Efektivitas Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terintegrasi Potensi Lokal Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa

Dini Annisha

Abstract


Implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing terintegrasi potensi lokal merupakan salah satu upaya yang perlu dikembangkan dalam kegiatan pembelajaran biologi sehingga siswa dapat memahami konsep materi yang secara prosedural, faktual, dan konseptual. Penelitian ini bertujuan untuk menguji keefektifan pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal pada keterampilan berpikir kritis. Desain penelitian yang digunakan yaitu nonrandomized control group pretest-postest design. Desain penelitian menggunakan dua kelompok kelas yaitu kelas eksperimen menggunakan model pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal dan kelas kontrol menggunakan model konvensional. Jumlah sampel 40 orang siswa. Instrumen pengumpulan data yaitu tes keterampilan berpikir kritis. Analisis data menggunakan uji statistik Anakova. Hasil penelitian menunjukkan nilai rerata terkoreksi keterampilan berpikir kritis di kelas eksperimen yaitu 72,26 dengan peningkatan 72,29% dibandingkan kelas kontrol yang nilai rerata terkoreksinya lebih rendah yaitu 58,09 dan peningkatan 67,99%. Dengan demikian penelitian ini membuktikan bahwa implementasi pembelajaran inkuiri terbimbing berbasis potensi lokal secara signifikan efektif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis.


Keywords


Inkuiri Terbimbing, Potensi Lokal, Keterampilan Berpikir Kritis

References


Anista, W, Ibrohim & Suwono, H. (2016). Pengembanagan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penelitian Uji Hayati Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemecahan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Biologi Untag Banyuwangi. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 1:9, 1684-1687. DOI:https://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i9.6828.

Herdiana, L. E., Sunarno, W., & Indrowati, M. (2021). Studi Analisis Pengembangan E-MODUL IPA Berbasis Inkuiri terbimbing Dengan Sumber Belajar potensi Lokal Terhadap Kemampuan Literasi sains. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10:2, 89–98. DOI: https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57247.

Herzon, H.H, Budijanto & Utomo, D.H. (2018). Pengaruh Problem-Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan, 3:1, 42-46. DOI: https://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v3i1.10446.

Kemendikbud. 2016a. Materi Pokok Pelatihan Implementasi Kurikulum 2013. Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Atas: Jakarta.

Kirmizi, F.S, Saygi, C, & Yurdakal, I.H. (2015). Determine The Relationship Between the Disposition of Critical Thinking And The Perception About Problem Solving Skills. Social and Behavioral Sciences Journal.191:2, 657-661. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.04.719.

Laharwati, A. 2017. Pengembangan Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Pantai Elaar Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains, Sikap Ilmiah, dan Penguasaan Konsep siswa VII SMP Negeri 2 Kei Kecil. (Tesis, Tidak Diterbitkan). Malang: Pps UM.

Marjohan, M., & Afniyanti, R. (2018). Penerapan Nilai pendidikan Karakter Peduli lingkungan di kelas tinggi sekolah dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 3:1, 111–126. DOI: https://doi.org/10.22437/gentala.v3i1.6767.

Martincová, J, & Luke, M. (2015). Critical Thinking as a Tool for Managing Intercultural Conflicts. Procedia Social and Behavioral Science. 171:2015, 1255–1264. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.01.239.

Novitaningrum, M., Parmin, & Pamelasari, S. D. (2014). Pengembangan Handout IPA Terpadu Berbasis Inkuiri Pada Tema Mata Untuk Kelas MTs Al-Islam Sumurejo. Unnes Science Education Journal, 3:2, 542–548. DOI: https://doi.org/https://doi.org/10.15294/usej.v3i2.3356.

Pramudi, T.A. 2017. Pengembangan Pembelajaran Biologi Berbasis Inkuiri Terbimbing Bersumber Belajar Potensi Lokal Kawasan TWA Pantai Panjang Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis, Metakognitif, Berpikir Kritis, dan Sikap Ilmiah Siswa Kelas X MIA SMAN 7 Bengkulu. (Tesis, tidak diterbitkan). Malang: Pps UM.

