HUBUNGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING DENGAN HASIL BELAJAR MERAJUT MATA KULIAH KERAJINAN PADA MAHASISWA TATA BUSANA FKIP UNIVERSITAS SYIAH KUALA
Abstract
Sistem pembelajaran e-learning merupakan pembelajaran yang dalam praktinya memanfaatkan jaringan komputer (network). Pembelajaran melalui media e-learning sangat praktis sehingga dapat menjadi alternatif untuk mengatasi kemandirian belajar pada mahasiswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengidentifikasi penggunaan media pembelajaran e-learning pada pembelajaran merajut dalam Mata Kuliah Kerajinan (2) mengidenitifikasi hasil belajar merajut pada Mata Kuliah Kerajinan, dan (3) menganalisis hubungan media pembelajaran e-learning dengan hasil belajar merajut pada Mata Kuliah Kerajinan konsentrasi Tata Busana. Penelitian menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Populasi penelitian ini merupakan mahasiswa Tata Busana angkatan 2020 dengan kriteria telah mengikuti Mata Kuliah Kerajinan yang berjumlah 77 orang. Teknik penentuan sampel menggunakan teknik sampling jenuh (sensus), dimana semua anggota populasi dijadikan sampel. Pengumpulan data dilakukan menggunakan penyebaran angket/kuisioner dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media pembelajaran e-learning dimanfaatkan dengan baik oleh mahasiswa, terlihat dari hasil penyebaran angket diperoleh sebesar 49,3% menjawab dengan kategori tinggi, 44,2% menjawab dengan kategori sedang dan 6,5 lainnya menjawab dengan kategori rendah. Pada hasil belajar merajut, sebanyak 97,5% mahasiswa mendapat nilai yang sangat baik yaitu pada rentang skor 95-80 dan 2,5% lainnya mendapat nilai 40. Berdasarkan hasil tersebut adanya hubungan positif antara media pembelajaran e-learning dengan hasil belajar merajut pada Mata Kuliah Kerajinan dilihat dari nilai signifikansi sebesar 0,008 atau < 0,05. Nilai koefisien korelasi sebesar 0,300 menunjukkan bahwa tingkat korelasi (hubungan) antara media pembelajaran e-learning dengan hasil belajar merajut pada Mata Kuliah Kerajinan Konsentrasi Tata Busana FKIP Universitas Syiah kuala tergolong rendah. Berdasarkan hasil analisis diatas maka hipotesis penelitian diterima.
Kata Kunci : Media Pembelajaran E-learning, Hasil Belajar, Merajut
Full Text:
PDFReferences
Allen, Michael. 2013. Guide to E-learning. Canada : John Wiley &Sons.
Arikunto. 2011. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta
Bayu Prasetyo, Petrus. 2021. Hubungan Penerapan Media Pembelajaran E-learning, Penerapan Metode Pembelajaran Berbasis Penugasan, dan Peran Orang Tua dengan Hasil Belajar Siswa dalam Masa Pandemi Covid 19. Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Akuntansi, 15(2), 13-26. https://e-journal.usd.ac.id/index.php/JPEA/article/download/4597/2641.
Ihsan, A. Fuad dan Hamdani Ihsan. 2001. Filsafat Pendidikan Islam.
Bandung : Pustaka Setia
Mulyani, W. 2013. Pengaruh Pembelajaran Berbasis elearning terhadap Hasil Belajar Siswa pada Konsep Impuls dan Momentum. Skripsi, Jakarta: Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah https://repository.uinjkt.ac.id/
Prodi PKK FKIP USK. 2020. Buku Panduan Kurikulum S1 Prodi PKK FKIP Universitas Syiah Kuala.
Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.
Rosmala Dewi., Fitriana F., Akmal, R & Nailul Muna. 2020. The Implementation of Virtual Learning in Vocational Subject at SMP Negeri 17 Banda Aceh. Prooseding International Conference on Multidiciplinary Research. https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/ICMR/article/view/2628.
Rukhayatun A, Noor. 2012. Hubungan Pemanfaatan E-learning dengan Prestasi Belajar Mahasiswa DIII Kebidanan Semester IV STIKES Aisyiyah Yogyakarta. [Skripsi, STIKES Aisyiyah Yogyakarta] Yogyakarta
Sanjaya, Winna. 2008. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta : Kencana Prenada Media Group.
Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta : Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v3i2.34686
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB