Analisis Kebutuhan Siswa terhadap Pengembangan Media Pembelajaran Digital Keanekaragaman Hayati untuk Meningkatkan Literasi Lingkungan

Hilmiatul Hilda Hadzami, Ikma Wati Nurdiansih, Indah Juwita Sari

Abstract


Indonesia merupakan negara megabiodiversitas yang harus dijaga dan dilestarikan. Sikap sadar akan lingkungan dapat memberikan solusi dalam mengatasi permasalahan lingkungan. Materi keanekaragaman hayati merupakan materi yang berkaitan dengan literasi lingkungan. Materi ini tentunya memerlukan media pembelajaran yang sesuai berupa media pembelajaran digital. Media pembelajaran digital dapat memudahkan guru dalam menyampaikan materi dan memudahkan siswa dalam memahami materi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah diperlukan media pembelajaran digital materi keanekaragaman hayati untuk meningkatkan literasi lingkungan. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan menggunakan metode pengambilan data berupa angket. Penelitian ini dilakukan di SMA IT Granada Kota Tangerang dan SMAN 3 Kabupaten Tangerang dengan menyebarkan angket kepada siswa kelas X dan XII. Berdasarkan hasil analisis kebutuhan diperoleh hasil 69% siswa setuju dan 20% sangat setuju diperlukannya pengembangan media pembelajaran digital. Hasil dari penelitian ini adalah diperlukan adanya pengembangan media pembelajaran digital keanekaragaman hayati untuk meningkatkan literasi lingkungan.

Keywords


Analisis kebutuhan; media pembelajaran; keanekaragaman hayati; literasi lingkungan

References


Anam, K., S. Mulasi & S. Rohana. (2021). Efektifitasi penggunaan media digital dalam proses belajar mengajar. Journal of Primary Education, 2(2), 76-87.

Arslan, H. O., Moseley, C., & Cigdemoglu, C. (2011). Taking attention on environmental issues by an attractive. Procedia - Social and Behavioral Sciences, 28, 801-806

Asfuriyah, S., & Nuswowati. M. (2015). Pengembangan majalah sains berbasis contextual learning pada tema pemanasan global untuk meningkatkan minat belajar siswa. Unnes Science Education Journal, 4(1), 739-746.

Budiyono, B. (2020). Inovasi Pemanfaatan Teknologi Sebagai Media Pembelajaran di Era Revolusi 4.0. Jurnal Kependidikan: Jurnal Hasil Penelitian dan Kajian Kepustakaan di Bidang Pendidikan, Pengajaran dan Pembelajaran, 6(2), 300-309.

Daryanto. (2013). Media Pembelajaran. Bandung: Sarana Tutorial Nurani Sejahtera

Dinas Lingkungan Hidup & Kehutanan Provinsi Banten. (2020). Status Lingkungan Hidup Daerah (SLHD) Provinsi Banten. Banten: Pemerintah Provinsi Banten.

Handika, R., Syafii, W., & Mahadi, I. (2022). Pengembangan Majalah Elektronik Biologi Berbasis Multimedia Pada Materi Plantae Kelas X SMA/MA. Bio-Lectura: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 198-205.

Herliana, S., & Anugraheni, I. (2020). Pengembangan media pembelajaran kereta membaca berbasis kontekstual learning siswa sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 4(2), 314-326.

Indrawan, M., Richard B. P., dan Jatna, S. (2007). Biologi Konvservasi. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.

Jennah, R. (2009). Media Pembelajaran. Banjarmasin: Antasari Press.

Karim, A. (2018). Mengembangkan kesadaran melestarikan lingkungan hidup berbasis humanisme pendidikan agama. Edukasia: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 12(2), 309.

Kusumaningrum, D. (2018). Literasi lingkungan dalam kurikulum 2013 dan pembelajaran IPA di SD. Indonesian Journal of Natural Science Education (IJNSE), 1(2), 57–64.

Maesaroh, S., Bahagia., & Kamalludin. (2021). Strategi menumbuhkan literasi lingkungan pada siswa. JURNAL BASICEDU, 5(4),1998 - 2007

Marianingsih, P., Firdausy, A., Nestiadi, A., & Laksono, S.M. (2021). Muatan aspek literasi lingkungan pada buku teks biologi kelas x sma. Biodidaktika: Jurnal Biologi dan Pembelajarannya, 16(2), 50-64.

Nurdyansyah. (2019). Media Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: UMSIDA Press.

Nurjannah, R. J., Sukarmin., & Rahardjo, D. T. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif e-magazine pada materi pokok dinamika rotasi untuk SMA Kelas XI. Jurnal Materi dan Pembelajaran Fisika (JMPF), 4(1), 18-25.

Nuzulia, S., Sukamto, S., & Purnomo, A. (2020). Implementasi program adiwiyata mandiri dalam menanamkan karakter peduli lingkungan siswa. SOSIO-DIDAKTIKA: Social Science Education Journal, 6(2), 155–164.

Pratama, A. Y., Marpaung R. R. T., & B. Yolida. (2020). Pengaruh literasi lingkungan terhadap environmental responsibility siswa Kelas XI SMA Negeri 2 Bandar Lampung. JURNAL BIOTERDIDIK: WAHANA EKSPRESI ILMIAH, 8(1), 56-65.

Rifqiawati, I., Ratnasari, D., Wahyuni, I., & Sari, I. J. (2020). Penerapan biomagazine sebagai bahan ajar biologi terhadap literasi membaca dan motivasi belajar siswa kelas X Di Sma Negeri 7 Pandeglang. Jurnal Biodidaktika: Jurnal Biologi Dan Pembelajarannya, 5 (1), 87-93.

Shavira, A. P., Nurmiawati, M., & Santoso, A. M. (2021). Analisis kebutuhan Media Pembelajaran Untuk Siswa SMA Pada Materi Keanekaragaman Hayati. Prosiding Seminar Nasional Kesehatan, Sains dan Pembelajaran (pp. 84-92). Kediri: Fakultas Ilmu Kesehatan Dan Sains Universitas Nusantara PGRI Kediri.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbe.v15i1.31060

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...