EFEKTIVITAS ENDORSEMENT INFLUENCER TERHADAP TINGKAT PENJUALAN FASHION PADA ONLINE SHOP FITMEEE.ID
Abstract
ABSTRAK
Endorsement merupakan salah satu strategi pemasaran digital yang menggunakan jasa influencer dalam mempromosikan produk penjualan. Endorsement merupakan salah satu bentuk digital marketing yang menggunakan sosial media, yang dilakukan pembisnis bersama influencer bertujuan untuk meningkatkan minat beeli konsumen, peningkatan penjualan produk, kesadaaran masyarakat, serta peningkatan jumlah pengikut pada akun media sosial. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui efektivitas endorsement influencer pada media sosial instagram oleh online shop Fitmeee.id. Pengukuran efektivitas endorsement dapat dilihat dari indikator peningkatan minat beli konsumen pada online shop Fitmeee.id yang menggunakan konsep AIDA sebagai indikator penentuan yang meliputi Attention, Interest, Desire dan Action. Penelitian menggunakan metode kualitatif dengan mengumpulkan data dilakukan melalui observasi pada online shop Fitmeee.id, wawancara pemilik Fitmeee.id serta studi kepustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa endorsement influencer pada media sosial instagram online shop Fitmeee.id menunjukkan efektif dilakukan. Suatu kegiatan dapat dikatakan efektif apabila besar modal yang dikeluarkan sebanding dengan hasil yang diperoleh. Hal ini dapat dilihat berdasarkan jumlah pendapatan penjualan Fitmeee.id setelah melakukan endorsement pendapatan penjualan produk mengalami peningkatan. Selain itu juga adanya peningkatan minat beli terhadap produk yang ditawarkan Fitmeee.id dan penambahan jumlah pengikut dari setiap penggunaan endorsement.
Kata Kunci: efektivitas, endorsement influencer, onlineshop.
Full Text:
PDFReferences
DAFTAR PUSTAKA
Afandi., Samudra, J.P., Syerley., Veren., & Liang, W. (2021). Pengaruh Endorsmen Influencer Instagram Terhadap Keputusan Pembelian pada Generasi Z. Jurnal Pengembangan Ilmu Komunikasi dan Sosial. Volume 5 No. 1.
Alfajri, M. F., Adhiazni, V., & Aini, Q. (2019).Pemanfaatan Social Media Analytics Pada Instagram Dalam Peningkatan. Interaksi: Jurnal Ilmu Komunikasi. 8 (1), https://doi.org/10.14710/interaksi.8.1.3 4-42
Assael, Henry, (2001), Consumer behaviour and Marketing Action, 6 th ed.,Thompson, NY. USA
Belch, G., & Belch, M. (2017). Advertising and Promotion: An IMC Perspective. In Advertising and promotion : an integrated marketing communications perspective.
Lupiyoadi, R. (2013). Manajemen pemasaran jasa. Edisi 2. Penerbit Salemba Empat. Jakarta.
Luthfi Nuraini Sandra Putri dan Isnumini Hidayat Susilowati. (2017). Pelaksanaan Promosi Melalui Media Sosial Instagram Pada Toko Zizara Depok. Cakrawala, Vol. XVII, No. 2 : 229
Muliana, Y., Ahmad, A., & Fitriana. (2019). Pengaruh Media Telekomunikasi Terhadap Gaya Berbusana Remaja Putri. Jurnal Ilmiah Mahasiswa PKK. Vol. 4 No. 2. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/11959.
Nanda, A. Y., (2018). Analisis Strategi Pemasaran yang Efektif Bagi Pengguna E-Commerce. Jurnal Manajemen dan Inovasi (MANOVA) Vol 1 Np. 1.
Primananda, A. (2010). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Konsumen dalam Membeli Pakaian Secara Online. Skripsi. Universitas Diponegoro. Semarang.
Ravianto J. (). Produktivitas dan Pengukuran. Jakarta. Binaman Aksara,
Serikat Perusahaan Pers, 2018.
Ruhiyat, D., Sulaeman, A., & Purnawati, R. (2022). Strategi Pemasaran Online untuk Meningkatkan Minat Beli Konsumen Terhadap Produk Makanan dan Minuman UMKM di Kota Bogor. Jurnal Manajemen IKM Vol 18 Nomor 1.
Shima, S., Fadhillah & Fitriana. (2019). Upaya Pengusaha Toko Fashion Offline Dalam Mempertahankan Usaha Menghadapi Bisnis Fashion Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Vol 4 Nomor 3. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/13443.
Sugiono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bndung: Penerbit Alfabeta.
Susilawati, A.D., & Solehatun, F. (2023). Peran Influencer dan Media Sosial Instagram dalam Meningkatkan Promosi pada Suatu Brand. Jurnal Analisis. Volume 13 No. 1.
Suryana. (2006). Kewirausahaan Pedoman Praktis: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Edisi Ketiga, Penerbit Salemba, Jakarta.
Taufiqurrahman. (2021). Analisis Penjualan Online Ditengah Pandemi Covid-19. KINERJA: Jurnal Ekonomi dan Manajemen. Volume 18 No. 3.
Tjiptono, F., (2016). Strategi Pemasaran. Yogyakarta: Andi Offset.
DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v4i1.39903
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB