HUBUNGAN PERSEPSI GURU DENGAN TINDAKAN SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 2 INDRAJAYA

M. Jakfar, Abdullah Abdullah, M. Ali Sarong

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi guru dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie, dilakukan pada bulan Maret - April 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie yang berjumlah 41 orang dan seluruh siswa kelas VIII dan IX yang berjumlah 416 orang, sampel untuk siswa dalam penelitian ini diambil 10% yaitu 41 orang siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru (x) mempunyai hubungan yang positif dengan tindakan siswa (y) dengan koefisien korelasinya (r) = 0,3378 dan thitung = 2,241 > ttabel = 1,686 pada taraf signifikansi α = 0,05.  Kesimpulan adalah bahwa persepsi guru terdapat hubungan positif dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Dengan demikian perlu perhatian untuk meningkatkan persepsi guru dalam pengelolaan lingkungan hidup dan perlu didukung oleh adanya sarana dan prasarana yang lebih baik dan lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan khususnya dengan hal yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan sekolah

Keywords


Persepsi; tindakan; pengelolaan lingkungan hidup

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...