Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah untuk Meningkatkan Keterampilan Metakognitif pada Konsep Sistem Reproduksi Manusia

Azhari Azhari, Cut Nurmaliah, Rini Safitri

Abstract


Kajian penerapan pembelajaran berbasis masalah terhadap peningkatan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia telah dilakukan di SMA Negeri 2 Sigli dengan menggunakan metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian the one group pre-test and pos-test. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI semester ganjil pada Tahun Ajaran 2012/2013 yang berjumlah 120 orang. Sampel diambil siswa kelas XI-B yang berjumlah 30 orang. Analisis data dilakukan dengan uji t menggunakan program SPSS 16.0 for windows. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: terdapat perbedaan skor keterampilan metakognitif siswa yang signifikan (P>0,05) dengan nilai thiting= 16,76 > ttabel =2,045  antara sebelum dan sesudah pembelajaran berbasis masalah.  Dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan keterampilan metakognitif siswa pada konsep sistem reproduksi manusia.


Keywords


Pembelajaran Berbasis Masalah; keterampilan metakognitif Siswa; sistem reproduksi manusia

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...