Pengaruh Wilayah Urban Terhadap Peserta Didik Pada Pembelajaran Biologi

Siti Safrina, Rully Novida, Azmy Hani Abidin, Lulu Friska Salsabilla, Ade Suryanda

Abstract


Pembelajaran biologi adalah proses mengajar dan belajar mengenai mahluk hidup dan hubungan diantaranya. Pelaksanaan pembelajaran biologi di daerah urban pastinya memiliki rintangannya sendiri. Penelitian ini menjadikan SMA 103 sebagai lokasi observasi. Dilaksanakannya penelitian ini adalah untuk mengetahui problematika dan solusi dari kendala pembelajaran biologi SMA 103. Penelitian dilakukan dengan menggubakan metode observasi ke lapangan langsung. Setelah dilakukan observasi dan olah data didapati bahwa peserta didik terkendala dalam mengetahui bahan praktikum. Hal ini dapat terjadi karena peserta didik tidak terbiasa mengenali alam karena lingkungan urban yang lebih identik dengan kendaraan dan gedung tinggi. Solusi yang dapat dilakukan adalah dengan memanfaatkan green house untuk memudahkan peserta didik mengenali bahan praktikumnya

Keywords


Pembelajaran biologi; urban; problematika

References


Ahdar, A. &. (2019). Belajar dan Pembelajaran: 4 Pilar Peningkatan Kompetensi Pedagogis.

Ariyanto, A., Priyayi, D.F., & Dewi, L. (2018). Penggunaan Media Pembelajaran Biologi di Sekolah Menengah Atas (SMA) Swasta Salatiga. BIOEDUKASI, 9(1), 1-13.

Fikri, M. (2021). Kendala Dalam Pembelajaran Jarak Jauh Di Masa Pandemi COVID-19: Sebuah Kajian Kritis. Jurnal Education and Development, 9(1), 145-148.

Hewi, L. & Asnawati, L. (2020). Strategi Pendidik Anak Usia Dini Era Covid-19 dalam Menumbuhkan Kemampuan Berfikir Logis. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 158-167.

Kurniawan, A. R. (2019). KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN GADGET DI SEKOLAH DASAR. JURNAL TUNAS PENDIDIKAN, 2(1), 72-81.

Saparuddin. (2018). Observasi Penggunaan Media Pembelajaran Biologi Di SMA Negeri 2 Palopo. Jurnal Pendidikan Biologi, 3(1), 36-42.

Tanjung, I. F. (2016). Guru dan strategi inkuiri dalam pembelajaran biologi. Jurnal Tarbiyah, 23(1).

Umar & Widodo, A. (2022). Problematika Pembelajaran Literasi di Era Pandemi: Studi Kasus Pada Sekolah Dasar di Wilayah Urban Fringe Lombok Tengah. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(2), 42-45.

Wahyuni, E.S. & Yokhebed. (2019). Deskripsi Media Pembelajaran Yang Digunakan Guru Biologi SMA Negeri di Kota Pontianak. Jurnal Pendidikan Informatika dan Sains, 8(1), 32-40.

Zulfah, E. (2016). Ketimpangan Pendidikan Di Wilayah Urban Dan Rural Provinsi Banten Tahun 2011-2014. (Bachelor's thesis, Jakarta: Fakultas Ekonomi dan Bisnis UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).




DOI: https://doi.org/10.24815/jbe.v14i1.26206

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks





Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...