Pengembangan Flipbook Berbasis Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) di SMAN 1 Ciniru
Abstract
Kurikulum merdeka menekankan kemampuan abad ke-21 yaitu 6C yang salah satunya adalah kemampuan pemecahan masalah dan pemanfaatan teknologi. Namun bahan ajar di sekolah masih menggunakan buku paket dan LKS, yang menyebabkan tidak tersedianya bahan ajar yang dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kelayakan dan efektivitas bahan ajar flipbook berbasis model pembelajaran problem based learning (PBL) dalam materi komponen ekosistem dan interaksinya. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development dengan model ADDIE. Hasil validasi ahli materi dan media bahan ajar flipbook berbasis PBL dinyatakan sangat layak digunakan dalam pembelajaran. Begitupun hasil respon guru dan siswa yang sangat setuju menggunakan bahan ajar flipbook berbasis PBL dalam pembelajaran. Hasil lembar observasi menunjukkan bahwa peneliti sudah menerapkan model pembelajaran PBL sesuai dengan tahapan yang telah disusun dalam rencana pelaksanaan pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwa bahan ajar flipbook berbasis PBL sangat layak digunakan dalam proses pembelajaran dan dapat memfasilitasi kemampuan pemecahan masalah siswa.
Keywords
Full Text:
PDF Online (Bahasa Indonesia)References
Agustina, D. W., & Fitrihidajati, H. (2020). Pengembangan Flipbook Berbasis Problem Based Learning (PBL) Pada Submateri Pencemaran Lingkungan Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Peserta Didik Kelas X SMA. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (Bioedu), 9(2), 325–339.
Amaliyah, D. I., Purwoko, R. Y., Kurniawan, H., & Wibowo, T. (2023). Pengembangan Modul Ajar Berbasis Problem Based Learning Dalam Bentuk Flipbook Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis. JP2M (Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Matematika), 9(2).
Bujuri, D. A., Ananda, N., Saputra, A. D., & Handayani, T. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Tematik Berbasis Model Pembelajaran Contextual Teaching And Learning Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta. SITTAH: Journal Of Primary Education, 3(2), 117–132.
Farhana, F., Suryadi, A., & Wicaksono, D. (2021). Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Digital Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Di Smk Atlantis Plus Depok. Instruksional, 3(1), 1-17
Harefa, D., & Laia, H. T. (2021). Media Pembelajaran Audio Video Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. AKSARA: Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan Nonformal, 07(02), 329–338.
Hehakaya, W., Matdoan, M. N., & Rumahlatu, D. (2022). Integrating STEAM With Pjbl And PBL On Biology Education: Improving Students’ Cognitive Learning Results, Creative Thinking, And Digital Literacy. BIOSFER : Jurnal Biologi Dan Pendidikan Biologi, 15(1), 76–84.
Maemunah, S., Suryaningsih, S., & Yunita, L. (2019). Kemampuan Pemecahan Masalah Melalui Model Flipped Classroom Pada Pembelajaran Kimia Abad Ke 21. Orbital: Jurnal Pendidikan Kimia, 3(2), 143–154.
Magdalena, I., Karomah, L., & Jannah, R. I. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Interaktif Berbasis Teknologi Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa. Cendikia Pendidikan, 2(1), 1–6.
Maulida, S. I., Adnyana, P. B., Ayu, I., & Bestari, P. (2022). Pengembangan E-Book Berbasis Problem Based Learning Pada Materi Perubahan Lingkungan Dan Daur Ulang Limbah Untuk Siswa Di MAN Karangasem. Pendidikan Biologi Undiksha, 9(2), 116–129.
Palennari, M., Lasmi, & Rachmawaty. (2021). Keterampilan Pemecahan Masalah Peserta Didik : Studi Kasus Di SMA Negeri 1 Wonomulyo. Diklabio: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Biologi, 5(2), 208–216.
Putra, R. R., & Fitrihidjati, H. (2022). Validitas E-Book Terintegrasi Hands On Minds On (Homo) Pada Materi Ekologi Untuk Melatih Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas X SMA. Bioedu: Berkala Dalam Pendidikan Biologi, 11(1), 116–126.
Putri, R. S., Suryani, M., & Jufri, H. (2019). Pengaruh Penerapan Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(2), 331–340.
Seibert, S. A. (2021). Problem-Based Learning: A Strategy To Foster Generation Z’s Critical Thinking And Perseverance. Teaching And Learning In Nursing, 16(1), 85–88.
Sugianto, R., Syaifuddin, M., & Cholily, Y. M. (2022). Development Of E-LKPD Oriented Minimum Competency Assessment (MCA) On 6C’s Ability Of High School Students. Al-Jabar : Jurnal Pendidikan Matematika, 13(2), 433–453.
Suhirman, Y., Muliadi, A., & Prayogi, S. (2020). The Effect Of Problem-Based Learning With Character Emphasis Toward Students’ Higher-Order Thinking Skills And Characters. International Journal Of Emerging Technologies In Learning, 15(6), 183–191.
Suoraptinah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa Melalui Penerapan Model Problem Based Learning. Litabang Sukowati, 2(2), 48–59.
Utami, N., Fitriani, H., & Efendi, I. (2023). Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Memecahkan Masalah Dan Hasil Belajar Kognitif Biologi Siswa Kelas VIII. Bioscientist: Jurnal Ilmiah Biologi, 11(1), 783–790.
Wijayanti, T. E., & Trimulyono, G. (2019). Pengembangan Flipbookberbasi Multiple Intelligence Pada Materi Substansi Genetika Untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Kelas XII SMA. Bioedu, 8(2), 253–259.
Yusmar, F., & Fadilah, E. R. (2023). Analisis Rendahnya Literasi Sains Peserta Didik Indonesia : Hasil Pisa Dan Faktor Penyebab. Lensa (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 13, 11–19.
Zubaidah, S. (2017). Keterampilan Abad Ke-21 : Keterampilan Yang Diajarkan. JPBIO:Jurnal Pendidikan Biologi, June.
DOI: https://doi.org/10.24815/jbe.v16i1.38692
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF Online (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Editorial Office
Department of Biology Education
Faculty of Teacher Training and Education
Universitas Syiah Kuala
Jalan Tgk. Hasan Krueng Kalee, Darussalam, Banda Aceh 23111
Email: jbioed@fkip.unsyiah.ac.id
Visit us for more informations:
Official Website | Facebook | Twitter
Jurnal Biologi Edukasi: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.