PENGAPLIKASIAN KERAJINAN MATA-MATA PADA BUSANA DENGAN TEKNIK PRINTING

Tika Mardalena, Fitriana Fitriana, Rosmala Dewi

Abstract


Kerajinan mata-mata merupakan ciri khas dari daerah Simeulue yang memiliki ragam motif yang unik dan warna yang khas. Namun keragaman motif, keunikan serta kekhasan dari motif  mata-mata belum banyak dikembangkan dan diaplikasikan pada busana. Proses pengerjaan membutuhkan waktu yang lama dan motif yang dihasilkan memiliki ukuran cukup besar sehingga kurang sesuai jika diaplikasikan pada busana. Tujuan penelitian adalah mendesain produk busana dengan pengaplikasian motif mata-mata, mengaplikasikan motif mata-mata pada busana dengan teknik printing, mengetahui daya tarik remaja terhadap pengaplikasian kerajinan mata-mata pada busana dengan teknik printing. Penelitian menggunakan metode eksperimen terapan dengan pendekatan kualitatif. Hasil penelitian telah mendesain 4 model busana dengan 2 model busana yang dieskperimenkan. Eksperimen pertama dengan model busana one set yang terdiri dari blus dan celana kulot dengan pengaplikasian motif mata-mata g.kelilingn pada bagian pinggangnya menggunkan pada bagian badan bawah, bagian lengan bawah dan bagian bawah celana. Motif yang digunakan adalah motif mata lolak dan motif mata tapak itik atau motif baling-baling. Eksperimen model kedua yaitu outer yang pada bagian kerahnya menggunakan kerah kimono dengan hiasan tali pinggang. Motif mata-mata terdapat pada bagian dada kanan dan punggung belakang hinggabagian pinggang. Tanggapan responden terhadap pengaplikasian motif mata-mata pada busana sangat menarik. Pengaplikasian motif mata-mata pada busana ini dapat dijadikan sebagai sarana dalam mempromosikan, memperkenalkan serta melestarikan kebudayaan yang menjadi ciri khas daerah Simeulue. Busana dengan aplikasi mata-mata ini dapat digunakan dalam kegiatan sehari-hari, walaupun terdapat unsur budaya daerah namun tetap terlihat fashionable.


References


Ernawati, dkk. 2008. Tata Busana Jilid I untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jakarta: Direktorat Pemebinaan Sekolah Menengah Kejuruan.

Majelis Adat Aceh Kabupaten Simeulue. 2019. Buku Panduan Adat dan Reusam Perkawinan Melayu Jame Kabupaten Simeulue. Sinabang.

Margono, S. 2009. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rineka cipta.

Putri, Fhita. 2018. Busana Casual Kekinian. http://fashionartsandbeauty.blogspot.com/2018/02/busana-casual.html.

Rahmi, Dewi, R., Nurasiah., Fitriana & Abdul Azis. 2021. Concept Analysis: Acehnese Ethnic Style Party Fashion Design. International Journal of Multicultural and Multireligious Undersstanding. Volume 8, Issue 10. https://ijmmu.com/index.php/ijmmu/article/view/3056.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Method). Bandung: Alfabeta

Zahara, Verra., Mukhirah, Fitriana. 2018. Daya Tarik Wisatawan Pada Produk Kerajinan Bordir Aceh. Jurnal Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Volume 3. Nomor.1 https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/15693




DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v4i1.37737

Article Metrics

Abstract view : 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi :

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.

E-mail               : jbb_fkip@usk.ac.id

Website             : https://jurnal.usk.ac.id/JBB