HUBUNGAN PERSEPSI GURU DENGAN TINDAKAN SISWA DALAM PENGELOLAAN LINGKUNGAN HIDUP DI SMPN 2 INDRAJAYA
M. Jakfar, Abdullah Abdullah, M. Ali Sarong
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan persepsi guru dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie, dilakukan pada bulan Maret - April 2014. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh guru PNS pada SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie yang berjumlah 41 orang dan seluruh siswa kelas VIII dan IX yang berjumlah 416 orang, sampel untuk siswa dalam penelitian ini diambil 10% yaitu 41 orang siswa dengan menggunakan teknik simple random sampling. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner (angket) dan dokumentasi. Data dianalisis dengan analisis deskriptif dan korelasi parsial. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi guru (x) mempunyai hubungan yang positif dengan tindakan siswa (y) dengan koefisien korelasinya (r) = 0,3378 dan thitung = 2,241 > ttabel = 1,686 pada taraf signifikansi α = 0,05. Kesimpulan adalah bahwa persepsi guru terdapat hubungan positif dengan tindakan siswa dalam pengelolaan lingkungan hidup di SMPN 2 Indrajaya Kabupaten Pidie. Dengan demikian perlu perhatian untuk meningkatkan persepsi guru dalam pengelolaan lingkungan hidup dan perlu didukung oleh adanya sarana dan prasarana yang lebih baik dan lengkap untuk mendukung proses belajar mengajar dan khususnya dengan hal yang berhubungan dengan kebersihan lingkungan sekolah
Keywords
Persepsi; tindakan; pengelolaan lingkungan hidup
Article Metrics
Abstract view : 0 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Syiah Kuala
Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111
Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id
Visit us for more informations:
Official Website | Facebook | Twitter

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...