TINGKAT KEPUASAN SISWA TATA BUSANA TERHADAP FASILITAS LABORATORIUM BUSANA BUTIK PADA SMK NEGERI MEUKEK

Sherly Fatmita, Rosmala Dewi, Fitriana Fitriana, Fadhilah Fadhilah, Novita Novita

Abstract


Dalam rangka meningkatkan mutu pendidikan sekolah diperlukanpeningkatan disegala bidang misalnya terpenuhi semua fasilitas penunjang pendidikan yang salah satunya adalah laboratorium. SMK Negeri Meukek sebagai salah satu SMK yang memiliki prodi Tata Busana membutuhkan laboratorium yang sesuai. Namun sekolah tersebut tidak memiliki ruangan praktek khusus seperti ruang menggunting kain, ruang menjahit disatukan sehingga ruangan menjadi semakin sempit membuat siswa merasa jenuh dan tidak puas pada fasilitas Laboratorium Busana Butik. Karena keterbatasan ruangan, menghambat siswa kelas 2 dan 3 Tata Busana ketika ingin menggunakan laboratorium untuk praktikum. Berdasarkan permasalahan tersebut peneliti tertarik untuk melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui ketersediaan sarana Laboratorium yang menunjang Pembelajaran, kondisi peralatan menjahit dan mengetahui tingkat kepuasan siswa dalam penyediaan alat- alat penunjang lainnya yang berhubungan dengan keterampilan menjahit. Penelitian ini menggunakan penelitian lapangan dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data melalui teknik library research, angket dan dokumentasi. Analisis data menggunakan rumus distribusi frekuensi dalam perhitungan persentase angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Laboratorium Busana di SMK Negeri Meukek belum sesuai dengan kebutuhan jumlah siswa, sehingga membuat kegiatan praktek tidak maksimal. Fasilitas di Laboratorium Busana Butik di SMK Negeri Meukek juga belum lengkap dan sebagian fasilitas rusak tidak dapat digunakansehingga menghambat siswa untuk melakukan kegiatan praktek. Tingkat Kepuasan siswa pada penyediaan fasilitas belajar Busana Butik sebagian besar (80%) responden kurang puas dikarenakan banyak fasilitas Laboratorium Busana Butik yang tidak tercukupi dan sebagian sarana yang rusak.

Kata Kunci : Tingkat Kepuasan, Fasilitas Laboratorium, BusanaButik.

 

 


Full Text:

PDF

References


Ahmad. S. 2002. Laboratorium Sebagai Basis Pendidikan Teknik di Perguruan Tinggi. UPT Perpustakaan UM: Malang

Ari. F. 2012. Pengaruh Minat Belajar dan Fasilitas Laboratorium Keterampilan Tata Busana Terhadap Hasil Belajar Tata Busana Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Brangsong Kendal 2012. Skripsi. Universitas Negeri Semarang

Hudiah, A., Jamal, A., & ST. Aisyah. (2024). Pengaruh Fasilitas Belajar terhadap Hasil Belajar. Jurnal Teaching, 4(2) Hal 138-148.

Permendikdud RI No 34 Tahun 2018, Tentang Standar Nasional Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Riduan. (2009). Skala Pengukuran Variabel-variabel Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Sadiman. S, Arif, dkk. (2009). Media Pendidikan Penartian Pengembangan dan Pemanfaatan. Jakarta: Garasindo Persada.

Sri Wahyuni. 2008. Efektivitas Pemanfaatan Laboratorium Busana Terhadap Hasil Pembelajaran Menjahit Kebaya Modifikasi Siswa Tata Busana Semester 4 Surakarta. Semarang: UNNES.

Sudijono, A. (2014). Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sumarjo (2005). Manajemen Laboratorium (Pelatihan Tenaga Teknisi Laboran LPTK), Yogyakarta

Suriyah. 2006. Hubungan Fasilitas Belajar Dengan Hasil Belajar Membuat Blus pada Kelas 1 Jurusan Busana di SMK N 1 Tegal. Semarang. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Triana Novita Sari. 2009. Tingkat Kepuasan Siswa Tata Busana pada Penyediaan Fasilitas Belajar Busana Butik Sekolah Menengah Kejuruan, Jurnal Keluarga Vol. 5, No. 1

Widyati Sri. (2005). Strategi Pengelolaan Laboratorium Biologi, Bahan Pelatihan Manajemen Laboratorium Biologi UN.

Yulianti, A.T., (2016). Analisis Perawatan Laboratorium Busana SMK Negeri 3 Magelang. Jurnal Feshion. Vol. 5(1).




DOI: https://doi.org/10.24815/jbb.v4i2.42018

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.

Alamat Redaksi :

Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga FKIP Universitas Syiah Kuala. Jln. Tgk Hasan Krueng Kalee Kopelma Darussalam, Kecamatan Syiah Kuala Banda Aceh 23111, Aceh, Indonesia.

E-mail               : jbb_fkip@usk.ac.id

Website             : https://jurnal.usk.ac.id/JBB