PENGEMBANGAN KERAJINAN ANYAMAN LIDI SEBAGAI PRODUK YANG BERNILAI JUAL
Abstract
Industri rumah tangga memiliki peran strategis dalam upaya peningkatan kesejahteraan keluarga, dalam pengembangan kerajinan anyaman. Anyaman lidi kelapa adalah kegiatan yang dilakukan dengan pembuatan kerajinan dengan cara mengatur bilah-bilah secara tindih menindih dan silang menyilang. Penelitian ini bertujuan untuk mengindetifikasi pengembangan produk kerajinan anyaman lidi, mengidentifikasi teknik pembuatan produk kerajinan anyaman lidi, dan mengidentifikasi pengembangan pemasaran produk kerajinan anyaman lidi di Gampong LamgabohKecamatan Lhoknga Kabupatena Aceh Besar. Penelitian menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan menggunakan obsevasi, wawancara dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini 4 orang terdiri dari 1 pemilik usaha dan 3 pengrajin anyaman lidi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengembangan kerajinan anyaman lidi yang dapat dilihat dari beberapa pengembangan dari segi bentuk warna, Pengembangan dari segi bentuk dapat dilihat seperti kerajinan anyaman lidi berbentuk piring bulat dan kerajinan keranjang buah. Teknik kerajinan anyaman lidi di Gampong Lamgaboh menggunakan teknik tiga sumbu yang merupakan teknik yang menghasilkan dua jenis pola renggang dan pola rapat. Pengembangan pemasaran di Gampong Lamgaboh dapat dilihat dari banyaknya peminat tentang kerajinan anyaman lidi kelapa dilihat dari hasil pemasaran yang mulai meningkat, pemasaran yang dilakukan di Gampong Lamgaboh sudah mulai dilakukan dengan cara memanfaatkan sosial media dengan menggunakan teknik pemasaran secara offline dan online. untuk mempromosikan hasil produksinya.
Kata kunci : Kerajinan, Anyaman lidi, piring
Full Text:
PDFReferences
Budiywono, E. , I. A. , & B. D. (2018). Pemanfaatan Lidi Daun Kelapa Menjadi Handycraft Dalam Bentuk Anyaman Piring Lidi di Desa Purwoasri Kecamatan Tegaldlimo Kabupaten Banyuwangi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat. 1, 11–20
Fitriani, R. (2014). Jurus Rahasia Mendapatkan Nilai 100. Jakarta: Lembar Pustaka Indonesia.
Frince, Z. Heflin, Dr,BSc, Msc.Soc, MA. 2007. Strategi Konsepsi Memenangkan Perang Bisnis, cetakan pertama. Yogyakarta: Muda Pustaka
Gozali, I., & Nugraha, C.H.Asta. (2015). Analisis Kinerja Pemasaran untuk Mencapai Keunggulan Bersaing (Studi pada Centra Industri Pakaian Batik di Pekalongan). Prosiding Seminar Nasional & Call For Papers 2015. Optimalisasi Peran Industri Kreatif dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN. ISBN:978-602-14119-1-9. Hal. 108-122. Semarang.
Irayani, P., Fitriana & Sophiana, A. (2021). Usaha Kerajinan Menghias Sange dalam Menambah Pendapatan Keluarga di Desa Lhong Cut Kecamatan Banda Raya Banda Aceh. Jurnal Busana & Budaya. 1 (1). https://jurnal.usk.ac.id/JBB/article/view/23054.
Kaleka, Noterbus & Hartono, E. T. (2013). Kerajinan Lidi & Batok Kelapa. Solo: Arcita
Kotler dkk 2007. Manajemen Pemasaran. Edisi Kedua Belas. Indeks : Jakarta
Kotler, Philip. 2001. Prinsip-Prinsip Pemasara.Jilid 1. Jakarta: Erlangga
Latifa, N., Dewi, R., & Fitriana (2018). Peran Wirausaha dalam Meningkatkan Kesejahteraan Keluarga (Studi Kasus Usaha Penjahit Perempuan di Mukim Lhoknga). Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 3 No. 2. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/9731.
Raharjo, Timbul. 2011. Seni Kriya dan Kerajinan. Yogyakarta: Program Pascasarjana ISI Yogyakarta
Raisna., Fitriana & Maryam, S., (2022). Peran Perempuan dalam Pemberdayaan Ekonomi Keluarga Melalui Usaha Industri Rumah Tangga di Kecamatan Montasik. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 7 No. 2. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/30850.
Sarah, M., Novita & Fitriana (2021) Aplikasi Anyaman Daun Pandan Khas Aceh Timur untuknProduk Busana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga Vol 6 No. 4. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/21108.
Saryono, (2010). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Alfabeta.
Syaifuddin , A., Murwandani, G, N. 2015 . Pembinaan Warga Binaan di Lembaga Pemasyarakatan Lamongan Melalui Keterampilan Kerajinan. Jurnal Pendidikan Seni Rupa 3 (2) 127-136.
Thamrin, A., dan Francis Tantri. (2014). Manajemen Pemasaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v4i2.40606
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
Alamat Redaksi :
Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.
E-mail : jbb_fkip@usk.ac.id
Website : https://jurnal.usk.ac.id/JBB