Profil Kemampuan Literasi Sains Kelas X pada Aspek Kompetensi Materi Vertebrata

Mahbengi Niate, Ely Djulia

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan literasi sains siswa berdasarkan 3 kompetensi yaitu kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah, mengevaluasi dan merancang penyelidikan ilmiah, dan kompetensi menafsirkan data dan bukti secara ilmiah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan subjek penelitiannya adalah siswa kelas X SMA Swasta PAB 8 Saentis yang berjumlah 191 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah soal pilihan ganda berjumlah 30 soal pada materi vertebrata, lembar observasi, dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan literasi sains siswa dikategorikan rendah dengan rata-rata nilai sebesar 37,66. Selanjutnya, profil literasi sains siswa menunjukkan bahwa 21,46% siswa berada pada kategori dasar, 47,12% siswa berada pada kategori cakap, dan 31,41% siswa berada pada kategori mahir. Pencapaian siswa pada masing-masing indikator juga rendah, dengan rata-rata kemampuan siswa pada kompetensi menjelaskan fenomena secara ilmiah sebesar 41,41, kompetensi merancang dan mengevaluasi penyelidikan ilmiah sebesar 38,11, dan kompetensi menafsirkan data dan bukti secara ilmiah sebesar 33,35. Penelitian ini menunjukkan bahwa perlunya dukungan dari semua pihak untuk meningkatkan kemampuan literasi sains siswa.

Keywords


Literasi sains, materi vertebrata, pembelajaran biologi

References


Abidin, Y., Mulyati, T., & Yunansah, H. (2017). Pembelajaran literasi: Strategi meningkatkan kemampuan literasi matematikan, sains, membaca, dan menulis. Jakarta: Bumi Aksara.

Agustin, W. N., Suprapto, P. K., & Meylani, V. (2021). Profil pengetahuan dan proses kognitif peserta didik pada sub materi vertebrata. Quagga: Jurnal Pendidikan dan Biologi, 13(1), 14-25.

Ayu, N.A., Suryanda, A & Dewi, R. (2018). Hubungan kebiasaan membaca dengan kemampuan literasi sains siswa SMA di Jakarta Timur. Bioma: Jurnal Ilmiah Biologi, 7(2), 161-171.

Bagasta, A. R., Rahmawati, D., Wahyuni, I. P., & Prayitno, B. A. (2018). Profil kemampuan literasi sains peserta didik di salah satu SMA Negeri Kota Sragen. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 7(2), 121-129.

Diana, S., Rachmatulloh, A. & Rahmawati, E.S. (2015). Profil Kemampuan Literasi sains siswa SMA berdasarkan instrument Scientific literacy Assessments (SLA). Seminar Nasional XII Pendidikan Biologi FKIP UNS 2015 (289). Bandung: Departemen Pendidikan Biologi FPMIPA UPI Bandung Indonesia.

Ginting, Y. B. (2021). Analisis kemampuan literasi mahasiswa pada matakuliah mikrobiologi Jurusan Biologi di Universitas Negeri Medan T.A. 2019/2020. [Skripsi, Universitas Negeri Medan], Universitas Negeri Medan Repository.

Hernawati, D., Amin, M., & Meylani, V. (2015). Analisis kognitif mahasiswa biologi melalui literasi sains terhadap materi zoologi vertebrata. Prosiding Seminar Nasional Biologi/IPA dan Pembelajarannya. Malang: 17 Oktober 2015. 1120-1125.

Hidayati, T. P., Sutresna, Y., & Warsono, W. (2021). Efektivitas penggunaan model problem-based learning berbantuan mind mapping terhadap keterampilan proses sains siswa. Bioed: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(1), 1-10.

Huryah, F., Sumarmin, R., & Effendi, J. (2017). Analisis capaian literasi sains biologi siswa SMA Kelas X Sekota Padang. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 1(2), 72-79.

Irwandi. (2020). Strategi pembelajaran biologi: literasi sains (1). Bandung: Pustaka Reka Cipta.

KEMENDIKBUD. 2019. Pendidikan di Indonesia belajar dari hasil PISA 2018. Jakarta Pusat: BALITBANG KEMENDIKBUD

Nofiana, M., & Julianto, T. (2018). Upaya peningkatan literasi sains siswa melalui pembelajaran berbasis keunggulan lokal. Biosfer: Jurnal Tadris Biologi, 9(1), 24-35.

Nurhidayah, B. (2020). Analisis literasi sains mahasiswa pada mata kuliah mikrobiologi di Universitas Negeri Semarang. [Skripsi, Universitas Negeri Semarang]. UNNES Repository.

Pakpahan, N. A. (2021). Analisis kemampuan literasi biologi siswa materi sistem gerak pada masa pandemic 19 di SMA Negeri 19 Medan Tahun Pelajaran 2020/2021. [Skripsi, Universitas Negeri Medan]. Universitas Negeri Medan Repository.

Rahmiati, E. (2014). Analisis literasi sains siswa kelas XII SMA Negeri se-Kota Padangsidimpuan. [Tesis, Universitas Negeri Medan]. Universitas Negeri Medan Repository.

Simatupang, H. (2019). Strategi Belajar Mengajar Abad Ke-21. Surabaya: CV. Cipta Media Edukasi.

Sumarra, M. Y., Wulan, A. R., & Nuraeni, E. (2020). Analisis Penggunaan Tes Tertulis tentang Keterampilan Mengevaluasi dan Merancang Penyelidikan Ilmiah pada Matapelajaran IPA-Biologi SMP. Jurnal Penelitian Pendidikan, 20(2), 279-293.

Sutrisna, N. (2021). Analisis kemampuan literasi sains peserta didik SMA di Kota Sungai Penuh. Jurnal Inovasi Penelitian, 1(12), 2683-2694.

Widayoko, A., Latifah, E., & Yuliati, L. (2018). Peningkatan kompetensi literasi saintifik siswa SMA dengan bahan ajar terintegrasi STEM pada materi impuls dan momentum. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3(11), 1463-1467.

Witanto, J. (2018). Minat baca yang sangat rendah. Publikasi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Kristen Satya Wacana Salatiga.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbe.v14i2.29859

Article Metrics

Abstract view : 17 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...