Rahardini, R. R., Suryadarma, I. G., & Wilujeng, I. (2017). The effect of science learning integrated with local potential to improve science process skills. AIP Conference Proceedings. DOI:https://doi.org/10.1063/1.4995192.

Retnosari, N., Susilo, H., & Suwono, H. (2016). Pengaruh Model PEmbelajaran Inkuiri Terbimbing Berbantuan Multimedia Interaktif Terhadap Berpikir Kritis Siswa Kelas XI SMA Negeri Di Bojonegoro. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 1(8), 1529–1535. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/article/view/6635/2839.

Sriarunrasmee, J, Suwannatthachote, P & Dachakupt, P. (2015). Virtual Field Trips with Inquiry learning and Critical Thinking Process: A Learning Model to Enhance Students’ Science Learning Outcomes. Social and Behavioral Sciences. 197:2015, 1721-1726. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.07.226.

Sribekti, A, Ibrohim & Hidayat, A. (2016). Peningkatan Keterampilan Proses Sains dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Selorejo Menggunakan Perangkat Pembelajaran Ekosistem Berbasis Inkuiri Terbimbing Dengan Sumber Belajar Waduk Lohor. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, dan Pengembangan. 1:8, 1575-1580. DOI:http://dx.doi.org/10.17977/jp.v1i8.6671.

Subamia, I. D. P., Sriwahyuni, I. G. A. N., & Widiasih, N. N. (2015). Pengembangan Perangkat Praktikum Berorientasi lingkungan Penunjang Pembelajaran IPA SMP Sesuai Kurikulum 2013. JPI (Jurnal Pendidikan Indonesia), 4:2, 675–685. DOI: https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v4i2.606.

Sudarisman, S. (2015). Memahami Hakikat dan Karakteristik Pembelajaran Biologi Dalam Upaya Menjawab Tantangan Abad 21 Serta Optimalisasi Implementasi Kurikulum 2013. Jurnal Flore, 2:1, 29-35. DOI: http://dx.doi.org/10.25273/florea.v2i1.403.

Susilo, M. J. (2018). Analisis Potensi Lingkungan Sekitar Sebagai Sumber Belajar Biologi yang Berdayaguna. Proceeding Biology Education Conference, 15:1, 541–546. DOI: https://doi.org/https://jurnal.uns.ac.id/prosbi/article/view/32606/21596.

Thaiposri, P., & Wannapiroon, P. (2015). Enhancing students ’ critical thinking skills through teaching and learning by inquiry-based learning activities using social network and cloud computing. Social and Behavioral Science Journal. 174:2015, 2137–2144. DOI: https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.02.013.

Wannapiroon, P. (2014). Development Of Research-Based Blended Learning Model To Enhance Graduate Students’ Research Competency And Critical Thinking Skills. Social and Behavioral Science Journal. 136:2014, 1486–490. DOI: http://dx.doi.org/10.1016/j.sbspro.2014.05.361.

Zubaidah, Siti., Corebima., Mistianah. (2015). Asesmen Berpikir Kritis Terintegrasi Tes Essay. Conference: Seminar Nasional Pendidikan Biologi dengan tema "Edubiodiversity: Inspiring Education with Biodiversity" diselenggarakan oleh Univerisitas Ahmad Dahlan tanggal April 2015. Yogyakarta: Universitas Ahmad Dahlan.




DOI: https://doi.org/10.24815/jbe.v15i2.35511

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.




Editorial Office

Department of Biology Education

Faculty of Teacher Training and Education

Universitas Syiah Kuala

 

Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111

Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id

 

Visit us for more informations:

Official Website | Facebook | Twitter

 

Creative Commons License

Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.


Abstracting & Indexing by:

More abstracting & indexing ...