STRATEGI PENGEMBANGAN USAHA KERAJINAN SULAMAN BENANG EMAS DI ERA DIGITAL

Cut Nanda Sari, Rosmala Dewi, Nurbaiti Nurbaiti, Fitriana Fitriana, Nurul Faudiah

Abstract


Indonesia memiliki banyak suku dengan berbagai adat maupun budaya, dari masing-masing suku terdapat sentuhan etnik dari daerahnya. Kerajinan sulam benang emas merupakan salah satu kerajinan Aceh yang dikerjakan di atas kain beludru. Perkembangan dunia yang serba digital dapat memanfaatkan media untuk mengembangkan produk sesuai yang dibutuhkan pasar saat ini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi manajemen usaha dan pengembangan produk kerajinan sulaman benang emas dan untuk mengetahui bagaimana strategi pemasaran kerajinan sulaman benang emas di era digital. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Subjek pada penelitian ini sejumlah 9 (sembilan) orang yang terdiri dari 3 (tiga) pengusaha, 2 (dua) pendesain motif dan 4 (empat) pengrajin yang berada di Gampong Teungoh dan Gampong Cot Kecamatan Samatiga Kabupaten Aceh Barat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produk kerajinan yang terdapat di tempat usaha tersebut yaitu berupa perlengkapan pelaminan, sandaran kursi, lover serta berbagai produk keperluan adat lainnya. Strategi manajemen usaha sulaman benang emas yang diterapkan yaitu dari proses menyiapkan bahan, penyelesaian hingga pemasaran produk dilakukan oleh pengelola usaha sedangkan proses menyulam dan mendesain motif dilakukan oleh karyawan yang sudah ditentukan. Proses pengembangan produk dilakukan dengan selalu menciptakan produk baru dengan desain yang bervariasi dari produk sebelumnya seperti memproduksi berbagai asesoris dan souvenir yang unik, penggunakan warna dan motif yg bervariasi serta melakukan proses pemasaran produk secara langsung melalui lisan dengan menggunakan beberapa media digital sehingga dikenal lebih luas. Pengembangan usaha kerajinan sulaman benang emas di era digital sudah mampu bersaing di pasar dengan selalu memperhatikan aspek-aspek berikut: teknik menjahit yang rapi, menjaga kualitas produk, menggunakan desain yang indah, menawarkan berbagai produk, dan memenuhi pesanan berdasarkan permintaan pelanggan.

Kata Kunci:  Strategi Pengembangan, Usaha Kerajinan, Era digital


Full Text:

PDF

References


Amelia, R., A Ahmad., Novita., Fitriana., & Sophiana, A. (2022). Ragam Hias pada Pakaian Pengantin Aceh Pidie. Jurnal Busana dan Budaya. 2(2). https://jurnal.usk.ac.id/JBB/article/view/32757.

Assauri, Sofjan. (2015). Manajemen Pemasaran. Jakarta: Rajawai Pers.

Alya & Rakib, M., (2017). Strategi Pengembangan Usaha Mikro, Kecil dan Menengah dalam Penguatan Ekonomi Kerakyatan. Vol 19. No 2. Hal 118. http://jurnal.unpad.ac.id/sosiohumaniora/article/view/12249/0

Fahmi, I., (2014). Manajemen: Teori Kasus dan Solusi. Bandung: Alfabeta.

Fitriana & Fadhilah. (2020). Apresiasi Menghias Kain. Darussalam: Syiah Kuala University Press. https://bitshortly.com/rGzxf.

Fitriana., Dewi, R., & Rusman. (2021). Pengembangan Usaha Produktif Sulaman Benang Emas pada Seuhap dan Payung Pengantin Khas Aceh di Gampong Lamgapang Aceh Besar. Proseding Seminar Nasional UNIMUS Vol 4 No. 1. https://prosiding.unimus.ac.id/index.php/semnas/article/view/1043.

Irda, A.N., Fitriana., & Dewi, R., (2021). Aplikasi Sulaman Benang pada Busana Casual Wanita. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Jurusan Pendidikan Kesejahteraan Keluarga. Vol. 6(3) Hal 73-81. https://jim.usk.ac.id/pkk/article/view/19595.

Khoiriyah, M., Joko W., Hety M.A. (2017). Strategi Bauran Pemasaran Kerajinan Tenun Ikat Pada CV. SILVI Paradila di Desa Parengan Kecamatan Maduran Kabupaten Lamongan. Jurnal Pendidikan Ekonomi. Vol. 11 No 1.

Leigh, Barbara., (1989). Tangan-Tangan Trampil. Jakarta: Djambatan

Lucky P.M., (2019). Strategi Pengembangan Usaha Rotan. Prosiding SemNas. Vol 1. https://e-journal.umaha.ac.id/index.php/teknik/article/view/685/546.

Maulidah, Laila. F., Oktafia, R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Mikro Serta Dampak Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol 6, No 3.

Nuryana, K.F., (2018). Strategi Pemasaran Produk Pakaian dengan Sistem Online dan Offline di Toko Bibishop Grosir Nganjuk. Jurnal Simki-Conomic. Vol 02. No 06.

Pandji, A., Djoko, S. (2002) Koperasi, Kewirausahaan dan Usaha Kecil. Jakarta: Rineka Cipta.

Pulukadang, Roesbani., (2009). Keterampilan Menghias Kain. Bandung: Angkasa

Maulidah, Laila. F., Oktafia, R. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Kecil dan Mikro Serta Dampak Kesejahteraan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam. Vol 6, No 3.

Risda, P. (2018). Strategi Pengembangan Usaha Rengginang Pulut Dengan Metode Analisis SWOT. Skripsi. Sumatra Utara: UINSU.

Dewi, R., Fadhilah., & Nurmahya. (2022). Aplikasi Sulaman Benang Emas pada Hiasan Dinding. Proseding Seminar Nasional Teknik Boga Busana Universitas Negeri Yogyakarta 16(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/ptbb/article/view/45088.

Sylvia, N., Hety M.A, Sukidin. (2020). Strategi Pengembangan Produk Pada Handricraft Citra Mandiri di Desa Tutul Kecamatan Balung Kabupaten Jember. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNEJ. Vol 14, No 1. https://jurnal.unej.ac.id/index.php/JPE/article/download/11872/8001

Tiara, Indah., P. (2021). Analisis Strategi Pemasaran Menggunakan Marketplace Pada UMKM Toko Roemah Daster. Tegal: Politeknik Harapan Bersama.

Sugiono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Wildati, Zahri. (2012) Sulaman. Padang: Fakultas Teknik Universitas Negeri Padang.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v4i2.42016

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi :

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.

E-mail               : jbb_fkip@usk.ac.id

Website             : https://jurnal.usk.ac.id/JBB