajaran Pembuatan Batik Tulis Berbasis Video Tutorial Pada Mata Kuliah Kriya Teksti. Skripsi tidak diterbitkan. Makassar: Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Riyana, Cheppy. 2007. Pedomonan Pengembangan Media Video. Jakarta: P3AI UPL.
Rosmiaty dan Srikandi.2017. Analisis Pola Celana Sistem Soekarno dan Sistem Joseph dalam Pembuatan Pola Busana Pria. Makassar: Universitas Negeri Makassar. diterbitkan. Yogyakarta: Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta.
Smaldino, Lowther, & Russel. 2011. Intructional Technology and Media Learning. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Sugiyono, 2012. Metode Penelitian Administrasi Dilengkapi dengan Metode R & D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Tim Penyusun Panduan Skripsi dan Tugas Akhhir. 2017. Panduan Penulis Skripsi/Tugas Akhir. Makassar : Fakultas Teknik Universitas Negeri Makassar.
Universitas Negeri Makassar. 2019. Pedoman Penulisan Tugas Akhir Mahasiswa. Makassar.
DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v3i2.31764
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB