Profil Keterampilan Kerjasama Peserta Didik pada Pembelajaran Berbasis Proyek (PjBL)
Abstract
Budaya gotong royong merupakan nilai penting yang diwariskan demi kesatuan bangsa. Pada profil pelajar Pancasila, nilai gotong royong diwujudkan dalam keterampilan kerjasama. Namun berdasarkan hasil pengamatan pembelajaran dan pengalaman saya mengajar, peserta didik tidak terbiasa bekerja secara kelompok. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan profil keterampilan kerjasama peserta didik melalui pembelajaran berbasis proyek. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan langkah Lesson Study, maka penelitian ini dilaksanakan dalam bentuk siklus yang terdiri dari tiga tahap yaitu: (1) perencanaan (plan); (2) pelaksanaan (do); dan (3) refleksi (see). Hasilnya terdapat peningkatan keterampilan kerjasama peserta didik setelah melakukan pembelajaran berbasis proyek selama 2 siklus lesson study materi sistem pernapasan. Peningkatan terbesar terdapat pada aspek kontribusi dan pengharapan kualitas. Pembelajaran berbasis proyek memberikan kesempatan peserta didik untuk bekerja sama melalui kegiatan diskusi, pembuatan proyek, dan presentasi.
Keywords
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Asrori, M., & Tjalla, A. (2020). Increasing teamwork capacity of high school students through collaborative teamwork learning. American Journal of Educational Research, 8(1), 46-50.
Bintari, P. N., & Darmawan, C. (2016). Peran pemuda sebagai penerus tradisi sambatan dalam rangka pembentukan karakter gotong royong. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 25(1), 57-76.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).
Hero, L. M., & Lindfors, E. (2019). Students’ learning experience in a multidisciplinary innovation project. Education+ Training, 61(4), 500-522.
Hero, L. M., & Lindfors, E. (2019). Students’ learning experience in a multidisciplinary innovation project. Education+ Training, 61(4), 500-522.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil pelajar Pancasila sebagai upaya mewujudkan karakter bangsa. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 6(1), 1224-1238.
Kaelan. (2013). Negara Kebangsaan Pancasila.Yogyakarta: Paradigma
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan,2020, Sekolah Penggerak dan Profil Pelajar Pancasila, Diakses di link diakses tanggal 4 April 2023 dari https://sekolah.penggerak.kemdikbud.go.id/.
Ku, H. Y., Tseng, H. W., & Akarasriworn, C. (2013). Collaboration factors, teamwork satisfaction, and student attitudes toward online collaborative learning. Computers in human Behavior, 29(3), 922-929.
Latif, Y. (2020). Pendidikan yang Berkebudayaan: Histori. Konsepsi, dan Aktualisasi Pendidikan Transformatif (A. Tarigan (ed.).
Loughry, M. L., Ohland, M. W., & DeWayne Moore, D. (2007). Development of a theory-based assessment of team member effectiveness. Educational and psychological measurement, 67(3), 505-524.
Nurdyansyah, N., & Fahyuni, E. F. (2016). Inovasi model pembelajaran sesuai kurikulum 2013.
Rolitia, M., Achdiani, Y., & Eridiana, W. (2016). Nilai Gotong royong untuk memperkuat solidaritas dalam kehidupan masyarakat kampung naga. Sosietas, 6(1).
Rusnaini, R., Raharjo, R., Suryaningsih, A., & Noventari, W. (2021). Intensifikasi profil pelajar pancasila dan implikasinya terhadap ketahanan pribadi siswa. Jurnal Ketahanan Nasional, 27(2), 230-249.
Sa’diyah, K., Muchyidin, A., & Izzati, N. (2022). Application of Collaborative Teamwork Learning Model and Guided Note Taking Model and Their Influence on Students' Ability to Understand Mathematical Concepts. Journal of Mathematics Instruction, Social Research and Opinion, 1(1), 14-26.
Sridharan, B., & Boud, D. (2019). The effects of peer judgements on teamwork and self-assessment ability in collaborative group work. Assessment & Evaluation in Higher Education, 44(6), 894-909.
Team Assessment Report. (2015). Team Assessment Report: Based on the model
in the best-selling book, the five dysfunctions of a team. The table groups.
Udin, J., & Nawawi, E. (2023). Penghayatan Nilai Pancasila Dalam Menguatkan Karakter Dan Identitas Manusia Indonesia Di SMA Negeri 2 Palembang. Jurnal Pengabdian West Science, 2(02), 150-161.
Zambrano, J., Kirschner, F., Sweller, J., & Kirschner, P. A. (2019). Effects of prior knowledge on collaborative and individual learning. Learning and Instruction, 63, 101214.
DOI: https://doi.org/10.24815/jbe.v15i1.32345
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Syiah Kuala
Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111
Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id
Visit us for more informations:
Official Website | Facebook | Twitter
Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.